18 Des 2017

Mengatasi Masalah Sleep Polaris GPU Di macOS High Sierra 10.13.2

Kemarin saya melakukan update macOS (hackintosh) High Sierra saya ke versi 10.13.2 stabil di PC. Akan tetapi malam ini saya menyadari bahwa update ini membawa sebuah masalah yang lumayan greget. Masalah ini berhubungan dengan Sleep, yep sebuah masalah yang umum sih bagi para hackintosher😅. Akan tetapi masalah Sleep ini hanya menimpa bagi pengguna Polaris GPU saja (mungkin tidak semua juga sih mengalaminya).

hs_agus
macOS High Sierra 10.13.2
Seperti yang kita tahu, bahwa GPU berbasis Polaris besutan AMD ini sudah didukung oleh Apple. Namun bagi pengguna hackintosh, perlu sedikit perjuangan untuk membuatnya "bekerja dengan baik", seperti yang saya tulis disini. Entah om Apple kerasukan apa, sehingga pada update 10.13.2 ini bukan hanya pengguna hackintosh yang mengalami masalah Sleep pada Polaris GPU, tetapi juga pengguna real Mac seperti yang diceritakan disini.

Saat kita masukan sistem dalam mode Sleep, sebenarnya PC masuk mode Sleep dengan baik, namun semua power masih menyala. Begitu saya coba Wake, sistem tidak merespon, display tidak mengeluarkan output apa-apa, sehingga pelu Hard Reboot untuk menjalankan PC kembali. Langsung deh saya utak-atik pengaturan bootloader, sampai mumet, amsyong, namun masalah tidak juga teratasi. Akhirnya, iseng jalan-jalan ke forum Apple, eh ternyata ada yang senasib😁. Dan untungnya ada nulis juga di blog (link di atas) cara mengatasinya.

Nah, menerjemahkan dari blog tersebut, disini saya akan share cara mengatasi masalah Sleep ini (bisa untuk pengguna hackintosh atau real Mac), cukup mudah sob:

1. Mula-mula matikan dulu SIP.

2. Cari kext AMD9500Controller.kext di /System/Library/Extensions. Klik kanan di kext tersebut lalu pilih Show package content, cari file Info.plist nya dan copy ke Desktop biar bisa diedit.

3. Edit Info.plist tadi dan cari value CFG_FB_LIMIT, ubah angka 0 tersebut jadi jumlah port dari Polaris GPU kita. Misal, saya pakai Sapphire RX460 yang punya port DVI, HDMI, dan DP(port nya 3), berarti angka 0 ubah jadi 3:

edit_kext

4. Save lalu copy ke dalam kext AMD9500Controller.kext tadi.

5. Buka aplikasi Kext Utility untuk melakukan Rebuild Kernel Cache. Setelah selesai reboot PC.

6. Done, alhamdulillah.

Setelah melakukan hal simpel diatas, saya coba lakukan Sleep, dan sistem bisa Sleep dengan benar begitupun juga saat Wake, mantap. Saya harap om Apple segera memperbaiki masalah ini. Oke, sekian dulu sob, apabila ada salah kata mohon maaf. Apabila ada solusi yang lebih mudah bisa di share disini sob. Wassalam dan budayakan selalu do with your own risk!

Update: Masalah ini sudah di perbaiki pada update 10.13.3
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts