Monday, July 4, 2016

Mengatasi Layar Hitam (Black Screen) Remix OS Di Nvidia Optimus

Halo sobat, sudah install pembaruan dari Remix OS yang terbaru? Bagi yang punya GPU bawaan intel sepertinya tidak ada masalah dengan graphic. Namun bagi pengguna dual graphic, sepertinya harus bekerja lebih ekstra biar GUI Remix OS bisa jalan. Hal ini juga terjadi dengan saya. Pada versi Alpha, tidak ada masalah dengan dual graphic, kalau di notebook saya menggunakan Nvidia Optimus. Namun ketika di update ke versi Beta masalah itupun muncul.

Ketika saya install update Remix OS di hardisk, proses booting kernel berjalan lancar, namun setelah itu stuck, tidak bisa masuk GUI. Hanya muncul layar hitam blank (black screen), waduh. Saya coba tungguin sekitar 30 menit, tetap saja blank, hmmm pasti ini bermasalah pikir saya. Saya coba langsung cari info ke forum empunya Remix OS, katanya ada yang nunggu 2 jam baru bisa masuk GUI. Wah, kurang kerjaan banget kan sob jika harus menunggu 2 jam.

Lanjut cari info ke situs lain, ada katanya mesti memilih resolusi yang "pas" buat Remix OS nya dengan menambahkan parameter: vga=ask. namun, cara tersebut tetap gagal bagi saya. Setelah berkelana beberapa saat, ternyata ada jawaban yang memberi pencerahan. Versi beta dari Remix OS memang belum compatible (cocok) dengan beberapa GPU, misal Nvidia dan AMD. Dan itu lah yang menyebabkan layar hitam blank sesudah booting tadi. Langsung saya mulai berfikir untuk disable Nvidia Optimus di laptop saya, siapa tau bisa kaya Hackintosh, hihi.

Ternyata kita memang bisa disable(mematikan) Nvidia Optimus dan hanya mengaktifkan GPU bawaan Intel saja di Remix OS. Tentunya bukan menggunakan DSDT seperti di Hackintosh. Tapi disini kita hanya menambah parameter di Grub bootloader nya saja. Kalau sobat pasang di Legacy sobat cari menu.lst dan apabila di UEFI cari grub.cfg. Sudah dapat? Oke, langsung edit file tersebut lalu tambah kan boot parameter ini di bagian kernel: nouveau.modeset=0. Setelah menambahkan parameter tersebut, voila! Saya bisa masuk ke GUI nya Remix OS.

Dan berikut screenshot dari Remix OS terbaru yang berjalan di laptop saya yang ada Nvidia Optimus nya:

remix_agus
Remix OS

remix_agus
Remix Center

remix_agus
Test browsing

remix_agus
Test GAPPS

Gimana sob? Gampang kan? Oke, sekian dulu dari saya tentang mengatasi layar hitam di Remix OS ini. Apabila ada cara lain, sobat bisa share disini. Dan ingat, do with your own risk sob, hehe. Wasalam.

Update:
Pada Remix OS M atau versi 3.0 yang terbaru, masalah ini sudah fix, tidak perlu lagi menggunakan boot menu nouveau.modeset=0. Artikel nya disini sob!
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

10 comments

Menambahkannnya dimana sob...

Balas

Cari file menu.lst (kalo bios legacy) ada di folder Remix OS di pastisi kita memasangnya, atau file grub.cfg (kalau bios uefi), buka file itu bisa pake notepad tinggal tambahkan parameter nya.

Balas

hoo kalo biosnya legacy di menu1st yha?

Balas

Nambahinnya di baris yang mana gan..

Balas

Tambah di baris yang mana ya?

Balas

Bagian mana gan. Baris kberapa

Balas

Baris beberapa tambahinnya

Balas

Kalau vga amd bagaimana ya..

Balas

Pada bagian kernel.
Biasanya Kernel= bla bla tambahin di ujung sini

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?