11 Des 2019

Cara Aktifkan Paksa Mode Gelap (Dark Mode) Whatsapp

Mode Gelap alias Dark Mode sedang naik pamor sekarang. Pelbagai macam OS mulai dari PC sampai Mobile rame-rame mengadaptasinya. Termasuk OS Android, mulai versi 8.0 alias Android Oreo kita sudah bisa mencicipi mode gelap ini. Para pembuat aplikasi pun juga ikut hiperia mengadaptasinya ke tampilan UI aplikasi mereka. Salah satu dari aplikasi tersebut ialah aplikasi chat populer, yaitu Whatsapp.

whatsapp_agus
Whatsapp Dark Mode

Sejak lama Whatsapp telah diisukan akan mengadaptasi mode gelap di Android. Apalagi ditambah bukti dari baris kode Whatsapp versi Beta yang "mengisyarat"-kan telah diterapkan Dark Mode ini. Namun sepertinya untuk saat ini, Dark Mode Whatsapp hanya akan bisa dinikmati di versi Beta nya dan Android versi 9.0 Pie keatas sih, entah nanti ke depannya gimana. Itupun harus diaktifkan dulu secara "paksa".

Di pencarian Google pun sudah banyak artikel yang membahas cara mengaktifkan paksa Whatsapp Dark Mode ini. Sayangnya cara-cara tersebut gagal bagi saya (faktor face mungkin?🤥). Padahal saya sudah menggunakan Android 10, dan sudah memaksakan dark mode Android nya untuk jalan di system wide. Hasilnya tetap saja, cuma "dark" di tampilan splash nya doang, UI tetap terang benderang🤔. Kesel dong saya!

Kan ada Whatsapp mod? Nope, saya gak tertarik sob😂. Sampai akhirnya saya menemukan trik satu ini yang berhasil membuat tampilan Whatsapp saya jadi kelabu alias "Dark"! Jadi, jika sobat punya permasalahan yang sama seperti saya, bisa mencoba trik ini. Namun kekurangan (kelebihan?) nya satu: yaitu Android sobat sudah dalam keadaan root. Hemmmm, tapi gak apa-apa lah, bagi pengguna Android macam saya ini, root adalah fitur😁.

Baiklah tak perlu panjang lebar, berikut cara nya:

1. Sobat gunakan aplikasi "File Explorer" yang support root, dan aplikasi "Text Editor". Biasanya sih, aplikasi File Explorer sudah ada text editor built-in nya.

2. Sobat langsung ke folder /data/data/com.whatsapp/shared_prefs dan edit file com.whatsapp_preferences.xml

edit_file

3. Nah di dalam file tersebut ada kumpulan kode xml. Sobat tambahkan kode berikut: <boolean name="dark_mode" value="true" />
Terserah dimana saja sob, asal taro diantara tag <map> dan </map>

insert_code

4. Sudah? Simpan file tadi. Lalu sobat coba tutup paksa (force close) aplikasi Whatsapp nya dan coba buka lagi. Sekarang masuk ke Pengaturan Whatsapp nya, insya Allah pilihan tema akan muncul nantinya. Silakan sobat atur mode gelap nya.

theme
dark

5. Done. Alhamdulillah. Whatsapp sobat akan "kelabu"😁

whatsapp_dark_agus

Gimana? Cukup gampang kan trik nya? Cara ini akan mengaktifkan dark mode di Whatsapp versi Beta bahkan untuk versi Stabil nya juga loh. Atau sobat juga bisa coba di Android 8.0 Oreo, saya belum coba sih di Oreo, tapi semoga aja bisa😉. Oh ya, kalo "pengaturan tema" nya hilang setelah sobat update Whatsapp nya, silakan ulangi langkah diatas, nanti muncul lagi. Tapi update Whatsapp tidak mempengaruhi kok ke tampilan dark mode nya alias meskipun pengaturan tema nya hilang, akan tetap dark.

Oke sob, sekian dulu dari saya. Kalo ada cara yang lebih mudah bisa di share di komentar. Apabila ada salah kata dan info, ya maaf. Wassalam! Do with your own risk!

Update 22/01/2020:
Pada update Whatsapp versi Beta 2.20.13 dan keatas, sekarang "Pilihan Tema" (Theme Option) sudah bisa dinikmati oleh semuanya, tanpa perlu "paksaan" lagi😁

wa_agus
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts