Wednesday, April 26, 2017

Cara Mengaktifkan NPAPI Plugin Pada Firefox 52 Keatas

Halo sobat, kali ini saya mau share pengalaman ketika saya browsing ke beberapa website menggunakan browser Firefox, dan ternyata fitur website tersebut ada yang gak jalan. Saya coba-coba buka pakai Google Chrome, eh ternyata bisa jalan dengan lancar. Otomatis saya mulai berpikir bahwa ada yang salah dengan Firefox update terbaru ini, entah add-on atau plugin nya. Selidik punya selidik, ternyata betul dugaan saya. Melalui laman resminya, Mozilla (selaku empunya Firefox) mengumumkan bahwa support untuk plugin berbasis "NPAPI" sudah tak didukung mulai versi Firefox 52 keatas.

firefox_agus
NPAPI based plugins are blocked.
Kok saya baru tau sekarang yak? Padahal info tersebut sudah ada sejak Maret 2017. Bukan hanya Firefox saja loh sob yang menerapkan "kebijakan" ini, browser lain juga, seperti Chrome atau Edge pada update mereka selanjutnya. Entahlah, yang saya perlukan sekarang bagaimana caranya mengaktifkan plugin berbasis NPAPI pada versi Firefox terbaru, hehe. Sebenarnya pihak Mozilla sudah merilis Firefox ESR Version, dimana pada versi tersebut plugin berbasis NPAPI masih bisa diaktifkan sampai tahun 2018. Tapi ya kita jadi gak bisa menikmati update fitur, cuma bisa dapet update security deh, dan itulah alasan saya gak mau pakai yang ESR version.

Mulailah penjelajahan ke forum-forum orang bule, as always sob😉. Ternyata betul, ada trik simpel biar plugin berbasis NPAPI bisa jalan lagi di versi firefox 52 keatas, yes! Penasaran? Tenang, biar sobat gak perlu repot ubek-ubek forum, saya ringkaskan trik tersbut sejelas-jelasnya disini:

1. Saat ini saya menggunakan Firefox versi 53

2. Buka tab baru, lalu ketik di URL bar: about:config lalu tekan enter, kalo ada konfirmasi, yes in ajah!

3. Tambah string config baru, caranya sobat scroll halaman sampai paling bawah, trus klik kanan pilih New->Boolean. Preferences name nya isi plugin.load_flash_only dan value nya isi false.

firefox_agus
Add string.
4. Biar lebih afdol, setelah menambahkan config baru tersebut, sobat restart Firefox.

5. Sebelum menambahkan config tersebut, Firefox akan memblok plugin berbasis NPAPI, contohnya Java Plugin.

firefox_agus
Missing plugin?
6. Setelah ditambah config tersebut, Firefox akan memuat plugin berbasis NPAPI lagi deh, ntaps!

firefox_agus
Plugin loaded.
7. Done, alhamdulillah😉

Gimana sob? A piece of cake bukan? Kalau sobat masih memerlukan plugin yang berbasis NPAPI di Firefox 52 keatas (kaya saya), bisa sobat terapkan trik diatas untuk menjalankan nya. Tapi, perlu di ingat, trik ini hanya bersifat sementara, mungkin akan tidak jalan lagi tahun 2018 entar. Semoga saja semua situs cepat menerapkan kebijakan baru dari "para browser" ini, hehe. Sekian dulu trik dari saya sob, apabila ada salah kata mohon maaf. Apabila sobat ada cara lain yang lebih mudah, please share😁, wassalam.
Share:
Next
What are you looking for? This is the current newest page!
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?