Friday, April 8, 2011

Edan, Internet Explorer 9 Didownload 27 Kali Perdetik

Browser terbaru besutan Microsoft, Internet Explorer (IE) 9 versi Final akhirnya dirilis 14 Maret 2011 lalu. Meski ranah browser sudah dihuni oleh banyak pemain seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, dan beberapa browser kecil lain, nampaknya IE masih diminati. Hal ini bisa dilihat ketika ketika Microsoft meluncurkan IE9 versi Beta sekitar akhir September tahun lalu.

Sambutan pasar cukup baik, di mana perusahaan yang berkantor di Redmond itu mencatat ada sekitar 2 juta kali unduh dalam 48 jam pertama.

Padahal, ketika itu IE9 bisa dibilang belum "matang". Bagaimana jika Microsoft benar-benar menghadirkan versi Final atau versi matangnya? Sesuai ramalan, jumlah unduh IE9 versi Final meledak.

IE9, yang dirilis Senin lalu, telah diunduh 2,35 juta kali dalam 24 jam pertama. Jika dirata-ratakan, ada sekitar 98.000 kali unduh selama satu jam atau 27 kali unduh per detik.

"Kami ingin berterima kasih kepada semua orang di seluruh dunia karena telah mengunduh IE9 dan penerimaannya yang baik," kata Ryan Gavin, direktur senior IE, diberitakan Mashable.com, Kamis 17 Maret 2011.

Jika dibandingkan dengan browser lain, pencapaian IE9 ini tidak terlalu mengesankan. Mozilla Firefox masih belum tertandingi untuk soal rekor. Dalam beberapa jam setelah dirilis, Firefox 3.5 mencatat lebih dari 1 juta kali unduh pada tahun 2009. Sebelumnya, Firefox 3.0 diunduh 8 juta kali dalam waktu 24 jam. Rekor IE9 masih jauh di belakang Firefox.

Lantas apa yang ditawarkan Microsoft dengan browser terbarunya? IE versi terbaru mendukung HTML5, yakni tampilan antarmuka yang diperbarui, serta fungsi anti-jejak. Selain itu, ia juga mendukung Direct2D, DirectWrite untuk mempercepat kinerja grafis, dan beberapa fitur tambahan pada CSS3 serta strandarisasi SVG2.

Fitur-fitur baru itu diklaim Microsoft mampu membuat IE9 lebih 'ngebut' dan ringan.

IE9 akan segera mendapat persaingan dari Firefox, yang mana akan meluncurkan versi final Firefox 4 pada tanggal 22 Maret lalu.


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?