Friday, April 8, 2011

Nenek 72 Tahun "Bunuh" Koneksi Internet Dua Negara

Peristiwa unik terjadi di Georgia. Seorang nenek usia 75 tahun dinyatakan bertanggung jawab memutus koneksi internet di Georgia dan negara tetangganya, Armenia, sehingga banyaknetter gagal berselancar di dunia maya. Kementerian Dalam Negeri Georgia menyatakan wanita pensiunan itu awalnya menggali tanah untuk mencari besi atau benda yang bisa dijual. Nah, penggalian itu berujung pada kabel fiber optik yang mengalirkan koneksi internet di Georgia dan Armenia.

Tidak paham apa kegunaannya, sang nenek ini memotong dan merusak kabel tersebut. Maka putuslah koneksi internet di sebagian wilayah dua negara. Ribuan pengguna internet tak dapat mengakses internet selama beberapa jam.

"Ia menemukan kabel itu saat sedang mengumpulkan logam dan malah memotongnya dengan tujuan untuk mencuri," ucap Zura Gvenetadze, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Georgia, diberitakan AFP.

Nenek yang dijuluki ‘hacker (peretas) sekop’ itu sedang diselidiki karena merusak properti tersebut.

Nenek usil itu kini telah ditangkap dan terancam hukuman sampai 3 tahun penjara dengan dakwaan merusak properti.

Sejatinya, peristiwa semacam ini pernah terjadi pada tahun 2009 di mana kabel fiber optik juga dirusak seseorang.

Namun kali ini, skalanya lebih besar. Perusahaan pemilik kabel, Georgian Railway Telecom, menyatakan bahwa kerusakan membuat 90% user internet biasa dan korporat di Armenia kehilangan akses selama 12 jam. Demikian juga penyedia layanan internet di Georgia jadi terganggu.

"Saya tak mengerti bagaimana nenek ini bisa menemukan dan merusak kabel. Kabel itu terlindungi dan insiden semacam ini sangatlah langka," ucap Giorgio Ionatamishvili dari Georgian Railway Telecom.


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?