8 Apr 2011

Inilah Kisah Tweet Pertama 10 Tahun Lalu

Pekan ini, Twitter merayakan ulang tahun kelima. Namun, salah satu pendiri perusahaan Jack Dorsey mengaku, 'tweet' pertama sebenarnya dikirimkan sepuluh tahun sebelum situs mikroblogging itu dibentuk. Dorsey mengirimkan tweet pertamanya pada 21 Maret 2006 yang berisi 'hanya menyiapkan twitter saya'. Meski demikian, diberitakan Telegraph, Kamis (17/3/2011), Dorsey mengaku sebenarnya mengirim ‘tweet’ pertamanya, lima tahun sebelumnya.

Dorsey meluncurkan tulisan Twitter pertama kali berupa informasi soal pemandangan indah.

"Ketika saya masih muda, saya terobsesi dengan peta. Pada usia 14, saya belajar membuat software untuk perusahaan penyedia informasi lokasi agar supir taksi bisa memberitahu penumpang lokasi mereka," cerita Dorsey.

"Kemudian, pada 2001, ketika saya bekerja di salah satu perusahaan itu, saya menyadari bahwa saya memiliki gambaran mengenai apa yang terjadi dengan pengiriman dan pengantaran barang, tapi tidak dengan keberadaan orang-orang."

Suatu hari, Dorsey melihat pemandangan menakjubkan di kotanya dan berharap orang lain dapat merasakan hal yang sama.

“Lalu, saya menulis semacam kode untuk BlackBerry saya dan menciptakan daftar email teman. Saat saya berada di Golden Gate Bison Park (California, Amerika Serikat), saya mengirim pesan ke mereka semua berbunyi; Saya berada di Bison Park,” ujar Dorsey.

Inilah tulisan Twitter pertama, katanya lagi, lima tahun sebelum Twitter muncul.

Dorsey mengklaim, alasan mengapa Twitter membutuhkan waktu lima tahun untuk benar-benar beroperasi dikarenakan Amerika Serikat baru mengadopsi teknologi SMS ke berbagai operator pada 2006.

Kini menulis pesan pendek atau menandai lokasi di internet juga dimanfaatkan oleh Foursquare, layanan tempat Dorsey berinvestas, Gowalla dan Facebook. Bagaimanapun, alasan kenapa Twitter datang ‘terlambat’ adalah Amerika Serikat memiliki teknologi SMS di semua layanan operator pada 2006.

“Di Amerika Serikat, kami tertinggal dari Eropa dalam adopsi beberapa teknologi,” kata Dorsey. “SMS misalnya. Kita berada 10 tahun di belakang Inggris sehingga Twitter butuh waktu yang lama untuk diluncurkan via layanan SMS.”Facebook dan Twitter merupakan jejaring sosial paling populer di dunia "Twitter menunjukkan pertumbungan sangat pesat sejak peluncuran pada 2006. Situs ini memiliki setidaknya 253 juta pengguna aktif setiap bulan, 85% lebih tinggi dari jumlah di tahun lalu," ungkap perusahaan Perkins Caufield & Byers, beberapa waktu lalu.


Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts