Saturday, January 26, 2013

Mudahnya Bertukar Data Antara Laptop Dan Android Melalui Wifi

Salam sejahtera sobat, alhamdulillah saya kali ini masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menulis blog lagi. Kali ini saya bukan mau beri tutorial atau trik, namun saya akan share salah satu kemudahan menggunakan Android, ingat hanya share sob. Bukan berarti OS yang lain tidak mudah lo sob, berhubung dana saya terbatas, jadi saya hanya punya Android, hihi.

Cukup sekian curhat kita sodarah-sodarah, saya akan langsung mulai ke cerita. Saya ini pengguna smartphone android kelas low end. Menurut saya, bertukar data antara laptop dengan smartphone menggunakan bluetooth, kabel data, dll sangat merepotkan, apalagi kalo low end. Kalo pake bluetooth, lelet nya minta ampun. Kalo pake kabel data, saya adalah orang yang selalu ingin bergegas, akan sangat membahayakan jika sering colok cabut menggunakan kabel data (resiko tewas nya SD Card semakin besar).

Akhirnya saya menggunakan media wifi/wireless/hotspot untuk bertukar data, cepat dan tidak susah cabut colok. Untuk dapat melakukan itu smartphone android saya memerlukan aplikasi yang bernama "FTPDroid". Saya memilih aplikasi tersebut, karena aplikasinya sangat bagus, udah bisa read and write di filesytem smartphone nya lagi, dengan berbekal androidnya udah di root.

Pertama-tama, saya koneksikan smartphone dengan wireless yang ada, bisa menggunakan ad hoc nya laptop sob (tentunya android sobat harus di modif dulu biar bisa mendeteksi ad hoc). Namun kali ini saya memanfaatkan wireless di kantor tempat saya bekerja. Begitu pun dengan laptop, harus terkoneksi juga dengan wireless yang sama.

Terhubung dengan wireless "Gulima_office".
Laptop juga terhubung dengan "Gulima_office".
Setelah keduanya berhasil terkoneksi, sekarang saya akan membuka aplikasi FTPDroid,

Dengan DHCP, smartphone saya diberi IP address 192.168.136.186.
Kalo sudah begitu, saya akan mulai menjelajah apa yang ada di smartphone saya, menggunakan windows explorer,

Saya ketikkan username dan alamat IP tadi di address bar windows explorer. Username tersebut diperoleh dari pengaturan di FTPDroid-nya.
Setelah memasukan password untuk username tersebut, beberapa saat kemudian, saya telah bisa bertukar data antara android dan laptop. Saya bebas copy paste data diantara keduanya, hehe

Data di SD Card smartphone
Data di smartphone udah terbaca, dan saya bebas bertukar data

Gimana sob, mudah bukan? Gak perlu lagi colok cabut. Dengan bantuan wireless kantor pun, kita bisa bertukar data. Ya udah, sekian dulu dari saya, ada salah kata mohon maaf, wassalam...:)


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

4 comments

Wahh Ane baru tau gan bisa pake cara ini, ane coba ahh
makasih infonya ya gan, bermanfaat banget, salam kenal. :D

Balas

ni blog mantap banyakin artikelnya bro

ngomong2x lo islam ya gw kristen :l:

Balas

Iya bro, ane muslim, salam kenal bro..Maksih udah mampir..:)

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?