13 Okt 2019

Hackintosh Catalina 10.15 Final Acer V5-471G

Setelah sebelumnya disini saya sudah sukses mencicipi versi Beta dari macOS Catalina 10.15, sekarang saya sukses lagi loh mencicipi versi final nya😁. Yup, beberapa hari yang lalu Apple secara resmi telah merilis versi final dari penerus macOS Mojave 10.14 ini. Baru bisa mencicipinya sekarang nih, karena banyak kesibukan sob.

catalina_beta
macOS 10.15 Catalina. Image credit: macrumors

Dengan size baru sebesar 8GB-an yang biasanya cuma 5GB-an, fitur baru (setau saya) yang ada pada versi macOS kali ini cukup signifikan, diantaranya pake iPad sebagai layar kedua, porting aplikasi iOS ke macOS juga semakin mudah bagi developer (Project Catalyst), screensaver baru, ScreenTime, Find My, Apple Arcade, pembaruan pada fitur Accessibility dan pelbagai fitur baru lainnya yang signifikan (duh! sudah ditulis tadi).

Selain itu, yang sudah kita ketahui, kita harus mengucapkan farewell kepada aplikasi old alias aplikasi 32bit. Apple (arogansi?) secara resmi mematikan dukungan untuk aplikasi tersebut di macOS Catalina, setelah sebelumnya sudah di kisi-kisi kan pada macOS Mojave. Yah, mau gak mau kita harus move-on sob ke aplikasi yang versinya lebih baru. Padahal you know lah, terkadang update dari aplikasi tertentu bukannya tambah bagus malah makin amsyong😅.

Yang juga jadi sorotan ialah pensiun nya iTunes. Apple menggantinya dengan layanan baru; Apple Music, Apple Podcasts, dan Apple TV. Little surprise kali ini partisi sistem juga dibagi dua. Yang pertama partisi Data, ia bisa Read & Write, dimana kita memasang Aplikasi, pelbagai Dokumen, dll. Yang kedua partisi sistem yang dikunci, ia hanya bisa Read Only, kita perlu "tenaga extra" bila ingin melakukan modifikasi, tidak seperti ketika di macOS Mojave.

Tapi tak apa lah, yang penting laptop (g)old saya masih bisa menjalankan macOS versi terbaru, hehe. Saya bilang disini macOS Catalina cukup stabil untuk ukuran laptop jadul macam ini. Tapi saya harus sadar diri, tidak bisa juga semena-mena menjalankan task super berat, bisa meleleh ni laptop. Dan berikut saya "pamerkan" sedikit, bagaimana macOS Catalina berjalan pada Acer V5-471G, check these out:

login_screen
Login Screen macOS Catalina

app_store
App Store

disk_utility
Disk Utility. As you notice, disini partisi sistem terbagi dua, yang satu Read Only dan yang lain (Data) untuk keperluan (Aplikasi, Docs, dll)

catalina_launchpad
Launchpad

music
Apple Music (bersama dengan Apple Podcasts & Apple TV). iTunes "zombie" I guess😁

notif_center
Notification Center

safari
Apple Safari Browser

screentime_catalina
Screentime, "digital wellbeing" nya macOS😅

siri_catalina
Neng Siri

spotlight
Spotlight, search center.

Dan berikut konfigurasi umum (khusus?) untuk Acer V5-471G:

1. Processor Core I5 3317U/Core I3 3217U 1.7GHz turbo boost up to 2.6GHz Ivy Bridge, native support. Patch AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan drop SSDT supaya dapat speedstep.

2. Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image.
Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", untuk patch HD4000 biar bisa jalan VGA pake kabel bawaan saya belum coba sob, udah terlanjur beli converter soalnya😉.
*Bagi yang mau utak atik display dengan EDID, ini sudah saya "ekstrak"-an info EDID buat display nya, lihat disini.
*Banyak penyakit hackintosh, salah satu nya adalah tak mengenali "merk" monitor kita(ya iyalah, lagian siapa suruh install di system non Apple, wekaweka). Untuk mengatasi tersebut, saya punya fix nya, silahkan download file disini, ekstrak lalu copy folder tersebut ke /System/Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Nanti merk "unknown" nya berubah jadi "Color LCD", lumayan.

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated) atau disable via DSDT. Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai dan meng-ademkan laptop.

4. Chipset HM77 jalan.

5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x, another kind of ALC269), pake VoodooHDA. Atau saya disini pakai AppleALC.kext, dan inject alc-layout-id 28 dan apple-layout-id 5 di DSDT, kembalikan AppleHDA.kext ke yang asli nya(vanilla) bukan versi patch, sound input dan output work very well.

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx.kext.

7. Login ke Store/iCloud lancar. iMessage/Facetime gak tau dah, belum dapat sumbangan ROM dan MLB😜

Update:
Somehow, iMessage dan Facetime akhirnya bisa jalan😅 Selengkapnya bisa sobat kunjungi disini caranya.

imessage_catalina

8. Webcam dan USB 3.0 work gak pake kext.

9. Battery works pake ACPIBatteryManager.kext atau pake plugin kext nya VirtualSMC.

10. Wifi, impossible, ga jalan...😌 --> paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work! Atau replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya (dan Pin51 jika combo dengan BT), biar gak di block BIOS.

Update:
Akhirnya Wifi card bisa jalan😍, tinggal replace pake kext ini: Atheros Unsupported. Perlu juga melakukan rollback kext IO80211Family.kext ke versi Mojave, kalau enggak ya gak bisa jalan. Unstable, tapi cukup membantu lah.

11. Card reader, ga jalan! (Workaround pake kext ini disini, very unstable)

12. Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2Controller.kext, ingat pake versi yang terbaru, kalau enggak enjoy the KP.

13. Bluetooth works OOB!

14. Untuk masalah shutdown yang malah jadi restart, penyebab nya adalah USB 3.0. Jadi kita perlu "defer" USB 3.0 agar masuknya "lewat" port USB 2.0. Nah dalam versi sebelumnya, saya menggunakan kext GenericUSBXHCI.kext plus bootflag "-gux_defer_usb2 -gux_no_idle" biar bisa defer ke USB 2.0, sekarang itu gak bisa lagi sob. Untuk mengatasinya sobat perlu install "FakeCPIID_XHCIMux.kext", dan tadaaaa berhasil men-defer USB 3.0 ke USB 2.0, so si laptop bisa shutdown dengan benar.

15. Restart dan Sleep work!

catalina_final
macOS Catalina 10.15 Final di Acer V5-471G

Oke sob, sekian dulu ya dari saya. Dan selamat mencoba juga untuk menjajal macOS Catalina di laptop sobat. Apabila ada salah kata atau info, ya maaf😌. Do with your own risk! Wassalam.

Update 03/11/2019:
Sukses update ke macOS Catalina 10.15.1

catalina_aguys
macOS Catalina 10.15.1 update.

Update 16/12/2019:
Sukses update ke macOS Catalina 10.15.2

10152_agus
macOS Catalina 10.15.2 update.

Update 01/02/2020:
Sukses update ke macOS Catalina 10.15.3

catalina_agus
macOS Catalina 10.15.3 update.

Update 28/03/2020:
Sukses lagi update ke macOS Catalina 10.15.4

catalina_agus
macOS Catalina 10.15.4

Update 31/05/2020:
Suskes update ke macOS Catalina 10.15.5

catalina_10155_agus
macOS Catalina 10.15.5

Update 19/07/2020:
Sukses update ke macOS Catalina 10.15.6! Mungkin ini adalah update major terakhir untuk macOS Catalina.

catalina_10156_agus
macOS Catalina 10.15.6

Update 27/09/2020:
Ups, ternyata masih ada update lagi sob, sukses update ke macOS Catalina 10.15.7.

catalina_agus
macOS Catalina 10.15.7


Utak-atik untuk macOS Catalina pada laptop ini has been discontinued, beralih utak-atiknya disini sob!
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

49 komentar

mas boss buat tutorial fix wifi dong. sekalian file yang dieksekusi ya hehe
terimakasih sebelumya :)

Balas

Wah kalo wifi, tergantung chip nya. Tapi atheros udah dihapus Apple di Mojave sampai Catalina, tinggal broadcom. Bisa diakali sih yang atheros, coba cari di Olarila Forum.

Balas

numpang bagi trik
driver vga old Mojave Pc intel

https://www.youtube.com/watch?v=P_L52EiWqZo

Balas

punya mas agus wifi-nya pake "atheros ar5bwb222" bukan? kalo sama tolong minta patch/kext yang work dong, terimakasih sebelumnya mas :)

Balas

Diatas itu sudah saya sertakan link nya. Kalo di catalina perlu rollback kext IO80211Family.kext yg dari mojave

Balas

mas, bisa minta file clover efinya ndak?
mau tak compare sama punyaku
terima kasih

Balas

drive.google.com/open?id=1lGOQa69XE_hwkTeBwNCFJqjDKA4YMdPR

Balas

mas, kalo boleh nanya lagi, untuk atur key brightness di DSDT apa yg harus di replace ya? saya coba pakai ACPIDebug muncul Q1C & Q1D pas saya tekan fn + Arrow Left/right
saya agak bingung ini kalo di laptop Acer v5-471

Balas

mas mau nanya lagi :D
brightness key saya sudah bisa berkat contekan DSDT dari mas
yg jadi kendala di laptop saya tinggal smbios, ga mau masuk desktop selain pakai smbios MacBookAir6,2
kenapa ya mas?

Balas

Hapus bagian smbios di config, trus coba boot ke clover, lihat smbios yg di set default oleh clover, pake smbios itu

Balas

setelah saya hapus bagian smbiosnya, di clover ter-set default ke MacbookAir6,2 mas
selain pakai smbios itu ga mau boot, apa karena pengaruh BIOS saya ya? laptop Acer V5-471 (non-G)
mungkin karena saya update ke bios terakhir biar bisa pake UEFI, nanti coba saya downgrade bios, nyoba install pake Legacy Clover deh

Balas

Gak apa2 juga sih pae smbios itu. Mending tetap di uefi aja, v5-471g saya ini mentok di legacy, gak kebagian uefi.

Balas

pake smbios MBA6,2 malah jadi dapet fitur night shift, lumayan lah hehe
bukannya V5-471G dapet UEFI ya mas? ini laptop saya tadinya iseng update bios, kok kayak ga ada perubahan apapun, terus saya iseng lah bikin clover boot di Flashdisk, ku setting jadi UEFI Only, ternyata dia bisa, walau di entry menu BIOS gk muncul, tapi bisa boot ke clover UEFI, ke windows bikin installer pake rufus ke UEFI Only juga bisa boot, jadi walau ga ada tanda tanda uefi, tapi biosnya support uefi

Balas

Klo yg shipped pake Win8 emang dapat uefi, tp punya saya ini shipped pake Win7, mentok di legacy. Tapi clover bisa emulasi uefi kok, ini aja triple boot uefi mode semua.

Balas

V5 471G punya agan yg support UEFI ya? Atau masih pake V5 471G yang jadul? Trims gan

Balas

Btw... Berhasil nih gan, cuma install wifi nya gmn gan? Coz ana langsung install yang Catalina, bukan update dr Mojave. Jd ana gak pny driver yg dari Mojave... Apa ana harus install Mojave dulu baru bisa rollback?

Balas

Gak perlu, coba cek link yg ada dibagian berhasil wifi diatas, cek halaman-halaman terakhir, ada yg upload disitu. Tinggal ambil IO80211Family.kext nya dan taro patched AirPortAtheros40.kext buat AR9462 nya.

Balas

Pagi om, Kira2 Acer V5-132,spek masih standar pabrik,oke gak ya dipasang hackintosh?
Recom yg versi berapa?

Balas

Intel Celeron? Kalo itu perlu VGA external, karena VGA bawaan Celeron gak jalan.

Balas

ssalamu’alaykum, nice share mas. Bolehkah saya request untuk mas supaya bikin tutorial lengkap instal havkintosh dgn acer v5-471g di youtube. Serta bisa dilink-an bahan2nya. Pasti banyak yg nonton mas, sementara ini yg di youtube kadang tidak detil. Jd yg masih awam kaga paham. Demikian terima kasih.

Balas

Saya juga pengguna leptop g(old) persis seperti mas Agus hehe mohon tutornya

Balas

Sebelumnya terima kasih atas saran nya. Memang sedang rame video tutorial via Youtube. Sebenarnya ada sedikit rasa pengen juga sih bikin video tutorial, cuma yang jadi masalah, gak ada waktu masbro, hehe. Mudah-mudahan kedepan ada kesempatan.

Balas

Cara install kext itu gmn sih mas?maklum newbie

Balas

Taro aja di folder kexts bootloader di partisi EFI

Balas

Mas, sy awam soal Hackintosh, kira2 Lenovo B490 core I5 3230 VGA intel HD 4000, Ram 6GB, pake SSD 256GB msata, udh ke install win 10, bisa install Hackintosh gak? Bios saya skrg Legacy, rencana mau dual boot kalo emang bisa. Trims mas sukses blognya

Balas

Biasanya kalo Legacy MBR kan? Hackintosh zaman now perlu partition table GPT. Ubah dulu bro.

Balas

Halo Mas,
itu yang wifi bypassnya caranya gimana ya ? cuma diselotip aja ya gan, dibiosya gimana ya ?

Balas

Iya cuma selotip pin20 (kalo memang ganti wifi card). Di BIOS gak perlu diapa2in.

Balas

ini iso nya pake apa gan? saya coba boot yg Niresh Catalina, tapi setelah pilih install macOS Catalina nya di clover nya muncul console log banyak terus restart lagi dia

Balas

Saya gak pake iso, tapi pake USB installer, bikin dari installer Catalina nya langsung. Kalo mau pake distro macam gitu, pake Olarila aja.

Balas

Halo mas saya mau tanya Acer v5-471g dapat di upgrade ram maksimal berapa GB ?

Balas

Nah itu, saya bingung, sekarang di 2x4GB. Saya coba tambah 2GB+8GB stuck, 4GB+8GB stuck juga.

Balas

hallo gan sama pakai device yang sama dengan agan , posisi di mojave 10.14.1 ada update system apakah aman tidak ada karnel panic ??? mohon di bantu gan trima kasih

Balas

Sebelum update update dulu, Bootloader dan kext2 nya, pastikan terbaru. Setelah itu saya kira aman aja diupdate.

Balas

Mas saya juga pakai Acer V5 471G, tapi pakai intel HD3000 apa masih bisa pakai hackintosh ini?

Balas

Bisa, tapi akan ada "bug" di grafik, karena HD3000 sudah tidak didukung dari Mojave keatas. Lebih stabil di High Sierra.

Balas

bang mau tanya, gimana nasib exp gdc nya sekarang?

Balas

Masih aman jaya

Balas

Bang saya mau install versi Catalina ini, apakah saya bisa pakai file Efi punya Abang dan mengikuti tutorial di web opencore nya, Apakah akan berhasil?

Balas

Kecil kemungkinan berhasil, soalnya tiap laptop beda2 konfigurasi.

Balas

Tapi laptop saya setipe dengan punya Abang, Acer aspire v5 471g

Balas

Dicoba aja dulu, kalo gak cocok paling gagal boot macOS nya. Kadang biasanya, laptop tipe sama pun, gak selalu cocok.

Balas

pakai dongle wifi tapi ada tulisan no usb wifi plugin terus padahal driver sudah di isntal adakah cara lain

Balas

Setau saya dongle wifi juga agak "cerewet" di Mac. Cek apakah chipsetnya di dukung. Mudah-mudahan didukung dengan tool ini:

1. https://github.com/chris1111/Wireless-USB-Adapter
2. https://github.com/chris1111/Wireless-Ralink-Panel-Utility

Soalnya tool diatas paling stabil.

Balas

Kalau ketika instal hackintosh big sur ada tulisan This version of Mac os X is not supported on this flatform cara mengatasinya bagaimna? Terima kasih

Balas

Sepengalaman saya itu SMBios yang dipakai tidak didukung oleh Big Sur, coba ganti SMBios.

Balas

Sudah di ganti tapi muncul The update cannot be installed on this computer pas pilih hardisk untuk instal macos nya

Balas

Ada beberapa yg bisa dicoba:
Pake boot arg -no_compat_check
Reset NVRAM
Ubah tanggal ke tanggal rilis Big Sur
Kalau pake Opencore cek config pake OCValidate siapa tau ada error

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts