18 Apr 2023

Hackintosh Ventura 13 Final Di Acer V5-471G

Salam sobat. Bertepatan pada hari ke-27 bulan Ramadan kali ini akhirnya saya ada waktu untuk oprak-oprek kembali laptop (g)old. Setelah sebelumnya saya berhasil memasang macOS Ventura versi Beta pada postingan disini, kali ini saya sukses lagi install versi Final nya. Sangat, sangat telat sih, dikarenakan ada beberapa kendala yang membuat saya berpikir dua kali memasang macOS Ventura di laptop (g)old ini. Apa itu? Saya uraikan dibawah.

ventura_agus

Sebenarnya macOS Ventura masih bisa berjalan mulus di laptop ini, namun seperti kita ketahui Apple semakin beringas mengakhiri dukungan untuk perangkat lama. Mulai dengan "dead" nya DYLD Cache non-AVX2, dead legacy Wifi card, dan dead Intel HD 4000. Dead nya DYLD Cache non-AVX2 di Ventura ini akan membuat crash jika Ventura dijalankan di platform Ivy Bridge kebawah. Untungnya, DYLD Cache untuk Rosetta di Apple Silicon masih menggunakan non-AVX2, jadi kita bisa comot dah. Awal-awal, kita harus manual ripping DYLD Cache dari Apple Silicon, ribet pokoknya. Hokinya, CryptexFixup hadir. Ia akan membantu kita memasang non-AVX2 DYLD Cache secara otomatis tanpa harus manual ripping dari Apple Silicon.

Satu lagi, yang membuat saya menyerah adalah CPU Power Management. Apple telah menonaktifkan dukungan X86PlatformPlugin (legacy Power Management) pada Ivy Bridge di beberapa versi macOS lalu. Sebagai gantinya, pada macOS Big Sur ACPI_SMC_PlatformPlugin dipakai untuk CPU Power Management. Sejak macOS Monterey 12.3+, Apple menghilangkan "plugin-type check" dalam X86PlatformPlugin, jadi plugin akan termuat otomatis. Nah, pada macOS Ventura ini yang ribet, ACPI_SMC_PlatformPlugin dihapus, jadi SSDT-PM yang dipake untuk plugin-type=0 tidak bisa "attach" ke plugin yang dihapus tadi.

Apa dampaknya? CPU Power Management jadi adios alias dead (tanpa Turbo States). Berbulan-bulan saya berusaha mengakali, sampai muncul solusi yaitu menambahkan AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan AppleIntelCPUPowerManagementClient.kext dari versi Big Sur, katanya ini akan mengembalikan dukungan legacy Power Management. Tetapi, "quirk" OpenCore untuk mengatasi CFG-Lock belum berjalan baik, maka menambahkan kext tersebut bakal memancing kernel panic. Sampai dengan postingan ini saya tulis, belum ada update OpenCore untuk mengatasi "quirk" ini. Jadi, kita perlu manual menonaktifkan CFG-Lock di BIOS. Inilah kendala terberat, BIOS laptop (g)old ini tidak mendukung penonaktifan CFG-Lock (saya sudah cek daleman BIOS nya), mungkin perlu BIOS modding, entahlah. Akhirnya, berbulan-bulan saya menikmati macOS Ventura tanpa Power Management, hadeh.

Akhirnya dapat pencerahan, bahwa procie Ivy Bridge sebenarnya support "XCPM" (XNU CPU Power Management), namun Apple sengaja menonaktifkannya. XCPM ini masih didukung oleh macOS Ventura. Akhirnya saya menempuh jalur ekstrim, yaitu memaksa mengaktifkan mode XCPM di laptop ini. Hasilnya? Boom, CPU Power Management kembali berjalan baik. Namun yah, setelah mencoba, sepertinya performa XCPM sebenarnya lebih buruk daripada legacy Power Management di procie ini (pantesan aja Apple nonaktifkan doi). Tapi ini masih lebih baik daripada tanpa Power Management sama sekali yang bikin panas dan boros baterai.

Setelah mencoba menerima kenyataan ini ๐Ÿ˜„, akhirnya saya putuskan untuk tetap lanjut memasang macOS Ventura versi finalnya (saya coba langsung ke macOS Ventura 13.3). Hasilnya? Berjalan dengan baik (kecuali wifi bawaan yang dead sejak Monterey), namun masih harus tetap disadari bahwa laptop (g)old ini sudah mulai ngos-ngosan, haha. Berikut sedikit pamer-pamer nya:

stage_manager
Fitur Stage Manager di Ventura.

sys_pref_agus
Tampilan baru System Preferences.

hd4k_agus
Masalah Grafik Intel HD 4000 yang sudah dihapus, masih bisa diakali dengan Legacy Patcher. Berjalan dengan sangat baik sob.

lauchpad_ventura_agus
Tampilan Launchpad.

about_ventura_agus
macOS Ventura 13.3 pada Acer V5-471G

Sepertinya memang, waktu-waktu "senja" untuk "hackintosh" makin dekat aja nih sob, hehe. Jadi nikmati aja tantangannya selagi bisa. Dan tidak lupa, dibawah ini adalah konfigurasi (umum?) untuk laptop ini ketika utak-atik di versi macOS Ventura:

1. Processor Core-i5 3317U/Core-i3 3217U 1.7GHz turbo boost up to 2.6GHz Ivy Bridge, native support. Namun Power Management jadi sedikit lebih ribet seperti yang saya ulas diatas. Selagi "quirk" OpenCore untuk mengatasi CFG-Lock belum berjalan, mengaktifkan XCPM jadi "mandatory" untuk laptop ini (dan mungkin laptop lain yang berjenis BIOS sama).
Update 26/04/2023:
Akhirnya yang ditunggu-tunggu telah tiba, hehe. OpenCore commit nomor 77d02b3 memperbaiki masalah CFG-Lock OpenCore di Ventura. Jadi, kita bisa kembali menggunakan legacy Power Management tanpa harus mengaktifkan XCPM. Tinggal inject AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan AppleIntelCPUPowerManagementClient.kext, done.

2. Intel HD 4000, kehilangan akselerasi karena driver sudah dihilangkan Apple di macOS Monterey lalu. Gunakan Legacy Patcher untuk mengembalikan akselereasi. Patch work 100%, full Quartz Extreme/Core Image/Metal versi 1.
*Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", untuk patch HD4000 biar bisa jalan VGA pake kabel bawaan saya belum coba sob, udah terlanjur beli converter soalnya๐Ÿ˜‰.
*Bagi yang mau utak atik display dengan EDID, ini sudah saya "ekstrak"-an info EDID buat display nya, lihat disini.
*Banyak penyakit hackintosh, salah satu nya adalah tak mengenali "merk" monitor kita(ya iyalah, lagian siapa suruh install di system non Apple, wekaweka). Untuk mengatasi tersebut, saya punya fix nya, silahkan download file disini, ekstrak lalu copy folder tersebut ke /Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Nanti merk "unknown" nya berubah jadi "Color LCD", lumayan. Ingat, pada macOS Monterey, volume sistem akan sangat sulit di utak-atik, karena Monterey sekarang akan boot ke "kriptografi APFS", jadi sulit bisa read/write di volume sistem. Jadi disini kita gunakan /Library saja.
*Ingat SMBIOS lama untuk prosesor Ivy Bridge sudah tidak didukung, jadi kita perlu menggunakan SMBIOS yang lebih baru untuk laptop ini. Atau jika tetap ingin pakai SMBIOS lama, lakukan patch pada "Booter" agar simulasi board agar terbaca VM, macOS versi apapun selalu jalan di VM kan?

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated) atau disable via SSDT. Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai dan meng-ademkan laptop.

4. Chipset HM77 masih jalan.

5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x, another kind of ALC269). Pakai AppleALC.kext dan inject alc-layout-id 28 dan apple-layout-id 5, kembalikan AppleHDA.kext ke yang asli nya(vanilla) bukan versi patch, sound input dan output work very well.

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx.kext.

7. Login ke Store/iCloud lancar. iMessage/Facetime gak tau dah, belum dapat sumbangan ROM dan MLB๐Ÿ˜œ

Update:
Somehow, iMessage dan Facetime akhirnya bisa jalan๐Ÿ˜… Selengkapnya bisa sobat kunjungi disini caranya.

imessage_catalina

8. Webcam dan USB 3.0 work gak pake kext.

9. Battery works pake plugin kext nya VirtualSMC.

10. Wifi, impossible, ga jalan...๐Ÿ˜Œ --> paling simpel+murah, beli aja Mini 150m Wifi usb dongle, work! Atau replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya (dan Pin51 jika combo dengan BT), biar gak di block BIOS.

Update:
Sampai Maret 2022 masih belum bisa jalan Wifi nya sob, so masih dead. Namun saya iseng ganti Wifi card pake AzureWave AW-CE123H, work Wifi+BT nya.

11. Card reader, ga jalan! (Workaround pake kext ini disini, unstable but usable)

12. Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2Controller.kext, ingat pake versi yang terbaru, kalau enggak enjoy the panic.

13. Bluetooth support dropped oleh Apple, dead juga. Ada yang bilang masih bisa sih, tapi entahlah saya belum utak-atik lebih jauh.

14. Untuk masalah shutdown yang malah jadi restart, penyebab nya adalah USB 3. Mapping USB dengan benar, bisa menggunakan berbagai utility, gampang banyak bertebaran.

15. Restart dan Sleep work!

Oke sob, sekian dulu dari saya ya. Dan selamat mencoba juga untuk menjajal macOS Ventura di laptop sobat. Apabila ada salah kata atau info, ya maaf๐Ÿ˜Œ. Do with your own risk! Wassalam.

Share:

Merasa terbantu? Donate:
Disqus
Blogger
Choose comment platform

3 komentar

Mas...mohon berkenan share efi-nya. Saya pingin coba Ventura di Acer V5-471 saya..

Balas

https://drive*google*com/file/d/1GlHQICHJgGmXA79ydkD9JBZ6-IO-ZHjX/view?usp=share_link

Itu tinggal update kext, dan tambahin kext cryptexfixup

Balas

izin sedot file om, maunyobain pake mac , terimakasih

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ๐Ÿ‘‰