Wednesday, April 27, 2011

Cara Simpel Mengatasi Virus Autorun

Salaaam, sobat taukah dengan virus Autorun? Biasanya dalam bentuk file “autorun.inf”, file yang meng-generate virus New Heur Level 9. Ngapaen pake cara-cara lain, pake saja antivirus. Hehe, tapi bagaimana yang sudah terinfeksi? Jika sudah terinfeksi, kita install antivirus, menurut saya sih akan merepotkan sekali, karena pemberitahuan antivirus akan muncul terus menerus(apalagi Smadav, hehe).

Sebab, antivirus tidak bisa menghapus virus tersebut, karena virus berupa file “Jalan Otomatis” alias file yang selalu “in use” oleh windows(menurut versi saya). Akan sangat mengganggu bukan, jika pemberitahuan antivirus selalu menutupi monitor?^_^. Sebetulnya ada banyak cara yang ampuh untuk mengatasi virus satu ini. Tapi, disini saya akan share bagaimana cara simpel mengatasi(bukan berarti menyembuhkan lhoo) ala saya sendiri.

Ciri-ciri terinfeksi virus ini adalah dalam drive C atau D akan ada file “autorun.inf” dan file virus New Heur. Jika di komputer sobat tak terlihat, silahkan cek di CMD alias Command Prompt(Run-->CMD), pilih drive C atau D atau sembarang tekan tombol TAB, sampai sobat akan menemukan nama sang virus tersebut (“autorun.inf” & sebuah file virus New Heur).

Kalo sudah begitu, maka tugas kita adalah mengganti(me-replace) file “autorun.inf”, dan menghapus file virus New Heur-nya(kedua file tersebut selalu berdampingan). Pertama, kita akan mengganti file “autorun.inf” virus menjadi file “autorun.inf” yang baik/tidak berbahaya..;-).

Kendala yang paling besar adalah kita tidak bisa begitu saja me-replace file “autorun.inf” tersebut, sebab file “autorun.inf” selalu dijalankan windows. Karena itu kita gunakan sebuah program khusus untuk me-replace file “autorun.inf” ini. Saya ada program khusus ini, namanya sedikit gak gaul, Pengganti V0.1(haha), sobat bisa mendownloadnya,


Sudah terdownload? Bagus, kita lanjutkan, hehe. Install dulu program tersebut, terserah dimana tempatnya(lebih mudah di desktop). Untuk merubah “autorun.inf” jahat menjadi baik, kita memerlukan file “autorun.inf” dan sebuah file pengganti (maklum, agar “autorun.inf” berguna harus ada file yang mendampinginya).

Silahkan sobat download “autorun.inf” dan file pendamping(jangan khawatir ini file aman, bebas jahat, he).


Ekstrak kedua file tersebut(“autorun.inf” dan “ExtTrucker2.ico”) di sebuah folder. Kemudian jalankan program Pengganti V0.1. Dengan program ini kita akan mudah me-replace “autorun.inf” ini, tanpa ada halangan. Silahkan sobat replace file “autorun.inf” yang ada di drive dengan “autorun.inf” yang sudah saya berikan. Kemudian hapus juga file VIRUS di drive masing-masing. Paste kan file “ExtTrucker2.ico” berdampingan dengan “autorun.inf” yang baik tersebut. Ingat, file “autorun.inf” dan “ExtTrucker2.ico” jika tak ingin terlihat bisa sobat Hidden kan.

Jika sudah, silahkan reboot komputer sobat. Silahkan cek! antivirus tidak akan mendetect “autorun.inf” sebagai virus lagi. Daaaan, pastinya monitor sobat tidak kan diganggu oleh pemberitahuan antivirus, hehe. Cara ini insya Allah akan bekerja di setiap komputer. Sekian tips dari saya, semoga berguna. Jika ada salah kata, mohon dimaafkan, maklum amatiran, hehe...

Wassalam
Do with your own risk!


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?