6 Nov 2019

Mengatasi Deteksi Safetynet Oleh EdXposed

Safetynet dan Xposed adalah "musuh bebuyutan". Karenanya para opreker Android terpaksa harus memilih, apakah ingin modifikasi dengan Xposed atau harus kehilangan "keperawanan" Safetynet? Karena jika sobat menjalankan Xposed, maka otomatis Safetynet akan mendeteksi nya, tidak bisa keduanya berjalan berdampingan. Apa itu Safetynet? Sobat bisa cek disini. Namun itu kisah dahulu sob. Kita namakan saja ia "Xposed zaman old".

xposed_agus
Xposed

Semua itu berubah ketika Magisk hadir, ditambah Riru & varian baru Xposed yang kita kenal sebagai EdXposed. Riru & EdXposed sendiri ialah modul untuk Magisk, sehingga mereka berjalan "tersembunyi", berbeda dengan Xposed zaman old yang metode hook nya direct ke system yang akan membuat Safetynet "terbangun". Karena itulah EdXposed sangat sulit terdeteksi oleh Safetynet (sulit bukan berarti gak bisa lho ya).

Dan kegundahan opreker seperti yang saya ceritakan diatas pun, sirna. Sekarang kita bisa menjalankan Xposed tanpa perlu khawatir Safetynet. Namun perlu diingat, saat ini status EdXposed masih Beta, sehingga belum stabil dan lumayan banyak modul Xposed yang belum bisa jalan. Yah setidaknya kita masih bisa menjalankan Xposed👌. Sebenarnya ada varian lain dari Xposed macam Tai Chi dan Virtual Xposed, masing-masing mempunyai keunikan tersendiri, namun saya lebih prefer EdXposed karena "lebih Xposed" banget.

Jadi, penekanan saya pada tulisan kali ini ialah, menjalankan Xposed tanpa deteksi Safetynet. Yang lalu, semuanya normal saja, saya bisa menjalankan pelbagai modul Xposed tanpa harus ketahuan Safetynet. Namun kemarin sore, hal mengejutkan terjadi. Google Play Services melakukan tindakan bejatnya yaitu mengupdate dirinya sendiri tanpa kita mengetahuinya😁. Okelah, karena biasanya tidak ada hal "aneh" yang terjadi ketika Play Services terupdate. Eh, kali ini beda, iseng saya cek status perangkat saya, dan ini yang dapatkan:

detect_safetynet

Yup, Safetynet mendeteksi sesuatu yang janggal pada perangkat saya. Perlu saya infokan juga detail perangkat saya:

- Android Pie 9.0 (October Security Patch)
- Magisk Canary versi 20.2
- Magisk Manager Canary versi 7.4.1 (hidden)
- Riru-Core versi 19.5
- EdXposed versi 0.4.6.0 Beta (SandHook)
- EdXposed Manager versi 4.5.1
- Google Play Services versi 19.6.28

Langsung bingung lah saya. Saya utak-atik ini-itu, tetap gagal. Saya coba di Magisk Manager juga Safetynet mendeteksi ada yang salah:

magisk_manager_agus

Ternyata usut punya usut, Google Play Services yang baru berhasil mendeteksi hook yang dilakukan Riru dan EdXposed. Waduh gimana dong? Kalo EdXposed terdeteksi Safetynet, dunia Xposed masa balik lagi ke zaman jahiliyah?😁 Tenang tenang sob! Syukurlah karena EdXposed Manager punya kemampuan "blacklist" aplikasi tertentu, sehingga kita bisa mengakalinya. Dan berikut akan saya jabarkan caranya:

1. Buka EdXposed Manager lalu masuk ke Setting, dan aktifkan pilihan "App List Mode"

edxposed_manager

2. Masih di EdXposed Manager, buka menu Application List, pastikan status nya Black List. Lalu sobat cari Google Play Services dan blacklist!

edxposed_manager_agus

Sebenarnya sobat cuma perlu mem-blacklist Google Play Services, biar lebih meyakinkan sobat bisa juga blacklist Play Store dan Google Services Framework😁.

3. Sekarang reboot perangkat.

Dengan begitu, EdXposed tidak akan melakukan hook ke Google Play Services yang akan memicu Safetynet. Sekarang kita bisa test Safetynet, dan berikut hasilnya di perangkat saya:



Tadaaaaaa, Safetynet berhasil kembali dijinakkan👌.

edxposed_agus
EdXposed on Android Pie

Lalu, bagaimana ke depannya? Sebenarnya bug ini sudah dilaporkan kemarin sih ke Github EdXposed oleh salah seorang pengguna, tinggal kita tunggu developer nya memperbaiki ini👍. Okeh, sekian dulu dari saya sob, apabila ada salah info dan kata-kata ya maaf. Do with your own risk! Wassalam.

Note untuk Android 10:
Cara diatas sepertinya kurang reliable untuk Android 10 sob. Kadang Safetynet berhasil, kadang juga enggak, hoki-hokian. Sampai saat ini belum ada solusi permanen.

Update:
Gunakan versi Magisk, Riru dan EdExposed terbaru, problem fixed. SafetyNet menjadi hijau lagi.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

4 komentar

GAN mau tanya kalau untuk konek ke anycast tv knp g bisa ya...saya pakai rom china miui 12 android 9 hp redmi note4x mido

Balas

Pake activity launcher bikin shortcut Wireless Display. Atau pke app Google Home, atau terpaksa pake app cast pihak ketiga.

Balas

Sudah ada modul Bypass safetynet gan😁

Balas

Ya keh? Ada sih modul namanya "HidenCore" kalo gak salah, cuma itu gak benar-benar bypass, dia cuma nge-fake status hasil safetynet aja.

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts