Wednesday, March 20, 2013

Cara Ubah Startup Sound Windows 8

Halo sobat, sekian lama tak nulis blog yah saya. Pernah kah sobat-sobat sekalian mencoba untuk mengubah suara “startup” nya Windows Vista/7/8? Ya, berbeda dengan Windows XP, ketiga versi Windows tersebut tidak membolehkan untuk kita mengubah startup sound-nya. Wah, berarti kita ga bisa gonta-ganti suara kesukaan kita sendiri donk?

Akan tetapi, untuk Windows Vista/7 telah banyak bertebaran tools-tools gratis untuk mengubah startup sound. Jadi sobat bisa ubah sesuka hati deh. Lantas bagaimana dengan versi Windows teranyar yakni Windows 8? Saya pernah mencoba tools-tools yang digunakan untuk Windows Vista/7, dan ternyataaaa,,,, Metro UI nya jadi hancur berantakan. Sejenak panik sedikit, sambil cari-cari solusi, hasilnya kurang memuaskan.

Akhirnya, masalah terdeteksi, ternyata tools-tools untuk Windows Vista/7 tersebut tidak cocok dengan struktur “imageres.dll” nya Windows 8. Sobat tau apakah itu imageres.dll? Imageres.dll adalah library dimana si-“startup” sound itu berada. Akhirnya saya coba copy imageres.dll aseli Windows 8, syukurlah kebetulan berhasil balik Metro UI yang tadi hancur, haha.

Lalu, apakah ada tools lain untuk mengubah startup sound Windows 8? Belum ada sob, setau saya. Jadi kemarin saya memberanikan diri untuk utak-atik imageres.dll. Dan taraaa, kebetulan lagi berhasil ubah startup sound nya. Nah, apakah sobat juga pengen nyoba? Kalo mau, monggo disimak, hehe.

1. Pertama dan utama siapakan Windows 8 sobat, backup dulu file “imageres.dll” aselinya, juga siapakan recovery entah itu Gparted Live, MsDART, Hirens Boot CD, dll. Ini berguna kalo-kalo kita gagal, jadi bisa restore imageres.dll...:)

2. Download file ini!

3. Ekstrak file tersebut dimana saja, yang penting gampang diingat.

4. Akan ada 2 file, yang pertama dilakukan adalah klik dua kali file GrantAdminFullControl.reg, jika ada konfirmasi pilih yes saja.

5. Cari file imageres.dll di C:\Windows\system32\, lalu klik kanan di file tersebut, pilih Grant Admin Full Control. Ini supaya kita bisa edit ini file(jangan lupa, file ini harus dibackup sebelum dibongkar).


5. Langsung buka program resource.exe(pake run as admin), dan sobat CTRL+O/openfile cari imageres.dll tadi.

6. Kalo berhasil terbuka, seperti ini, mirip “regedit” kan!


7. Sobat buka WAVE, buka lagi 5080, pilih 1033, di atas kotak sebelah kanan, coba deh sobat “Play WAVE”, bunyi apa? Hehe


8. Untuk mengubahnya, sobat klik kanan di 1033, lalu pilih Replace resource, akan muncul,


9. Pilih “open file with new resource..”, sobat arahkan ke file sound yang ingin sobat jadikan startup sound. Ingat, file harus berformat “wav” jangan gede lebih dari 10Mb.


10. Akan muncul dialog seperti dibawah, isikan Resource Type dengan WAVE, Resource Name dengan 5080, dan Resource Language dengan 1033, tekan Replace. Untuk cek apakah sukses, tekan Play Wave, harusnya sudah berbunyi suara yang sobat inginken.


11. Langkah selanjutnya, save lah(CTRL+S), dan tunggu beberapa saat! Lalu tutup program dan berdoa semoga Windows 8 bisa boot..:p

12. Untuk cek ricek, sobat restart deh, startup sound harusnya udah berganti!

Apakah sudah berubah startup soundnya? Apa? Ga ada bunyinya? Tinggal sobat atur deh, di Control Panel->Sound->tab Sounds->centang Play Windows Startup sound, restart lagi! Kalo sudah berubah, alhamdulillah kita sukses ubah startup sound si Windows 8, yeyyyy!!! Cara ini, saya sudah praktekkan sendiri dan sukses berjalan di Windows 8 Pro With WMC 32bit saya.


Catatan:
-Lakukan semua dengan “Run as Administrador”
-Ingat backup dulu sebelum mulai, doa yang utama,hehe!
-Kalo ada pertanyaan silahkan sobat komentar, saya akan membantu sebisa saya.
-Dan yang terpenting, do all with your own risk!!!!!!!!!!!!

Wassalam.


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

7 comments

gag bisa di save..
katanya "cannot rename original file. Saving Cancelled"
gmn dong?

Balas

gimana ini?? help please!! :g:

Balas

Coba deh buka resources.exe nya pake winrar, trus ekstrak semua file didalem nya, baru deh run as admin...:)

Balas

sudah semuanya di lakukan. waktu di cek di wave soundnya berubah, tapi pas restart suaranya gak berubah

Balas

Download lagi file diatas(baru ane update), ulangi langkah2 nya, lakukan semua pake run as admin...

Balas

mindahin filenya lewat SAFE MODE
barusan saya coba dan WORK!
thanks gan :D

Balas

ga kok abis restart kok malah keluar pop up windows script host yang katanya error

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?