Sunday, March 20, 2016

Mengatasi Mandul (Tidak Bisa Cetak Gol) Pada Career Mode FIFA

Halo sobat, sudah main game sepakbola buatan EA Sports yaitu FIFA? Tentunya sudah donk, dan menurut saya gameplay dari game ini lebih realistis ketimbang saingannya, PES(Pro Evolution Soccer) dari Konami. Nah tapi disini saya tidak akan me-review atau membahas apa saja yang ada di dalam game ini. Sobat juga tentu pernah bermain Career Mode di FIFA ini. Ada kah sobat merasa keanehan saat sebuah kompetisi bergilir? Yup, yaitu striker menjadi mandul alias tidak bisa mencetak gol. Sehebat apapun striker atau club yang sobat mainkan, akan terasa amburadul permainannya, dan yang paling kesel iya tadi, mandul.

fifa 16 agus

Dalam dunia sepakbola tentunya hal tersebut normal donk, dalam dunia nyata pun team atau striker hebat akan pernah mengalami penampilan terburuknya. Akan tetapi bagi saya sob, ini sangat tidak normal dalam game sekelas FIFA. Bayangin, dalam satu musim, menang cuma beberapa kali(entah tim hebat atau tim burem), gimana mau naik rating sebagai manager atau player kita? Saya pernah memainkan fitur Become A Legend nya PES, dan tidak menemukan masalah seperti ini. Selama berjalan kompetisi di Become A Legend nya PES, kalah menang nya menurut saya masuk akal.

Striker yang berhadapan satu lawan satu dengan kiper pun dia tidak bisa cetak gol, entah itu kena tiang, menyamping, malah ada melambung. Berbagai kombinasi tombol sudah saya lakukan, namun jarang juga bisa cetak gol, aneh sekali FIFA ini, hehe. Saat kekesalan saya memuncak, eh kadang jalannya gameplay normal kembali, kalah dan menang team kembali masuk akal. Namun masalah mandul ini bisa saja muncul lagi, dan bikin kesal lagi. Saya coba mencari solusi nya, mulai dari surfing forum luar dan dalam negri, tidak ada topik yang membahasnya, waduh!

Atau jangan-jangan cuma saya yang mengalami, atau emang saya aja mainnya yang gak becus? haha, entahlah tapi menurut saya tetap abnormal gameplay nya. Saya menemukan masalah seperti ini sejak FIFA 14. Sampai akhirnya saya menemukan solusinya sendiri, kebetulan aja sih sob. Ada setting tertentu yang harus kita ubah, maka gameplay akan berjalan "masuk akal", hehe. Nah bagi sobat yang juga merasakan apa yang seperti saya rasa, mungkin bisa di coba cara saya ini, mudahan ampuh. Game FIFA yang saya gunakan disini kebetulan adalah FIFA seri terbaru yaitu 16, yang dirilis September 2015 lalu.

fifa 16 agus

Jika gameplay yang sobat rasa masih berjalan normal, tidak perlu ada setting yang dirubah. Tapi jika sobat mulai merasakan dan meraba keanehan yaitu mandul pada Career Mode, yang perlu sobat rubah adalah setting cuaca saat akan start game match:

fifa 16 agus

Jika default cuacanya Clear, sobat rubah jadi Overcast, begitupun sebaliknya apapun cuacanya(pokoknya jangan pake cuaca default). Setelah dirubah, sekarang sobat tinggal start game match, dan rasakan perubahannya. Yang tadinya main amburadul dan mandul, sekarang sudah mulai OK lagi. Setidaknya itu yang saya rasakan, dan sudah saya coba di FIFA 15 atau FIFA 16. Tapi, ada tapinya nih sob, kadangkala setelah gameplay berjalan normal pas kita ubah cuacanya masalah tersebut bisa muncul lagi. Walaupun sobat ubah cuaca, dia tetap bandel mandul.

Nah untuk mengatasi nya, saat sobat merasakan gameplay nya ngeyel lagi walau sudah diubah cuacanya, yang perlu sobat lakukan adalah saat game match selanjutnya jangan sobat rubah cuaca default nya(biar pakai default), langsung aja start game match.

fifa 16 agus

Intinya sob, kita harus menyesuaikan:
- Jika gameplay berjalan tidak normal saat cuaca default digunakan, sobat coba rubah cuacanya saat game match selanjutnya, ketika dirasa gameplay udah normal, maka sobat harus ganti cuaca setiap kali akan start game match.
- Namun jika game udah mulai gak normal lagi, walau sudah ganti cuaca, yang perlu sobat lakukan saat game match selanjutnya adalah biarkan menggunakan cuaca default, jika dirasa gameplay udah normal, maka sobat harus pakai cuaca default setiap kali akan start game match.

Lantas apa hubungannya dengan setting cuaca? Jangan tanyakan ke saya sob, suer saya juga gak tau, haha. Saya sudah banyak merubah-ubah setting, namun yang saya rasa paling ampuh adalah cara ini. Masalah ini juga bisa dituntasken dengan menurunkan level ke satu tingkat dibawah yang kita gunakan sekarang. Tapi tentunya sobat gak mau kan, jika harus menurunkan level ke beginner hanya karena mandul? Nanti gak ada sensasi nya donk, dan gak bisa mengasah kelihaian kita dalam memainkan game ini.

Nah sekiranya sampai disini dulu, curhatan saya. Jika ada salah-salah nya, boleh di betulkan sob, hehe. Wassalam.
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

2 comments

bener bgt gan sy juga mengalami hal aneh kadang suka normal kadang cepet n kadang lambat bgt gameplaynya, pas sy cerita ke tmn2 malah blg "perasaan lo aja x". wkwkwk

makasih banyak om threadnya berguna bgt secara ane ga suka klo main fifa tanpa memainkan sepakbola indah n ball possesion.

Balas

Nah itu om, sama juga, pada gak percaya. Tapi setelah coba pake cara diatas, ane bisa lagi menikmati gameplay nya. Terima kasih telah berkunjung gan...:)

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?