Thursday, October 17, 2013

Cara Install Hackintosh Mavericks Di Acer V5-471G

Hai hai sob, kali ini saya kembali lagi akan ngebahas soal Macintosh. Baru-baru ini Apple akan meluncurkan seri terbaru dari OS X, yaitu dengan code name Mavericks. Kemarin rencana sih, saya sekedar mau nyicip saja, akan tetapi entah apa yang merasuki saya sehingga partisi Mountain Lion keformat, haha. Akhirnya, mau ga mau harus clean install OS X Mavericks nya.

Nah, bagi sobat yang pengen juga nyicip OS X Mavericks di laptop Acer V5-471G, monggo deh disimak baik-baik, caranya ga jauh beda dengan ini...^_^

Persiapan

1. Siapkan nyali dan ucap Basmallah. Very important, do with your own risk!

2. Sekali lagi saya sarankan, siapkan minuman dan cemilan, suer sangat membantu.^_^ Juga cari tau dulu tentang Hackintosh ya sob.

3. Saya menyiapkan USB Flashdisk installer Mavericks dengan metode restore. Bagi yang di MBR(kayak saya), sipakan juga patch MBR untuk Mavericks nya, buka Google dipersilahkan.

4. Sediakan partisi untuk Mavericks. Minimal 15Gb, lalu format ke HFS+ Journaled. Fardhu kifayah harus di Primary, jangan di Extended bin Logical.


Pemasangan

1. Colokkan USB Flashdisk sobat. Saya heran dengan ini deh, sewaktu saya colokin ke port USB 3.0 atau yang port ditengah, selalu mendapati Still waiting root device, jadi saya colokin ke port yang ujung, baru bisa.^_^

2. Boot dengan flag -v -x. Kalo ditempat saya harus safe mode sob, karena masalah SMC.

3. Anggap saja sobat berhasil masuk ke installer, dan mulai lah pemasangan Mavericks nya, tunggu 15 menitan nanti dia restart sendiri(kalo berhasil).

4. Anggap lagi sobat sukses :-), copy paste FakeSMC dan NullCPUPM ke /System/Library/Extension, supaya enggak Kernel panic, lalu masuk ke safe mode, delete kext yang berawalan NV* ya. Lakukan juga rollback SMC(kalo bermasalah dengan SMC) pake ini.

5. Install Chameleon bootloader ke partisi Mavericks nya(supaya bisa boot).

6. Done, alhamdulillah!


Utak atik dan Kondisi

1. Procie Core I5 3317U/Core I3 3217U 1.7Ghz turbo boost up to 2.6Ghz Ivy Bridge, native support. Untuk sedikit mendapatkan speedstep, ganti SMbios jadi MacBook Air 5.2! Lebih afdol nya lagi, patch AppleIntelCPUPowerManagement.kext lalu drop SSDT(saya mendapatkan steping x12 sampe x26 sob)!

2. Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image, ga usah repot sob, tinggal inject device properties ini ke file /Extra/org.chameleon.Boot.plist -> 5e0000000100000001000000520000000100000002 010c00d041030a000000000101060000027fff04002c000000 4100410050004c002c00690067002d0070006c006100740066 006f0072006d002d006900640000000800000003006601
Kedetect VRAM nya jadi 1Gb lho..:-)
Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", yang biasa aja udah work kok sob..;-)

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated). Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai. CPU jadi dingin sob, ane pernah sampe 38C...;-)

4. Chipset HM77, jalan sob.

5. Audionya, Intel Panther Point, ga usah repot-repot, pasang VoodooHDA yang 2.8.2d6 sob. Nah untuk Mic, supaya kalo kita bikin video narsis suaranya ketangkep setting di voodooHDA nya jadi kayak gini:
Jangan lupa app VoodooHDASettingLoader nya tambahkan di Login item, supaya kalo restart kita gak perlu atur-atur lagi. Nah, kalo pas colok headphone ga bunyi, coba deh sleep trus wake lagi, insya Allah bunyi.

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx, ada di Multibeast sob. Work!
Untuk login ke iCloud/iMessage/AppStore, pake Clover bootloader aja sob. Gunakan fix DSDT mask 0x2004.

Solved 21 Juni 2014:
Sekarang saya sudah menemukan jawabannya hakhakhak, dengan chameleon kita bisa login ke iCloud/iMessage/AppStore. Berikut yang perlu sobat lakukan:

-Install chameleon terbaru, branch Enoch atau apa terserah (kalo saya Enoch).

-Lalu ganti org.chameleon.Boot.plist yang ada dengan punya saya ini org.chameleon.Boot.plist (kalo kesulitan, klik kanan lalu pilih save link as aja sob).

-Ganti juga dengan DSDT yang sudah saya edit ini, DSDT.

-Silahkan reboot, anggap saja berhasil dan tetap QE/CI, coba sobat buka iCloud/iMessage/AppStore, harusnya udah bisa login, hehe.

-Kebetulan saya juga berhasil login ke Facetime dan iMessage nih sob ;-)


BIG note:
*Jika sobat tetap ingin menggunakan Clover pakai DSDT yang di nomor 8 saja!
*Jika tetap ingin pake device properties yang diatas, jangan gunakan org.chameleon.Boot.plist yang baru ini yea!


7. Webcam dan USB 3.0, work perfect! Gunakan ini.



8. Brightness dan Sleep, pake DSDT yang sudah saya patch ini. Gunakan juga boot flag ini sob -> -gux_defer_usb2 -gux_no_idle. Setelah wake, sampai saat ini saya belum menemukan error apapun, so mangstab!
*DSDT updated, semoga tidak bikin KP...;-)

9. Battery pake DSDT yang di nomor 8, trus pake kext ini.

10. Wifi, impossible, ga jalan...:-( --> paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work!

Update 15/10/2017:
Akhirnya Wifi card bisa jalan😍, tinggal replace pake kext ini: Atheros Unsupported

11. Card reader, ga jalan!

12. Keyboard dan touchpad pake ini.
*kext updated, let's try!

13. Bluetooth, work OOB!

14. Shutdown dan restart, work!


Okeh sob, mangstab dan super sekali bukan. Akan tetapi ada beberapa aplikasi yang crash sob, silahkan dicoba sendiri aja ya, tapi ga mengganggu kenyaman juga koq.

Berikut sedikit penampakannya:

About
Audirvana punya
Welcome iBook
Always launchpad
Welcome Apple Maps, semoga tidak menyesatkan, hehe
AppStore
Full Quartz Extreme or Core Image

Update 27/10/2013:
Langsung hajar ke Mavericks Final public version...;-)


Update ke 10.9.1, langsung install, setelah install delete kext yang berawalan NV*..;-)


Update 2/3/2014:
Sukses combo update ke 10.9.2! Setelah restart dari update, delete kext berawalan NV* dan GeForce*. Bagi sobat yang pake patched AppleIntelCPUPowerManagement.kext monggo di patch lagi kalo engga bisa KP, trus kalo di laptop saya harus rollback AppleSMC.kext ke versi yang 10.9.1. Penting gunakan bootflag UseKernelCache=No dan lakukan repair permission. Bagi yang pake patch AppleHDA, di patch lagi juga, kalo saya cuma pake voodooHDA, jadi ga perlu diapa-apain lagi sob...;-)


Update 18/5/2014:
Sukses update ke 10.9.3! Setelah restart dari update, silahkan masuk ke safe mode gunakan juga bootflag UseKernelCache=No, trus hapus kext berawalan NV* dan Geforce*. Repatch AppleIntelCPUPowerManagement.kext nya ya. Lakukan rollback AppleSMC.kext dan AppleACPIPlatform.kext, setelah itu repair permission. Bingung folder /Users nya hilang? Tenang sob, coba deh update iTunes nya ke versi 11.2.1, nanti itu folder balik lagi...;-)


Update 27/7/2014:
Sukses update ke 10.9.4! Setelah restart dari update, silahkan masuk ke safe mode gunakan juga bootflag UseKernelCache=No, trus hapus kext berawalan NV* dan Geforce*. Repatch AppleIntelCPUPowerManagement.kext. Lakukan rollback AppleSMC.kext dan AppleACPIPlatform.kext, setelah itu repair permission, done!


Update 21/9/2014:
Sukses update ke 10.9.5! Setelah restart dari update, silahkan masuk ke safe mode gunakan juga bootflag UseKernelCache=No, trus hapus kext berawalan NV* dan Geforce*. Repatch AppleIntelCPUPowerManagement.kext. Lakukan rollback AppleSMC.kext dan AppleACPIPlatform.kext, setelah itu repair permission, done!



Oke, saya nobatkan Acer V5-471G ini sebagai 95% HackBook, serasa punya MacBook Air sob! ^_^. Oke lagi, silahkan sobat cicipi sendiri ya, nantikan juga update-update terbarunya. Wassalam...!

Update:
*Utak-atik untuk Mavericks has been discontinued sob, saya pindahkan ke sini

*Mau lihat cara install macOS Sierra? Kesini aja!


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

21 comments

bro, ini installer mavericksnya pake apa ya? yang dari appstore atau darimana?
ane punya yang dari appstore bisa ga?

Balas

FakeSMC dan NullCPUPM dpt dr mana om?

Balas

Uy amangnya,kw kah minta install kan mac mavericks??
Rencana handak nukar laptop yang spek mirim laptop mac,biar lancar seberataan..

Balas

Yakin mang di instalin? Kena kada dapat sensasi nya am...:)

Tergantung tempat, coz ane ada dirumah seminggu sekali mang...

Balas

Yakin banar, ane sibuk bnr jer, kena pas cuti ane datangi, no hape nt masih yg dlu lah? M3?

Balas

Oia AS, akhirnya 785 ya lah?

Balas

Ya..

Cari tau dulu tentang dunia Hackintosh!..;-)

Balas

Ane udah pernah pake waktu zaman kuliah,cuma waktu itu vga ga work gara2 pake ATI.

Balas

kalau laptop pake procie amd bisa kagak gan ?

Balas

Bisa, tapi sangat tidak disarankan. Kalaupun bisa, masih banyak bug masbro...

Balas

bero buat log in app store gimana?

Balas

itu kok di bar atas ada wifinya?

Balas

Itu saya pake Wifi USB dongle..:)

Balas

gan passwod my hack apa ya ?
thanks

Balas

Myhack ga pake password bro, donli langsung di http://myhack.sojugarden.com/guide/

Balas

mas, gimana cara set bios agar flashdisk mau boot. saya sudah bikin instalernya di flashdisk pakek transmac. dicoba di laptop lain bisa tapi di acer v5 471G ini ndak bisa. nuwun

Balas

Set boot priority nya ke USB HDD bro

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?