20 Nov 2020

Hackintosh Big Sur 11.0.1 Final Di Acer V5-471G

Salam sejahtera untuk kita semua. Lagi-lagi saya telat, tapi tak apa yang penting selamat. Seminggu lalu akhirnya versi final dari macOS Big Sur rilis ke publik. Ukurannya yang membengkak jadi 12GB-an tentu mengisyaratkan bahwa telah ditanamnya versi "agak" stabil dari Rosetta 2. Yup Rosetta sob😪, Apple akan berpindah dari arsitektur X86_64 ke ARM64. Patut kita nantikan 5 tahun kedepan, apakah "ajal" Hackintosh akan benar-benar tiba.

big sur agus
macOS Big Sur. Image credit: The Verge

Sebelumnya juga disini saya sukses "menyusuri" versi Betanya. Ada banyak perbaikan dan pembaruan dari versi Beta ke versi Final sob, saya gak akan merinci disini, sobat bisa aja lihat langsung di situs Apple. Sekarang waktunya mencoba menjajal OS terbaru dari Apple ini di laptop jadul nan (g)old, Acer V5-471G. Apakah masih sanggup? Mari kita simak sob.

Ternyata macOS Big Sur versi final masih bisa berjalan dengan baik di laptop ini, meskipun Apple telah memutuskan untuk tidak mendukung prosesor Ivy Bridge (setidaknya secara resmi). Yup, SMBIOS dengan tahun pembuatan 2012 akhir kebawah, harus rela hanya sampai macOS Catalina saja (setidaknya secara resmi). Akselerasi masih berjalan baik, saya belum menemui kendala yang berarti. Artinya laptop (g)old ini masih "mumpuni" untuk menjalankan macOS terbaru ini.

Seperti biasa, saya mau "pamer" dulu nih, beberapa screenshot dari macOS Big Sur yang berjalan di laptop ini, yuk dilihat:

big sur agus
Tampilan Mac App Store. Kalo gak salah, jika sobat pakai Mac yang sudah pakai chip M1, ada tab tersendiri di Mac App Store yang berisi aplikasi iPhone/iPad. Jadi sobat sudah bisa menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut.

big sur agus
Battery Preferences yang berubah dari versi macOS sebelumnya.

big sur agus
Semacam Control Center gitu.

big sur agus
Tampilan Finder yang sedikit berubah.

big sur agus
Launchpad gak ada perubahan.

big sur agus
Mission Control.

big sur agus
Browser Safari yang terus di "perbaiki". Gak mau kalah sama Ms Edge dia.

big sur agus
Screenshot Editor bawaan Big Sur.

big sur agus
Nyobain ngobrol sama neng Siri.

big sur agus
Notification Center yang menjelma jadi tempat Widget.

Gimana sob, mantab kan? Kalo diraba-raba dan dilihat-lihat, ya emang kayak iPadOS versi "gede"-nya yah? Hehe. Oh iya dan dibawah ini adalah konfigurasi (umum?) untuk laptop ini ketika utak-atik di versi macOS Big Sur:

1. Processor Core I5 3317U/Core I3 3217U 1.7GHz turbo boost up to 2.6GHz Ivy Bridge, native support. Patch AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan drop SSDT supaya dapat speedstep. Atau gunakan fitur yang ada di Bootloader untuk mengakali panic seputar Native Power Management.

2. Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image/Metal. Yup, driver nya masih ada di versi finalnya, semoga aja gak dihapus Apple, amin, hehe.
*Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", untuk patch HD4000 biar bisa jalan VGA pake kabel bawaan saya belum coba sob, udah terlanjur beli converter soalnya😉.
*Bagi yang mau utak atik display dengan EDID, ini sudah saya "ekstrak"-an info EDID buat display nya, lihat disini.
*Banyak penyakit hackintosh, salah satu nya adalah tak mengenali "merk" monitor kita(ya iyalah, lagian siapa suruh install di system non Apple, wekaweka). Untuk mengatasi tersebut, saya punya fix nya, silahkan download file disini, ekstrak lalu copy folder tersebut ke /Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Nanti merk "unknown" nya berubah jadi "Color LCD", lumayan. Ingat, pada macOS Big Sur, volume sistem akan sangat sulit di utak-atik. Karena Big Sur sekarang akan boot ke "kriptografi APFS", jadi sulit bisa read/write di volume sistem. Jadi disini kita gunakan /Library saja.
*Ingat SMBIOS lama untuk prosesor Ivy Bridge sudah tidak didukung, jadi kita perlu menggunakan SMBIOS yang lebih baru untuk laptop ini.

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated) atau disable via SSDT. Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai dan meng-ademkan laptop.

4. Chipset HM77 jalan.

5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x, another kind of ALC269). Pakai AppleALC.kext dan inject alc-layout-id 28 dan apple-layout-id 5, kembalikan AppleHDA.kext ke yang asli nya(vanilla) bukan versi patch, sound input dan output work very well.

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx.kext.

7. Login ke Store/iCloud lancar. iMessage/Facetime gak tau dah, belum dapat sumbangan ROM dan MLB😜

Update:
Somehow, iMessage dan Facetime akhirnya bisa jalan😅 Selengkapnya bisa sobat kunjungi disini caranya.

imessage_catalina

8. Webcam dan USB 3.0 work gak pake kext.

9. Battery works pake ACPIBatteryManager.kext atau pake plugin kext nya VirtualSMC.

10. Wifi, impossible, ga jalan...😌 --> paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work! Atau replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya (dan Pin51 jika combo dengan BT), biar gak di block BIOS.

Update:
Akhirnya Wifi card bisa jalan😍, tinggal replace pake kext ini: Atheros Unsupported. Perlu juga melakukan rollback kext IO80211Family.kext ke versi Mojave, kalau enggak ya gak bisa jalan. Unstable, tapi cukup membantu lah.

11. Card reader, ga jalan! (Workaround pake kext ini disini, unstable but usable)

12. Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2Controller.kext, ingat pake versi yang terbaru, kalau enggak enjoy the KP.

13. Bluetooth works OOB! Tapi perlu boot ke Windows/Ubuntu biar deteksi perangkat lain. Soalnya macOS enggak injek firmware bluetooth ini. Saya belum ada waktu buat ngulik cara mengatasinya, kalo sobat ada saran, monggo!

Update: Finally, bluetooth dan fiturnya bisa berjalan baik (sejauh ini) tanpa harus boot ke Windows/Ubuntu dulu. Pakai firmware injector disini.
 
bt_agus

14. Untuk masalah shutdown yang malah jadi restart, penyebab nya adalah USB 3.0. Jadi kita perlu "defer" USB 3.0 agar masuknya "lewat" port USB 2.0. Nah dalam versi sebelumnya, saya menggunakan kext GenericUSBXHCI.kext plus bootflag "-gux_defer_usb2 -gux_no_idle" biar bisa defer ke USB 2.0, sekarang itu gak bisa lagi sob. Untuk mengatasinya sobat perlu install "FakeCPIID_XHCIMux.kext", dan tadaaaa berhasil men-defer USB 3.0 ke USB 2.0, so si laptop bisa shutdown dengan benar.

15. Restart dan Sleep work!

big sur agus
macOS Big Sur 11.0.1 di V5-471G

Oke sob, sekian dulu ya dari saya. Dan selamat mencoba juga untuk menjajal macOS Big Sur di laptop sobat. Apabila ada salah kata atau info, ya maaf😌. Do with your own risk! Wassalam.

Update 24/12/2020:
Sukses update ke macOS Big Sur 11.1 sob. Perlu dicatat, kali ini Apple memilih "jalan" yang membuat saya kesal. Paket standalone installer yang biasanya untuk update delta/combo sekarang ditiadakan, hanya bisa update "OTA" alias lewat Software Updates Preference. Sangat membuang waktu bagi saya yang punya internet lelet gak ketulungan ini😪.

ota_bigsur_agus

bigsur_agus


Update 13/02/2021:
Sukses update ke macOS Big Sur 11.2.1 sob.

bigsur_update_aguys


Update 07/03/2021:
Sukses update ke macOS Big Sur 11.2.2 nih, segalanya masih aman. Oh iya, bagi pengguna Opencore Bootloader yang kebetulan kena stuck di "PCI configuration end" saat update ke versi 0.6.7, lakukan "reset NVRAM".

bigsur_11.2.2_aguys


Update 01/04/2021:
Sukses update ke macOS Big Sur 11.2.3 nih.

bigsur_aguys


Update 20/06/2021:
Sukses update ke macOS Big Sur 11.4.

bigsur_agus


Update 07/08/2021:
Sukses update ke macOS Big Sur 11.5.1.

bigsur_11.5.1


Update 25/09/2021:
Sukses update ke macOS Big Sur 11.6.

bigsur_agus


Update 20/10/2021:
Sukses update ke macOS Big Sur 11.6.1, dan ini mungkin adalah update terakhir dari macOS Big Sur.

big sur update


Utak-atik untuk macOS Big Sur di laptop ini discontinued, saya alihkan kesini.

Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

35 komentar

Om, ada paket komplit EFI-nya kah ?

Balas

drive.google.com/file/d/1Uq3Ey5cV-GeX5kd84myW8jDEjmkUPZ-j/view?usp=sharing

Balas

gan ini bisa dualboot sama windows?

Balas

Halo mas, ini bootloadernya pake clover atau opencore ya?

Balas

Kebetulan Opencore

Balas

Paket efi itu gunanya untuk apa gan?

Balas

EFI partisi boot untuk sistem UEFI

Balas

gimana agar bisa di bios legacy gan? harus update ke uefi kah biosnya? V5-471G saya ga bisa update bios UEFI soalnya.

Balas

Baik Clover dan OpenCore support UEFI emulation.
www*insanelymac*com/forum/topic/303615-guide-install-windows-8-uefi-on-legacy-bios-with-clover-and-dual-boot-with-yosemite/

Balas

terima kasih om agus, saya sudah berjalan 5 bulan menggunakan jamu ini

Balas

om tutor bikin installernya masih sama kah dengan yg catalina / beda om?

Balas

halo mas, soal smbios pake yg mana ya? bukannya MacbookAir5,1 gak support ya?

Balas

Pakai yang terdekat aja MacBookAir6,2 misal

Balas

Om untuk bikin installernya samakah dengan yang high sierra mbr? trus untuk osxinstallernya apakah sama juga? Terimakasih

Balas

Untuk Catalina keatas, saya pake metode createinstallmedia dan sudah migrasi ke GPT om. Jadi, MBR patch buat diatas High Sierra saya belum menyimak. Coba cek ke Opencore Legacy Patcher.

Balas

Halo maaf om agus mau nanya nih, apakah instant wake nya berfungsi pas mode sleep?

bantu dong om, punyaku bisa sleep, tp pas bangunnya lama, sama kayak boot ulang

Balas

Kalo saya pas mau sleep yang lama, tapi kalo wake normal aja sih. Coba pake darkwake?

Balas

Om boleh minta paket komplit EFI nya gak yang udah ready? saya pake link atas disuruh minta request, dan saya gagal terus booting nya pas mau masuk macOS Installer di V5-471G saya

Balas

https://drive*google*com/file/d/1NUtPNLy7QVgURn-PdihIvnZRroT5MQqD/view?usp=sharing

Balas

terima kasih om, btw ga pake SSDT-EC-LAPTOP ya?

Balas

"5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x, another kind of ALC269). Pakai AppleALC.kext dan inject alc-layout-id 28 dan apple-layout-id 5, kembalikan AppleHDA.kext ke yang asli nya(vanilla) bukan versi patch, sound input dan output work very well."

Mohon petunjuk. nya om 🙏🏼 kebetulan saya punya audio codec yg sama ALC269 tapi saya sudah semua layout tetap ngga bisa. thank you

Balas

untuk point no 5 saya belum berhasil Om, padahal saya pakai ALC269 juga. semua guide di Dorthania sudah saya ikutin tapi tetap ngga bisa. Mohon petunjuk nya Om 🙏🏼

Balas

ALC269 banyak macam nya lo, coba aja satu2 layout-id yg lain yg ada di wiki AppleALC. Kalo pakai DSDT kustom, hapus method DSM kustom untuk HDEF.

Balas

wow i like this big sur, can you share EFI for me please, i need this efi for my V5-417g, thanks advance merrychristmas.

Balas

halo kak kalau bisa minta tolong link folder efi nya ngga? punya saya bisu ngga ada suara nya.. pake vodoohda jg terkadang ada terkadng hilang suara sepeker laptop nya, apalagi audio hdmi nya bisu sama sekali..

Balas

link nya ngga bisa di buka kak

Balas

AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan drop SSDT supaya dapat speedstep. Atau gunakan fitur yang ada di Bootloader untuk mengakali panic seputar Native Power Management. tutorial setting ini om please

Balas

Clover -> Kernel and Kext Patches -> AppleIntelCPUPM & KernelPM

Opencore -> Kernel -> AppleCpuPmCfgLock & SSDT-PM

Balas

Om linknya udah gag bisa dibukan 🙏

Balas

Izin om boleh share EFI nya

Balas

https://drive*google*com/file/d/1NUtPNLy7QVgURn-PdihIvnZRroT5MQqD/view

Balas

bang link gdrivenya mati, minta yang baru dongg

Balas

Om bisa share link terbaru efinya, yang sebelumnya sudah tidak bisa diakses. Terimakasih

Balas

https://drive*google*com/file/d/1Pa1kaAjODbNpGX8eW5xqRofj4EZfWYhU/view?usp=drive_link

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts