Saturday, July 29, 2017

AMD Polaris Di Hackintosh Sierra

Halo sobat, kurang lebih 7 bulan lalu AMD merilis GPU keluaran terbaru mereka. Ya, seri RX meluncur ke pasaran dengan dibekali arsitektur terbaru yang diberi codename "Polaris", menjanjikan peningkatan performa dari arsitektur yang sebelumnya. Dan yang pasti bagi pecinta macOS hanya satu pertanyaan di benak mereka, apakah GPU tersebut support di macOS? Gayung bersambut, pihak Apple kemudian merilis dukungan "partial" untuk GPU tersebut pada versi macOS Sierra 10.12.

polaris_agus
AMD Polaris GPU di Hackintosh Sierra
Kenapa saya sebut "partial" atau sebagian? Karena Apple hanya mendukung Polaris 11, sedangkan untuk Polaris 10 belum sepenuhnya didukung(perlu sedikit utak-atik). Barulah pada versi update macOS Sierra 10.12.6, GPU berbasis Polaris sepenuhnya atau "full" didukung oleh Apple. Bagi pengguna mesin real Mac, tentunya sangat mudah mengaktifkan GPU ini di macOS, cukup "plug and play". Lalu bagaimana untuk pengguna macOS sejuta umat alias "Hackintosh"?

Oh tentu bisa juga dong sob! Namun tidak semudah di mesin real Mac, ada perjuangan ekstra sob😁. Kita disini memerlukan bantuan dari internal grafik (IGPU) agar bisa menjalankan GPU ini di mesin Hackintosh. Gak punya IGPU? Terpaksa sobat harus punya dua DGPU atau grafik external, GPU yang satu harus didukung macOS yang satunya baru GPU berbasis Polaris. Jadi intinya, IGPU harus dijadikan sebagai grafik utama atau "primary display". Kenapa begitu? Karena jika tanpa bantuan IGPU dia akan "black screen" alias tidak ada sinyal di monitor begitu masuk sistem.

Perjuangan ekstra lain ialah, bagi yang Motherboard nya tidak support "auto-switch", maka perlu cabut colok kabel monitor. Misal sebelum menyalakan PC sobat perlu colok monitor di IGPU, biarkan sistem boot sampai masuk sistem, baru cabut dan colok monitor di GPU Polaris ini. Jika tidak begitu, say hello dengan "black screen" binti "no signal". Apakah perjuangan cukup disitu? Oh tidak sob, kegregetan lain ialah saat booting dia akan "blind boot" alias tidak akan muncul output di monitor sampai masuk sistem macOS, mantep kan?😁.

Sudah cukup? Belum, wkwkwk, jika sobat sudah capek dengan cabut colok kabel, bisa saja sih tanpa cabut colok, namun sobat perlu mengaktifkan dukungan CSM di BIOS, tujuannya agar GPU bisa auto-switch ke mode Legacy saat masuk sistem macOS. Untuk lebih lengkapnya tentang mekanisme atau cara kerja GPU Polaris di macOS, silakan sobat baca-baca forum di sini. Gimana sob? "Sedikit" ribet kan?😉 Apakah masih minat untuk "meminang" GPU jenis ini di sistem Hackintosh nya?

Eiiiitssss, jangan buru-buru berkata tidak berminat. Semua keribetan diatas sekarang sudah jadi masa lalu sob, wkwkwk. Baru-baru ini seorang Coders yang berinisial "vit9696" sudah menemukan cara simpel untuk mengaktifkan GPU ini tanpa ribet! Apakah perlu utak-atik hardware atau software? Tidak sama sekali. Yang sobat perlukan hanya dua kext ini:

1. Lilu
2. Whatevergreen

Tempatkan kedua kext tersebut ke folder kexts di Clover bootloader sobat, atau pasang ke dalam sistem juga boleh, lalu restart PC. Masuk BIOS, lalu sobat bisa mematikan IGPU dan set GPU External menjadi "primary", jangan lupa dukungan CSM juga bisa sobat matikan. Kalau berhasil, say goodbye sama yang namanya "black screen", simpel sekali!

Ini penampakan sistem saya, saat masih perlu bantuan dari IGPU:

polaris_agus
AMD Polaris dengan bantuan IGPU
Seperti yang sobat lihat diatas, sebelumnya saya menggunakan bantuan IGPU dari prosesor yaitu Intel HD 530 sebagai "primary" dan Sapphire RX 460 2GB sebagai "secondary". Sekarang, setelah saya coba menggunakan dua kext diatas, berikut penampakannya:

polaris_agus
AMD Polaris tanpa bantuan IGPU
Saya sudah bisa menonaktifkan dukungan CSM dan menggunakan Sapphire RX 460 saya sebagai "primary display" tanpa harus merasakan nightmare yang bernama "black screen". Plus, nama GPU yang terbaca di sistem juga sedikit lebih keren "Radeon Pro 460", hehe. Fitur "night shift" dan "display sleep" pun sudah saya coba dan berjalan dengan sempurna, mantap lah pokoknya. Oh iya, dua kext ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah "black screen" yang dialami juga oleh GPU "adiknya" Polaris ini loh.

Akhirnya, setelah berbulan-bulan para pengguna GPU Polaris di sistem Hackintosh diribetkan dengan berbagai utak-atik, sekarang sudah bisa menikmati kemudahan layakanya GPU pabrikan "sebelah", hehe. Thanks untuk "vit9696" dan developer lain yang super duper keren. Jadi sobat sekarang kembali berminat meminang GPU jenis ini di mesin Hackintosh nya?

Okeh, cukup sekian dulu share dari saya. Apabila ada salah kata atau info, mohon dimaafken. Jangan lupa budayakan "do with your own risk" ya! Wassalam sob.

Note:
Biar lebih merasakan faedahnya, disarankan untuk mengupdate macOS Sierra ke versi 10.12.6 yah🙂.
Share:
Next
What are you looking for? This is the current newest page!
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?