9 Jul 2020

Hackintosh Big Sur 11 Beta Di Acer V5-471G

Well, dengan dirilisnya sang penerus macOS Catalina 10.15 yaitu macOS Big Sur 11 (10.16???🤔), saya ada 2 berita buruk bagi para Hackintosher (setidaknya buat saya pribadi). Pertama, Apple akan berpindah ke prosesor berbasis ARM buatannya sendiri, which mean Hackintosh akan dead dalam beberapa tahun kedepan (saya harap tidak, amin). Kedua, support untuk prosesor Ivy Bridge resmi berakhir (yaaa setidaknya secara official).

about_bigsur_agus.png
macOS Big Sur 11 di Acer V5-471G

Namun alangkah bahagianya saya setelah tau, bahwa "kext" untuk Ivy Bridge (HD 4000) masih ada di Big Sur. Itu artinya saya tidak perlu repot-repot lagi melakukan patch ini itu supaya si Big Sur bisa berjalan "native" di laptop (g)old Acer V5-471G saya. Langsung saya bergegas menyiapkan kuota karena size dari Big Sur jauh "membengkak", sekitar 9GB an kalo tidak salah. Tapi namanya juga baru rilis, sehingga dukungan bootloader masih terbatas.

Karena dukungan bootloader masih terbatas (setidaknya sejak blog ini saya tulis), proses memasang nya pun sangat ribet. Sebagai contoh yang bikin ribet, kext injection masih belum bisa jalan dan mekanisme rebuild kernel cache yang semakin ribet. Jangan lupakan juga dukungan kext vital pihak ketiga agar Hackintosh bisa jalan, masih terbatas. Untuk itulah kita memerlukan bantuan Virtual Machine dalam hal ini (untuk sementara).

Yang saya lakukan ialah, membuat installer si Big Sur di Virtual Machine terlebih dahulu. Lalu siapkan Hardisk external, jalankan installer dalam Virtual Machine. Disini saya beberapa kali gagal, entah kenapa, namun pantang menyerah sampai akhirnya installer bisa jalan. Tanpa basa-basi langsung hajar si Big Sur ke Hardisk yang ditambatkan di Virtual Machine. Setelah menunggu 2 jam (serius) proses pemasangan berhasil.

Langkah selanjutnya menyiapkan bootloader, kali ini saya menggunakan Clover yang sudah di patch agar bisa booting ke Big Sur. Setelah oke, langsung boot Big Sur ke "real machine". Sambil harap-harap cemas, boom! ternyata masih bisa jalan dengan baik di laptop (g)old, alhamdulillah😁. Begitu masuk Desktop nya, tampilan yang benar-benar fresh memanjakan mata. Saya tidak akan menjelaskan apa yang baru yah sob. Silakan sobat cobain sendiri😉.

Dan berikut tampilan macOS Big Sur di laptop Acer V5-471G:

appstore_bigsur_agus
Tampilan baru App Store.

finder_bigsur_agus
Finder yang sedikit berubah.

imessage_bigsur_agus
iMessage & Facetime yang masih jalan😁.

lauchpad_bigsur_agus
Tampilan Launchpad, logo Launchpad juga berubah.

lockscreen_bigsur_agus
Lockscreen!

preferences_bigsur_agus
Preference Panes dengan icon-icon baru.

safari_bigsur_agus
Safari Browser yang banyak pembaruan, gak mau kalah sama Edge nya Windows.

siri_bigsur_agus
Siri di Big Sur yang nge-bug.

spotlight_bigsur_agus
Spotlight search.

toggle_bigsur_agus
Control Center.

tv+_bigsur_agus
Berlangganan Netflix memanglah Epic, tapi pernah gak sih lo berlangganan Apple TV+ di Hackintosh?

widget_bigsur_agus
Notification Center sekarang berubah jadi Widget Center.

Gimana sob? Benar-benar baru kan? Saya doakan sobat juga berhasil "berkeliling" di "pesisir" Big Sur yang indah😁. Sekian dulu dari saya, apabila ada salah kata ya maaf. Wassalam.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

10 komentar

Boleh minta file efi nya kang?

Balas

drive.google.com/file/d/1Uq3Ey5cV-GeX5kd84myW8jDEjmkUPZ-j/view?usp=sharing

Balas

Hi i hooe you can share your EFI FOLDER we have the same laptop but having trouble installaing the post installation. I hope you can help me. I always visit your blog due to to our common laptop. Stay safe and Godbless

Balas

drive*google*com/file/d/1NUtPNLy7QVgURn-PdihIvnZRroT5MQqD/view?usp=sharing

Balas

bang laptop saya yang versi core i3 nya apakah bisa paket folder efi punya abang?

Balas

Coba aja dulu, kalau problem coba hapus SSDT-PM karna ini menyangkut speedstep prosesor.

Balas

Bang kalo sandybridge masih bisa dipaksa gak? 😁

Balas

Kalo untuk coba-coba, sepertinya bisa, tapi grafik bawaan nya gak Metal, masih openGL dan mesti pakai patcher.

Balas

Bisa pake clover gak bang? Mungkin ada link google buat settingannya?

Balas

Clover terbaru bisa, sesuaikan aja setingan dengan disini https://dortania*github*io/OpenCore-Install-Guide/config-laptop.plist/sandy-bridge.html#starting-point

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts