Saturday, October 30, 2010

Kedahsyatan Letusan Gunung Krakatau 1883

Salaaam,, siapa sih yang enggak tau tentang cerita meletusnya gunung Krakatau. Meski gunung tersebut sekarang sudah tidak ada, tapi peninggalannya masih bisa kita lihat, gunung Anak Krakatau. Gunung Anak Krakatau pun sampai saat ini masih mewarisi kedahsyatan orang tuanya, kita lihat di berita-berita kabar meletusnya gunung Anak Krakatau tahun 2007 lalu.

Pada tanggal 26 dan 27 Agustus tahun 1883, gunung Krakatau meletus sekitar pukul 9.58 pagi. Letusan tersebut meluluh lantakkan daerah pesisir Sumatera Selatan dan Jawa Barat (Banten). Mengakibatkan gelombang tsunami setinggi 25 meter. Wah saingan tsunami Aceh. Letusan terdahsyat tercatat tanggal 27 Agustus.

Di tanggal 27 Agustus inilah terjadi tiga letusan yang super dahsyat. Letusan inilah yang menenggelamkan pulau Rakata, pulau tempat gunung Krakatau berada. Di bekas pulau inilah terbentuk kawah berdiameter 6 kilometer dan sedalam 270 meter, hingga akhirnya tenggelam, dan terbentuk lah gunung Anak Krakatau.

Abu halus akibat letusan menyebar seluas 260 juta Km2 . Gundukan batu apung yang tebal menghambat pelayaran di daerah tersebut selama 5 bulan setelah letusan. Setahun kemudian ditemukan mayat juga batu apung tersebut di pantai Afrika. Konon, pihak kolonial Belanda membeli 200.000 liter bensin untuk membakar mayat-mayat yang tak bisa dikubur. Sekitar 30.000 lebih orang tewas. Letusan ini adalah dentuman terkuat yang pernah didengar oleh telinga manusia. Bunyinya tercatat hingga sejauh 4800 kilometer di pulau Rodriguez di samudera Hindia, dan sejauh 3200 kilometer di sungai Elsey, Australia Utara.

Jendela kaca yang berada di radius 150 kilometer dari letusan hancur berkeping-keping. Gelombang kejut di atmosfer tercatat mengelilingi bumi sebanyak tujuh kali. Barometer di Eropa dan Amerika Serikat mencatat tekanan yang signifikan pada alunan (osilasi) selama 9 hari setelah letusan. Awan panas menjulang setinggi 80 kilometer ke langit, dan dilihat sebagai awan hitam sampai ke Eropa.

Jumlah energi yang dilepaskan gunung tersebut sebesar 200 megaton bahan peledak. Seperti diketahui 1 megaton saja setara dengan energi sebesar 4,185,000,000,000,000 joule. Dengan energi listrik 25 joule saja bisa membuat lumpuh tubuh manusia. Sungguh sangat dahsyat letusan gunung tersebut, hingga seantero dunia pun ketakutan dibuatnya.

Tidak ada kata lagi untuk mengungkapkan keheranan kita, kecuali SUBHANALLAH. Betapa besar kuasaNya. Dia cukup hanya “menyentuh” sedikit dengan jariNya ke gunung Krakatau dan hancur lebur lah gunung tersebut. Tidak kah kita sadar bahwa kita hanya kecil dihadapanNya, tapi tetap saja kita sering kali sombong...

Inilah gunung Krakatau Sebelum dan Sesudah letusan

Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

1 comment

Wah bagus banget krakatau
semoga pariwisata Indonesia makin maju

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?