23 Mei 2021

Akses "Advanced Menu" BIOS Tersembunyi Tanpa Modding

Berawal dari putus asa nya saya setelah mencari dan request sana-sini tapi tetap tidak menemukan pertolongan untuk memodifikasi BIOS dari laptop (g)old saya Acer V5-471G. Seperti kita tau, modifikasi BIOS memungkinkan kita untuk mengakses "Advanced Menu" yang sengaja disembunyikan vendor dengan alasan keamanan dan keselamatan. Kebetulan laptop ini dipersenjatai oleh Phoenix SecureCore Tiano BIOS, yang katanya paling super sulit untuk di modifikasi.

phoneix_bios
Phoenix BIOS. Image source: Eltan

Gak sengaja nemu topik di suatu forum hackintosh mereka dapat mengakses advanced menu BIOS yang tersembunyi lewat "EFI Shell". Wooahh, langsung disitu saya serasa mendapat pencerahan. Langsung saya berburu tool-tool untuk melancarkan aksi. Setelah mempelajari dengan seksama dan eksekusi langsung di laptop, sukses! Saya bisa mengakses menu tersembunyi di BIOS tanpa melakukan modding😍.

Seperti biasa saya akan share pengalaman mengakses menu tersembunyi BIOS menggunakan EFI Shell. Tapi sebelumnya, saya ingatkan meski kecil kemungkinan dapat merusak laptop, saya tidak bertanggung jawab kalau ada masalah yang ditimbulkan. Saya mengeksekusi ini pada Phoenix SecureCore Tiano BIOS (UEFI) laptop Acer V5-471G dan meskipun sesama Phoenix BIOS tiap vendor biasanya akan mengimplementasikan metode berbeda, jadi silakan sobat improvisasi sendiri yah😉. Buat BIOS lain mungkin bisa juga, cuma akan sedikit berbeda juga. So, kita hajar dengan resiko masing-masing:

Siapkan tool-tool berikut ini:

1. UEFITool
2. Universal IFR Extractor
3. EFI Shell
4. Aplikasi Notepad++ atau sejenis
5. Backupan (dump) BIOS sobat atau download langsung dari website resminya.

Disini contohnya saya akan mencoba untuk merubah pengaturan grafik untuk menonaktifkan Nvidia Optimus, dimana menu ini "disembunyikan" oleh Acer. Siapkan kopi dan cemilan, let's go:

1. Buka UEFITool, import dump BIOS sobat atau file BIOS dari website resminya.

uefi_tool

2. Karena tujuan awal mengganti setting grafik, kita lakukan pencarian di UEFITool dengan kata "graphics". Nanti akan muncul berbagai hasil. Karena biasanya pengaturan grafik ada di "Main Menu", maka kita cari DXE driver yang namanya ada kata "Main". Disini saya menemukan "OilSetupMainDxe.efi". Disini sih bagian agak sulit nya sob, kita harus memilah satu-satu DXE driver "Main" mana yang tepat.

3. Lanjut, kita akan mengekstrak DXE driver ini, klik kanan di "PE32 image section" pilih "Extract body". Simpan di tempat yang mudah sobat temui nanti hasilnya berupa .efi file.

uefitool

4. Buka aplikasi Universal IFR Extractor lalu buka file .efi yang baru di ekstrak tadi. Lakukan extract, kalau berhasil, nanti hasilnya berupa file text.

5. Buka text tadi menggunakan Notepad++ atau sejenis. Disini kita harus jeli, lakukan pencarian dengan kata "Graphics", dan kita pilah satu-satu:

ifr_text

6. Jika sobat liat gambar di nomor 5, boom! kita menemukan menu tersembunyi yang dimaksud. Di gambar itu juga, perhatikan yang saya garis merah, itulah yang perlu kita catat (variable dan value dari pengaturan tersebut). Variable 0x04 adalah menu grafik nya, value 0x00 adalah mode Integrated alias Intel HD Only dan value 0x03 adalah mode Switchable Nvidia Optimus.

7. Bikin bootable CD atau Flashdisk untuk EFI Shell. Lalu reboot laptop dan booting ke EFI Shell.

8. Sobat akan masuk Grub Shell. Karena tujuan kita mengakses menu grafik, maka eksekusi perintah: setup_var 0x04 lalu tekan enter. Akan muncul value (mode) default nya, disini adalah 0x03 yang artinya mode yang aktif di laptop saya adalah mode Switchable Nvidia Optimus.

default_var

9. Akan saya ubah mode menjadi Integrated, untuk itu eksekusi perintah: setup_var 0x04 0x00 lalu tekan enter.

integrated_var

10. Ketik reboot, maka laptop akan reboot. Done, alhamdulillah. Silahkan cek device manager, maka Nvidia Optimus akan hilang alias non-aktif via BIOS.

Gimana sob? Lumayan ribet sih, tapi lebih mending ini daripada modding BIOS yang menambah besar resiko brick nya BIOS laptop. Lalu untuk menu-menu lain gimana? Atau untuk laptop jenis lain? Bisa, tinggal sobat improvisasi dan rajin-rajin aja nyari di DXE driver seperti diatas, nanti akan ketemu aja menu tersembunyi yang ingin diubah. Pengaturan yang kita ubah tadi akan tetap tersimpan loh. Ia akan hilang jika sobat re-flash BIOS atau mengembalikan pengaturan default BIOS atau CMOS dead.

Note: Sebenarnya ada lagi tool yang lebih "advanced", sobat bisa pelajari disini. Dump BIOS untuk laptop jenis ini, disini.

Baiklah, sampai disini dulu sharing agak singkat dari saya sob, kalau ada salah kata dan data ya maaf. Do with your own risk, wassalam.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

2 komentar

Bang, bisa minta link dumb BIOS nya? Kebetulan laptopnya sama ma punya saya.

Balas

Done, ada di bagian akhir post.

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts