Saturday, January 18, 2014

Maksimalkan Penggunaan Smartphone Android Kamu

Memang sudah tak dapat dipungkiri sob, saat ini smartphone udah merajalela. Apalagi bermunculan OS-OS mobile yang populer dikalangan kita. Dan fiturnya pun canggih-canggih, serasa komputer itu udah dimampetin jadi 5 inci, hehe. Nah ditengah kecanggihan smartphone tersebut, hendaknya kita sebagai penggunanya harus memaksimalkan penggunaanya dong sob. Jangan sampe habis duit 7 juta, tapi ya smartphone nya cuma dipake untuk sosial media atau chating atau BBM doang, suer mubazir sob, apalagi itu uang keringat orang tua kita.

Nah, untuk itu saya disini akan berbagi tips gimana cara kita memaksimalkan penggunaan smartphone sobat, khususnya buat pencinta Android. Apapun merk nya, entah itu low end sampai super high end bisa saja dipake tips nya sob. Tips ini saya ambil dari berbagai sumber di embah Google serta pengalaman saya sendiri.

1. Menjadi lebih dekat dengan keluarga, pacar, teman, dan handil taulan berkat sosial media

Nah, yang pertama dan yang paling umum penggunaan smartphone ialah sosial media. Email, Facebook, Twitter, Wechat, BBM, Foursquare, Google+, Instagram, Path, dan banyak lagi tersaji untuk tetap terhubung dengan kerabat. Apalagi sekarang yang namanya Video Call itu bukan barang mewah lagi sob. Juga bejibun aplikasi yang menyediakan panggilan suara gratis(walaupun gak mutlak gratis sih, hihi). Bagi pebisnis pun ini merupakan media empuk untuk meraih sukses.

2. Google Maps

















Suer, ini penting banget nih bagi yang suka jelajah-jelajahan. Bagi saya sih sob, ini kepake banget kalo saya berada di tempat yang asing. Sobat ga perlu takut lagi kalo kesasar(kecuali kalo sobat kesasar dihutan dan ga ada sinyal).

3. Lepas penat dengan hiburan

Smartphone sobat pastinya bisa memainkan games-games seru. Dan juga bisa liat video-video streaming. Memutar musik, apalagi musik kesenangan kita. Sangat penting untuk melepas penat pikiran.

4. Manfaatkan fitur Google Now

Nah ini nih, kalo sobat punya iOS ada Siri, Google Now adalah Siri-nya Android. Google Now bisa menjadi seperti asisten pribadi sobat. Pertama kali sobat mengaktifkan Google Now, dia akan menanyakan beberapa minat sobat, setelah itu dia akan menyediakan informasi yang dibutuhkan. Udah liat iklannya di Tipi nasional kan sob? hehe. Google Now, terintegrasi dengan Google Search, Google+, Voice Search, serta fitur Google lain. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk Android Jellybean keatas sahaja.

5. Hey, smartphone sobat bisa jadi server dan client

















Mau coba-coba networking tapi terbatas stok PC. Sekarang smartphone sobat bisa menggantikan peran PC. Udah banyak aplikasi nya yang bertebaran di Play Store yang bisa merubah smartphone menjadi server atau client.

6. Bagi opreker, inilah surgamu

















Sistem operasi terbuka emang super duper mantep sob. Bisa kita utak-atik sesuai jiwa kita, hehe. Dan Android sebagai sistem operasi terbuka menawarkan ruang bagi kreativitas sobat menyulap Android biasa jadi Android super amazing. Android sobat low end? Tenang, apa sih yang ga bisa. Android sobat lelet? Sulap aja jadi wus-wus dengan beberapa tweak. Internet lelet? Lakukan beberapa tweak maka kanker lelet akan berkurang. Tentunya sobat opreker tak asing dengan forum XDA, disitulah surganya pemikiran genius.

7. Photo and video editing

Sudah jadi rahasia umum, kita ga perlu lagi pake make-up untuk membuat wajah kita cerah ketika di foto atau video, aplikasi edit photo pun merjalela fiturnya, keren sob.

8. Meramalkan cuaca

















Sobat ingin bepergian kesuatu tempat, tapi takut kalo kehujanan? Tenang aplikasi cuaca dapat membantu. Fitur ini juga tersedia di Google Now.

9. Jadi photographer handal pake smartphone

















Tentunya smartphone sobat punya kamera kan? Nah, gunakan lah kamera tersebut untuk menangkap apapun yang menarik, dan sebarkan ke seluruh dunia, jangan selfie doang sob, hehe. Ga mutlak lagi sekarang punya kamera Digital atau SLR untuk jadi photographer.

10. Menjadi pinter dengan smartphone

















Manfaatkan Google Search untuk mencari segala ilmu sob. Ada jutaan artikel ilmu yang menanti sobat. Kan lumayan ga perlu ikut seminar sana-sini, tapi kita udah tau banyak lewat mesin pencari yang satu ini.

11. Manfaatkan juga GPS

















Hampir setiap smartphone punya GPS. Maksimalkan penggunaan GPS untuk menentukan posisi sobat. GPS juga bisa digunakan sebagai tracker smartphone punya teman, pacar, atau keluarga sobat.

12. Selalu amankan smartphone

Setelah beberapa hal diatas, ini nih yang penting. Sediakan sistem pengamanan untuk smartphone kita, entah itu anti malware dan anti virus. Gunakan juga Android Device Manager sebagai senjata anti maling sob.


Yang paling penting, pintar-pintar hemat batere dan kuota internet sob. Karena, tanpa itu smartphone kita akan berkurang produktivitasnya. Oh lupa, ada sobat yang pengguna iOS ya mampir? Tips diatas juga bisa dipake di iOS, dengan catatan aplikasi yang dipake adalah aplikasi untuk iOS, intinya aplikasi iOS yang fungsinya mirip-mirip sama yang diatas.;-)

Hmmmm, apa lagi ya sob? Kalo dari saya segitu dulu deh, nanti kalo ada update lagi saya share disini. Kalo sobat ada tips lain saya persilahkan share disini...hehe
Wassalam.


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?