20 Jul 2019

Aktifkan iMessage dan Facetime Pada Hackintosh

Halo sobat, kali ini saya akan membahas tentang cara mengaktifkan iMessage dan Facetime di sistem hackintosh. Bagi kalangan hackintosher, iMessage dan Facetime ibarat "harta karun"😅. Kenapa? Ya karena Apple server dikenal "galak" pada hardware yang ia pikir "tidak kenal". Sobat yang menggunakan hackintosh (apalagi beberapa tahun silam) tentu akan merasakan susahnya mengaktifkan iMessage dan Facetime di sistem mereka. Namun, sekarang sudah lumayan gampang, bagaimana caranya?

imess
iMessage dan Facetime

iMessage dan Facetime selalu identik dengan data dari ROM dan MLB. Apa itu ROM dan MLB? Cari di mbah gugel aja yah sob, capek jelasin nya😅. Nah, saya masih ingat sekitar 5 tahun silam, para hackintosher sudah biasa saling sharing data ROM dan MLB guna mengaktifkan iMessage dan Facetime. Sungguh indah kala itu, sampai akhirnya Apple memutuskan "merazia" ROM dan MLB yang dipikirnya dipakai oleh banyak pengguna. Maka, tewas dan bergelimpangan lah banyak iMessage dan Facetime di sistem hackintosh (termasuk punya saya dulu).

Semenjak itu, iMessage dan Facetime nampaknya hanya eksklusif buat sistem macOS "asli" saja, hiks hiks. Namun tentunya para hackintosher tidak tinggal diam, mereka mencari berbagai cara untuk mengakali "galak" nya server Apple tersebut. Diantara usaha tersebut, yang saya boleh dibilang paling tokcer ialah meng-ekstrak data ROM dan MLB dari hardware macOS "asli". Lalu data tersebut di inject ke hackintosh, maka BOOM! iMessage dan Facetime langsung aktif, yes! Namun cara ini juga adalah yang paling sulit bagi rakyat jelata yang gak punya macOS "asli"😅. Mereka harus berburu, untuk "membegal" ROM dan MLB dari Macbook orang-orang😂.

Berhubung saya juga rakyat jelata, maka saya hanya pasrah hackintosh saya harus minus iMessage dan Facetime. Kurang sedap yah sob?🤔 Saya sudah mencoba generate ROM dan MLB yang tersedia di aplikasi Clover Configurator , namun yah gagal maning sob. Sepertinya server Apple "mengenali" bahwa data ROM dan MLB yang di generate tadi "palsu" dan bukan data dari sistem Apple. Hmmmm, keren juga nih buah yang satu ini😌.

Bertahun kemudian secercah cahaya tiba, orang-orang di forum mulai membahas cara kerja sistem Apple ini. Salah satu nya sobat bisa baca disini. Mereka sukses memahami "pola" dari cara kerja server Apple khusus iMessage dan Facetime. Wah, hebat dan pinter-pinter nih mereka itu, saya pikir. Namun ribet banget sob penjelasannya😁. Saya aja perlu berhari-hari untuk memahaminya. Disini saya akan jelaskan sedikit, "pola" apa sih?

Seperti yang saya bilang diatas, server iMessage dan Facetime mengidentifikasi data dari ROM dan MLB dari macOS. Nah, ternyata data ROM dan MLB dari Apple tersebut mempunyai "pola" tertentu. Apabila data ROM dan MLB yang kita generate tidak sesuai dengan "pola" Apple, maka setiap kali sobat login iMessage dan Facetime di hackintosh, baru juga beberapa detik sobat akan langsung di KICK dengan kode nuklir (customer code), haha. Tak perduli seberapa miliar data yang sobat generate, jika tak sesuai "pola", maka good bye!

custom_code
Customer Code

Namun, customer code disini bisa juga loh buat aktifin, tapi yah itupun kalo sobat pandai bersilat lidah. Sobat bisa telpon CS Apple lalu sampaikan customer code yang sobat dapat, nah terserah sobat deh mau ngebacot apa buat meyakinkan CS bahwa sobat login di macOS "asli" bukan di hacintosh. Kalo CS nya percaya, BOOM! iMessage dan Facetime bisa langsung aktif, yes! Namun apa daya lagi sob, saya ini orang nya "lugu"😅, pernah berniat mencoba cara itu, namun urung niat karena gak pede, hihi.

But but, tenang,,, zaman semakin canggih. Semakin banyak orang yang memahami "pola" data tersebut. Salah satu nya ialah author dari aplikasi Clover Configurator. Yup, sekarang aplikasi tersebut sudah bisa generate data ROM dan MLB yang sudah sesuai dengan "pola" dari Apple. Keren dong! Inilah cara terakhir yang bisa ditempuh oleh para hacintosher yang budiman selain dua cara diatas. Untuk itu, disini saya mau share kiat-kiat mengaktifkan iMessage dan Facetime di hackintosh menggunakan metode generate data ROM dan MLB dari aplikasi tersebut.

Sebenarnya cara saya ini meniru cara An iDiot's Guide To iMessage. Tapi disini saya akan coba sederhanakan bahasa biar sobat "sedikit" bisa lebih gampang eksekusi nya. Kok "sedikit"? Ya karena cara ini sesederhana apapun ditulis akan tetap ribet, haha. Perlu di ingat tapi sob, cara ini menurut saya tingkat kesuksesan nya 70%. Saya sudah coba eksekusi di hackintosh saya, namun tetap kena KICK pake kode nuklir iMessage saya😅 (mungkin faktor wajah?🤔). Wong gagal gitu, kok sampeyan malah berani bikin tutor? Eits, baca terus yah sob, hehe.

Persyaratan

Sebelum "beraksi", saya wajibkan sobat untuk eksekusi beberapa persyaratan dibawah ini:

1. Pastikan device "Ethernet" sobat berada di "en0" dan terbaca "built-in". Sobat bisa pake aplikasi DPCIManager untuk cek nya. Sobat masih bisa konek pake Wifi atau tethering, asalkan Ethernet tetap "en0" atau "built-in" tanpa kecuali! Gimana kalau Ethernet nya gak "en0" atau "built-in"? Tenang, banyak kok di mbah gugel cara mengatasinya.

dpci

2. Konek internet dan logout dari iCloud di semua hackintosh sobat.

3. Masuk ke browser, login ke akun iCloud sobat, lalu hapus (remove) semua device (hackintosh) yang sudah terekam di akun iCloud sobat, logout lagi.

4. Mungkin perlu juga untuk mengaktifkan "Two Step verification" di akun Apple sobat.

5. Diskonek internet. Buka Finder, lalu masuk ke folder nama User sobat, klik kanan pilih Show View Options dan centang Show Library Folder. Ini akan memunculkan folder User Library sobat.

user

6. Dalam folder Library tadi, cari folder Caches. Didalamnya hapus semua file yang berawalan:

com.apple.iCloudHelper
com.apple.imfoundation.IMRemoteURLConnectionAgent
com.apple.Message


7. Cari folder /UsernameSobat/Library/Preferences, hapus file yang berawalan:

com.apple.iChat.
com.apple.icloud.
com.apple.ids.service
com.apple.imagent.
com.apple.imessage.
com.apple.imservice.


8. Terakhir penting, pastikan NVRAM sobat jalan (bisa nyimpen data) dengan baik ya. Sobat bisa pake script iMessage Debug buat cek NVRAM jalan atau tidak.

9. Setelah itu restart hackintosh sobat. Inga, inga, tiiing,,, cek lagi NVRAM!


Mari kita mulai

Kalau sobat sudah memenuhi persyaratan diatas, maka sistem hackintosh sobat akan "perawan" lagi di mata server Apple😁, dengan begitu kita akan mencoba "menjebol" nya.

1. Jangan konek dulu internet. Mount EFI sobat dan lakukan edit config.plist pake aplikasi Clover Configurator. Lalu generate SMBIOS sesuai dengan spesifikasi dari hardware.

smbios

2. Masih di bagian SMBIOS. Pada Serial Number silakan sobat generate new beberapa kali (banyak juga gapapa). Pada SmUUID generate new juga berulang kali sampai dikira cukup pas. Apabila laptop, saya biasanya centang Mobile dan Trust. Bila PC, cukup Trust saja. Harap perhatikan juga Board Serial Number, apabila sobat generate serial ia akan otomatis menyesuaikan, jadi jangan diubah-ubah.

serial

3. Konek internet. Serial yang sudah di generate tadi, silahkan sobat cek ke http://www.everymac.com/ultimate-mac-lookup/. Apabila terdeteksi valid, bagus, kita bisa lanjut.

valid_serial

4. Serial tadi perlu sobat cek juga ke situs Apple di https://checkcoverage.apple.com. Apabila terdeteksi valid, stop! Jangan gunakan serial tersebut!

valid_serial

5. Generate serial baru lagi, pokoknya sampai status nya tidak valid.

invalid

6. Bingung? Gini singkatnya:

* Bila serial terdeteksi valid di Everymac dan terdeteksi valid di Apple = Bad👎
* Bila serial terdeteksi invalid di Everymac dan terdeteksi invalid di Apple = Bad👎
* Bila serial terdeteksi valid di Everymac dan terdeteksi invalid di Apple = Goooooood👍 kita bisa lanjut.

7. Sudah paham kan? Oke lanjut. Pada bagian Rt Variables centang From SMBIOS, generate ROM beberapa kali, serta kolom MLB isikan copy paste dari Board Serial Number diatas (pastikan MLB dan Board Serial Number identik ya). Kolom BooterConfig isikan 0x28 dan kolom CsrActiveConfig isikan 0x67.

rt_variables

8. Lanjut bagian System Parameters, sobat centang Inject System ID, yang lain biarkan default.

inject_id

9. Diskonek internet, lalu silahkan reboot hackintosh sobat.

Kalau semuanya oke, sambil ucap basmalah atau berharap saja faktor muka tidak mempengaruhi😅 Silakan sobat coba login iMessage atau Facetime. Kalau data yang kita generate di atas sesuai dengan "pola" nya Apple, maka hampir dipastikan iMessage dan Facetime sobat akan aktif. Sudah berhasil login? Tunggu sekitar setengah menit, jika masih login, well congratulation🤝. Jika sobat langsung kena KICK pake kode nuklir, well silakan operasi muka😂. Becandaaaa!

Sobat tidak sendiri, seperti diawal tadi saya tuliskan, saya juga "pernah" melakukan cara diatas, namun tetap kena KICK on the ass. Patah hati dong saya😌 makanya saya lama gak pernah utak utik lagi si iMessage ini. Namun suatu pagi, rasa penasaran menghampiri lagi. Saya ulangi langkah diatas, tentunya dengan generate baru, sebelumnya di Apple ID saya aktifkan "Two Step verification bla bla.." (entah ada hubungannya atau tidak), BOOM! iMessage dan Facetime aktif di hackintosh saya, oyeee!

mojave_agus
Ajaibnya, iMessage dan Facetime aktif

Jadi, apabila gagal pada percobaan pertama, silakan sobat coba ulangi lagi langkah diatas dengan penuh keyakinan☺️. Trus kedepan nya bagaimana? Apakah cara ini "future-proof"? Kita sama-sama tidak tau sob, berdoa saja Apple gak galak lagi. Sejauh ini sih sudah beberapa minggu aman-aman saja iMessage dan Facetime di macOS sejuta umat a.k.a hackintosh way. So, apakah sobat juga sudah berhasil mengaktifkan iMessage dan Facetime di hackintosh nya??? Silakan share pengalamannya di komentar yah, hehe. Jangan lupa, apabila sudah berhasil aktif, lakukan backup terhadap config tadi, ntar kalo hilang, capek uyyy generate baru lagi.

Baiklah, kiranya sekian dulu share dari saya. Apabila ada salah info dan kata, ya maaf. Apabila sobat masih kurang paham juga dengan cara diatas, ya maaf. Wassalam. For education purpose only! Not for commercial use! Do with your own risk, folks!
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts