Sunday, July 8, 2012

Membuat Autotext Blackberry Di Android Menggunakan Perfect Keyboard

Halo selamat berhari minggu untuk sobat. Di hari minggu ini, saya mau share bagaimana membuat autotext(seperti di HP balckberry) di HP yang ber-OS Android. Sebetulnya cara saya ini, udah banyak lho, bertebaran di mbah gugel, akan tetapi aplikasi yang saya gunakan berbeda. Kebanyakan, cara-cara di mbah gugel itu, menggunakan aplikasi Smart Keyboard Pro. Tapi disini, saya menggunakan aplikasi berbeda, yaitu Perfect Keyboard Pro.

Lho, koq pake aplikasi yang berbeda? Ya iyalah sob, saya awalnya pengen ngikutin cara orang aja, menggunakan aplikasi Smart Keyboard Pro, pas saya install di HP saya, sayang sekali, aplikasinya gak jalan. Udah bolak-balik re-install, tetep gak mau muncul tuh Smart Keyboard-nya. Kebetulan sebelumnya, saya sudah install Perfect Keyboard Pro(mungkin karna dobel ya, jadi si smart nya gak jalan, maybe, hihi), berhubung ada embel-embel "Pro", jadi fiturnya gak kalah lengkap dengan si smart, dan yang paling penting si perfect ini berjalan mulus di HP saya.

Akan tetapi yang jadi masalah, saya ubek-ubek mbah gugel, gak ketemu cara bikin autotext menggunakan si perfect, semuanya menggunakan si smart aja. Selalu hampir putus asa. Untunglah saya bisa membuat "cara tiruan" si smart, agar bisa diterapkan di perfect keyboard saya. Baiklah udah cukup curhat nya, langsung aja bagi sobat yang mau bikin autotext sama kayak BB di android, menggunakan perfect keyboard, ikutin langkah-langkah nya yea,

1. Sobat download dulu aplikasi Perfect Keyboard Pro nya. Banyak koq berhamburan di mbah gugel, ^_^. Trus install ke HP sobat, versi terbaru ya.

2. Pastikan si perfect nya berjalan mulus di HP sobat. Dengan mengganti input method di Settings->Locale&text->Select input method kemudian pilih Perfect Keyboard Pro. Inget sob, sebelum mengganti input method nya, perfect keyboard dinyalakan dulu,
3. Lalu sobat download file ini, disini!

4. Kalo udah didownload, di dalam arsip tersebut, ada folder "pkeyboard", nah ekstrak lah FOLDER "pkeyboard" itu di HP sobat tepatnya di SDcard (/SDcard/*disini*)
5. Kemudian buka settingan Perfect Keyboarnya, pilih Backup/Restore, pilih Restore from SD card.
6. Kalo udah, dan tidak ada error, berarti kita udah berhasil sob.

7. Untuk testing, apakah autotext udah jalan, sobat coba ketik sms,

8. Untuk menggunakan autotext yang muncul, tinggal klik autotext yang saya lingkari sob
Maka, kata "hehe" itu menjadi kayak gini,

9. Sobat juga bisa menambah "perbendaharaan" autotext sobat sendiri, dengan cara, buka setingan Perfect Keyboard, pilih Word suggestion settings, pilih Custom shortcuts, kemudian pilih Add,

10. Done, alhamdulillah...^_^

Gimana sob? Gampang donk. Memang ya sob, Android adalah OS mobile nomor paling wahid diantara OS mobile yang lain, like this, hehe. Cara ini 100% work, tested by me on Gingerbread DXLC1 and Android x86 2.3.7. Any question, just comment sob, wassalam...
Do with your own risk!

Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

39 comments

om file rar nya g bs d extrak. saya pke astro
g ad kompi.
tlong ubah ke zip aja om.
‎​TђƋήK••ƴ<3Ʋ••({})({}) for the info

Balas

klo mau ngilangin word suggested English nya gmn gan?

Balas

Wah ane belum nemuin cara ngilangin suggestion yg english nya gan..
Mungkin sobat yg lain ada yg tau? ^_^

Balas

gan, klo pake yg free ga bisa ya? Hehehe

Balas

Mungkin bisa gan...Test aja..:)

Balas

gan kok di hp ane custom shortcutnya gk bisa tampil

Balas

Sobat menggunakan versi apa?

Apakah sobat sdh benar ekstrak folder 'pkeyboard'-nya? Folder 'pkeyboard' itu diekstrak diluar SDcard nya aj, jadi path nya >> \SDcard\pkeyboard

Semoga membantu masbro

Balas

harus ng-hack dulu ya?

Balas

makasih masbro.. berkat kau aq sekarang bahagia dapet emoticon huruf yg simpek tak uasah copy paste.. °º°=))Hªªhªªhªªhªª°°º

Balas

Akuu sdh. Download "disini " tapi kok. Gagal. Trus. Ya? ?gmna. Caranya? ??

Balas

capeu deuuhhh ...

Balas

Sya sdh download... trus aku klik yg "disini" kok gg bsa yya ??
Gmna nih ??

Balas

Masa?
Coba pake kompi masbro...

Balas

Knp ya kug kontennya g ngedukung klo saya download backup.zie nya

Balas

Masa? coba download di kompi..:)

Balas

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Balas

mas aguus??
kog pas udah ku download file pkeyboard nya nggk ada di sdcard
truus klo mau download 'back up zip' nya gug bisa kedownload
and gug bisa kebuka di hp saya
hp saya merek samsung GT B5330 Android
udah pake tombol Qwerty

Balas

Mungkin hasil download masbro ada di --> /sdcard/download/

Didalam file zip tersebut ada folder pkeyboard, nah extrak folder tersebut ke bagian "luarnya" sdcard(jgn didalam folder)...CMIIW

Balas

Koq restore to micro sd di galaxy note 2 sy gak berhasil ya....?

Balas

Kalo gitu mba pake tutorial yang pake aplikasi Smart Keyboard Pro aja, banyak di gugel..:)

Balas

thanks, keren bgt gan applikasinya......

Balas

Gmna cara ngestraknya ze gan ane gk bsa ..pa ngestraknya hrus pke apliksi. Jg

Balas

Iya gan, pake archive utility, banyak koq di googleplay..:)

Balas

Mas kq custom shortcut. N user dictionary nya gk mau k buka. Blank pth Ajax?? Tolongin dunk"!!!

Balas

Coba install ulang lg Perfect keyboard nya..:)

Balas

Tetap tidak bisa nih .. tolongin dunk

Balas

Pake android versi brp? takutnya ga support aja sih..:)

Balas

gan, kalo huruf per huruf apa emang ga bisa muncul prediksinya?

Balas

Kok autotextnya gak muncul, di custmshortcut or jg gak Ada

Balas

Untuk yang gagal mohon di perhatikan lagi langkahnya, karena saya sudah mencobanya sendiri mulai dari android 2.3 sampe dengan android 4.2 memang berhasil...CMIIW ^_^

Balas

Gan, klo pake smartfren andromax C bisa gak?

Balas

Asal android, saya kira bisa..:)

Balas

kayanya harus versi pro ya?
saya pake yang free, custom shortcuts nya ga nyala (ga bisa di klik).
bisa bantu hack ke versi pro?
thx

Balas

Wah kalo itu belum tau saya. Coba search google "Perfect keyboard Pro", banyak kayaknya sob...:D

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?