Saturday, April 19, 2014

Upgrade Dari Windows 8 Ke Windows 8.1 Lewat Windows Store

Emmm, ketinggalan jauh sih ya sob, tapi tak apa lah. Saya baru ada mood nya sekarang sih buat upgrade Windows 8. Sebagai salah satu pengguna sistem operasi Windows, saya tentunya penasaran sewaktu Microsoft meluncurkan Windows 8 kemaren. Setelah mencoba dan merasakan, saya memang setuju dengan kata orang, Windows 8 sama nasib nya seperti Windows Vista, ckck.

Dan akhirnya, Microsoft pun mengeluarkan semacam "pengakuan dosa", dengan meluncurkan Windows 8.1, yang tentunya banyak sekali perbaikan-perbaikan di dalamnya. Nah, subuh kemaren saya iseng aja nyoba upgrade lewat Windows Store, kan mumpug gratis sob, haha.

Berikut cerita singkat saya:

Sewaktu pertama membuka Windows Store, kita langsung disuguhkan tawaran untuk meng-upgrade Windows. Ya, langsung pencet tombol download aja, dan sabar menanti. Koneksi harus stabil sob, sebabnya di Windows Store sering terjadi huru-hara, haha.

Kalo saya menunggu sekitar 1,5 jam baru selesai dia downloadnya. Yang lama nya itu, sewaktu proses peng-upgrade-an nya. Tapi, kita masih bisa menggunakan PC selama proses upgrade, nanti akan muncul sendiri notifikasi kalau minta restart, berarti Windows nya siap di upgrade.

Setelah sabar menunggu, dan taraaa berhasil ter-upgrade. Windows 8.1 agak berbeda lho dari Windows 8. Disini, kita akan langsung menuju desktop tanpa melewati start metro. My Computer juga berubah menjadi This PC. Start Menu juga akhirnya nongol lagi, ckck. Aplikasi pun tetap terjaga, ga ada yang hilang. Tapi kalo aplikasi yang ada driver nya perlu dipasang/repair lagi sob, misal Modem, Macdrive atau Connectify karena ada perbaikan di sisi device.

Tampilan System Properties. Berisi summary info dari PC kita. Disini, kita say good bye kepada tampilan UI nya Windows Experience Index, meski komponen WEI ini tidak dihilangkan, akan tetapi kita tidak lagi menemukannya di System Properties.

Sekarang aplikasi Metro dibagian atas ada tombol Minimize sama Close nya sob, simple sih tapi sangat berguna. Windows 8.1 juga di tanam Internet Explorer 11 yang di klaim Microsoft sebagai browser tercepat daripada yang lain.

Nah ini start menu Metro nya. Ga jauh beda sama Windows 8. Overall, baik dari segi UI, design, dan lain-lain tidak jauh berbeda sob dengan kakaknya(Windows 8). Yaa, paling disini Microsoft memperbaiki yang kata orang  "dosa" nya di Windows 8, hehe.

Oke, sobat sekiranya sekian dulu share dari saya. Bagi sobat yang udah nyobain, jangan diketawain ya karena telat, haha. Bagi yang belum nyicip, monggo di upgrade Windows nya. Wassalam.


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?