Wednesday, June 15, 2011

Download Santai Pake IDM Di Komputer Deep Freeze

Hai sobat, mungkin kejadian ini pernah juga dialami kalian. Ya, suatu hari saya lagi asyik download di warnet, seperti biasa komputer warnet selalu dipasang DeepFreeze. DeepFreeze adalah program yang membekukan(freezing) harddisk, maksudnya apapun yang sobat lakukan dengan harddisk yang di freeze, akan kembali ke pengaturan awal SAAT komputer restart, tentunya semua data akan hilang(bagi yg sudah tau diam aja, hee).

Waktu itu saya lagi download film, tiba-tiba komputernya restart sendiri, entah kenapa. Wew, seketika download saya hilang(padahal udah 50%). Hmmm hanya bisa terdiam deh. Tapi berkat kejadian itu saya akhirnya bisa “mengakali” agar kita tetap santai download dengan IDM di komputer yang di freeze. Bagaimana caranya?

Berikut adalah triknya, mudah-mudahan work dengan sobat, :)
Bahan-bahannya adalah Flashdisk, IDM, dan Regedit(bagi warnet yg Regeditnya di disable, buka pake regedit Smadav), langsung saja :

1. Datang lah ke warnet atau komputer ber Deepfreeze untuk praktek.

2. Pasang IDM sobat, dan cobalah download sesuatu, misal cari tempat download Film Kungfu Panda 2 (300Mb).

3. Sebelum download, colokkan Flashdisk sobat.

4. Setelah dicolok, buka IDM, pilih menu Option, pada tab Save To cari pilihan Temporary directory, klik Browse dan ubah ke Falshdisk sobat, kemudian klik OK dan OK :



Klik untuk Zoom

Selesailah sesi pertama sob, lalu masuk sesi kedua.

5. Buka regedit, cari key berikut HKEY_CURRENT_USER\Software. Sudah ketemu? Kalo sudah, cari key Download Manager


Klik untuk Zoom

6. Klik kanan pada key tersebut, dan pilih Eksport, letakkan file hasil Eksport itu(berupa file Reg) ke Flashdisk sobat (jangan lupa kasih nama, contoh Backup) :



Klik untuk Zoom

Selesai, keluar dari regedit.

Yup, sekarang sobat bisa download Film itu tanpa khawatir download akan hilnag jika komputer warnet restart sendiri. Jangan LUPA, ketika download dimulai, selalu ulangi langkah nomor 5-6, file yang Backup.reg itu bisa sobat Overwrite saja. Misal saat download dimulai, sobat ulangi langkah nomor 5-6, kemudian saat download udah mencapai 10% ulangi lagi langkah nomor 5-6. Saat download mencapa 20%, ulangi lagi. Download mencapai 50%, ulangi lagi sampai seterusnya(tergantung selera). Ini gunanya untuk jaga-jaga.

Nah, jika komputernya tiba-tiba restart sendiri, kan otomatis download sobat tadi hilang donk, gimana nih? Tenang saja, karena kita sudah melakukan cara diatas, maka tinggal kita kembalikan saja.

Tunggu sampai komputer nyala lagi(Billing tetap jalan lho, hehe). Komputer akan berada pada keadaan awal saat sobat mulai login ke Billing. Sobat pasang lagi IDM nya. Setelah terpasang, pilih Exit di Tray icon IDM


Klik untuk Zoom

Kemudian, sobat cari di Flashdisk sobat file Backup.reg, buka file tersebut dan klik Yes saja, selesai. INGAT, pastikan huruf drive Flashdisk sobat sama dengan huruf saat sebelum komputer restart, misal saat sebelum komputer restart, huruf drive flashdisk sobat adalah H(Removable Disk(H:)), maka setelah komputer restart hurufnya juga harus H.

Buka lagi IDM, dan sobat lihat saja, file yang tadi sobat download, akan ada kembali, dan bisa diresume kembali. Cara ini work bagi saya, mudahan sobat juga...^_^
Sekian trik dari saya salah kata mohon maaf, wassalam...
Do with your own risk!

Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

6 comments

klo masalah w gini nih bro..
w pake idm portable, dengan sistem operasi win 7. antivirus avast 5...
pas pertama w excute tuh idm ada sandbox dari avast, w plih open save recomended, w download file kira2 1,3 gb, dipecah jad 13 part di media fire, begitu w dah kelar download, pas w cek di open folder, ternyata filenya g ada, w search nama filenya jg g ada, gimana cara nemuin file yang dah w download ini??? nih pc, g da deepfreeze dan g da pengaruhnya ma deepfreeze...
tolong ya bro...
bls ke email w...
sadam_cof@yahoo.co.id
thanks bro...

Balas

kunjungan balik yah www.adybakom.blogspot.com
Terima kasih gan tutorialnya,,, work 100% !!! sekarang ane lanjut download xp mode 500mb hehehee....

Balas

Yups, sama2 masbro...

Ane meluncur..:D

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?