Friday, January 27, 2012

Mengenal Varian Windows 7 Edition

Pernahkah sobat bertanya dalam hati, apa sih perbedaan Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, Profesional, Enterprise, atau Ultimate? Begitu juga dengan saya, awalnya saya bingung, apa sih perbedaannya. Nah kali ini saya mau share, mengenal varian dari edisi Windows 7. Memang saya ketinggalan sih, tapi kan tentu masih ada sobat yang lain yang belum tau. Ini berguna lho, buat sobat yang ingin menyesuaikan kebutuhan. Jangan sampai sobat yang suka bisnis, malah salah pasang varian Windows 7 Edition, kan enggak asik.

Gini sob, pada dasarnya semua jenis dari Windows 7 Edition mempunyai fitur yang sama, hanya saja fitur ini diaktifkan sesuai dengan varian. Baiklah langsung aja deh saya mulai,

1. Windows 7 Starter
Nah sob, Windows 7 Starter ini hanya tersedia dalam versi 32-bit. Cocok sekali untuk netbook sobat, karena lebih simple dan pas untuk 'mobility' seperti Jump Lists, Pin, Snap dan Windows Search. Karena ke-simple-an nya, maka banyak fitur Windows 7 yang nonaktif disini, sebut saja fitur Windows Aero(yang membuat windows sobat transparan itu lho) dan fitur mengganti foto desktop tidak ada di edisi ini.

2. Windows 7 Home Basic
Edisi ini hanya ada di 141 negara saja lho sob, termasuk Indonesia. Kenapa begitu? Saya juga kurang tau sob, mungkin hanya dipasarkan ke negara yang dianggap peluang pasarnya gede. Fitur nya sudah banyak yang aktif, termasuk mengganti foto desktop alias wallpaper. Namun sobat masih harus bersabar untuk mendapatkan Windows Aero, hehe.

3. Windows 7 Home Premium
Fitur-fitur dari edisi Windows 7 Starter/Home Basic tersedia disini. Namanya juga premium tentunya banyak fitur premium yang sudah aktif sob. Diantaranya Windows Media Center, Premium Games dan juga Windows Aero. Cocok bagi PC/notebook rumahan sobat, tapi bukan buat bisnisman lho, hehe.

4. Windows 7 Profesional
Edisi ini cocok banget nih bagi sobat yang dibilang bisnisman. Karena, disamping semua fitur yang ada di Windows 7 Home Premium sudah ada, ditambah lagi sobat akan sangat dibantu untuk lebih produktif dan menjaga file-file penting milik sobat. Fitur Encrypting File System (EFS) yang membuat sobat dapat menyimpan informasi di harddisk dalam encrypted format dan automatic backups untuk menjaga file-file sudah aktif lho sob. Sobat juga bisa menggunakan fitur Windows XP Mode, yang berguna untuk menjalankan program yang hanya bisa jalan di Windows XP. Fasilitas "gpedit.msc" pun sudah ada di edisi ini. Dilengkapi dengan DirectX 11.

5. Windows 7 Enterprise
Edisi ini khusus bagi volume licensing (dijual kepada sebuah perusahaan / institusi berdasarkan kontrak dengan jumlah tertentu serta dilengkapi seritifikat bukti kepemilikan). Fitur nya hampir sama dengan Windows 7 Ultimate, namun yang membedakan adalah di lisensinya saja.

6. Windows 7 Ultimate
Nah sampailah kita pada edisi Windows 7 yang mempunyai fitur terlengkap dan paling serbaguna(bisa untuk Home atau Bisnisman). Di dalamnya terdapat gabungan fitur entertainment yang dimiliki Windows 7 Home Premium dan kemampuan bisnis yang dimiliki Windows 7 Professional, termasuk fitur Windows XP Mode. Bagaimana dengan fitur pengamanan? Tenang, karena fitur BitLocker Drive Encryption & BitLocker To Go sudah aktif. Dilengkapi dengan Language Pack(35 bahasa berbeda).

Nah gimana sob? Jadi punya gambaran kan, varian mana yang sobat butuhkan. Monggo dipilih!

Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

4 comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?