10 Agu 2018

Pengalaman Menggunakan VGA Eksternal Di Laptop

Beberapa tahun yang lalu, saya iseng berpikir bagaimana caranya memaksimalkan kinerja laptop jadul kesayangan saya ini (Acer V5-471G)? Nah sejak saat itu lah saya mengenal tool yang namanya EXP GDC. Tentu sobat sudah tahu dong dengan tool satu ini? Dengan tool ini, laptop bisa kita maksimalkan kinerja nya dengan memasang VGA eksternal (meski agak ribet sih😁). Namanya juga laptop, tentu komponen VGA di dalamnya tidak bisa kita ganti. Untuk itulah tool ini diciptakan untuk "mengakali" keterbatasan itu.

exp_gdc
EXP GDC

Sekarang kembali ke "cerita" saya. Setelah beberapa tahun berlalu sejak mengenal tool ini, kebetulan sekarang saya baru bisa mengeksekusi di laptop jadul saya ini, Acer V5-471G dengan spek:

- Intel Core i5-3317U
- 8GB DDR3 RAM
- HDD 1TB
- VGA bawaan Intel HD 4000 dan Nvidia GeForce GT 620M Optimus

Dengan spek begitu, mana bisa menjalankan game zaman now dengan smooth kan sob? Saya sudah coba menjalankan FIFA18, hasilnya cuma dapat 20FPS doang setting rata kiri, yang lebih parah PES2018 unplayable (lag parah). Dari segi prosesor kayanya masih bisa handle sob, namun VGA bawaanya yang bikin syedih😂. Namun cerita berbeda saat saya coba menggunakan VGA eksternal, hasilnya lumayan puas, FIFA18 bisa dilahap 50-60FPS setting rata kiri. Not bad, not bad, not bad!

Oh iya, saya menggunakan EXP GDC Beast 8.4 Mini-PCIe version duet sama PowerColor R7 240 2GB GDDR5, ditenagai dengan Power Supply 500W. Karena versi Mini-PCIe, untuk itu saya harus mengorbankan wifi card saya untuk digantikan slot nya, hehe. Tapi tak apa, toh kalo mau bawa laptop keluar tinggal cabut colok lagi aja wifi card nya😁. Berikut penampakannya di laptop saya (abaikan keberantakannya):

vga_eksternal_agus

vga_eksternal

Dan berikut penampakan kabel Mini-PCIe dari EXP GDC yang tertancap di slot wifi card:

vga_extern_agus

Apakah sobat tertarik untuk menggunakan VGA eksternal juga di laptopnya? Atau sobat punya laptop yang kayak saya dan pengen tau cara pasangnya? Baiklah bonusnya, disini akan saya kasih tau secara singkat cara pemasangannya.

1. Yang paling utama yang harus sobat cek sebelum memutuskan untuk menggunakan VGA eksternal ialah ukuran Tolud dari laptop kita. Cara mengetahui ukuran Tolud? Tenang banyak kok di mbah Google, hehe. Ukuran Tolud yang pas untuk dipasangin VGA eksternal ialah <=3.25GB. Kalau ukuran Tolud laptop sobat lebih dari itu, maka akan muncul error pada driver VGA nya. Masih bisa diakali sih, cuma sangat ribet sob😌.

2. Colok kabel-kabel power EXP GDC ke Power Supply (sobat bisa lihat di buku panduannya, jangan sampai kebalik). Lalu sobat pasang kabel Mini-PCIe nya EXP GDC ke slot wifi card di laptop.

3. Ingat, jangan colok dulu kabel tadi ke HDMI nya EXP GDC ya. Nyalakan dulu laptop sobat, dan masuk BIOS, ubah grafik yang awalnya "Switchable" menjadi "Integrated", save lalu matikan laptop. Baru sobat colok kabel tadi ke HDMI nya EXP GDC dan sobat bisa nyalakan laptop lagi.
Note: Kalau sobat langsung colok ke HDMI dan belum ganti settingan BIOS diatas, maka akan "bootloop"😁.

4. Ingat lagi, sobat perlu eksternal monitor ya, untuk bisa menggunakan VGA eksternal ini. Setelah nyala, colokan monitor ke VGA nya, kalau tidak ada maslah, nanti Windows akan mendeteksi VGA eksternal, cuma masih berupa "Microsoft Basic Display" apa gitu. Nah silakan sobat install driver dari VGA eksternal nya, lalu reboot.

5. Setelah reboot dan driver terpasang, sobat bisa atur apakah mau dual monitor (monitor laptop+monitor eksternal) atau pilih salah satunya. Di Device Manager, maka laptop sobat akan terdeteksi dual VGA (IGPU+DGPU).

vga_extern_agus

6. Berikut penampakan AMD Adrenaline Settings di laptop saya (soalnya saya pake R7 240).

vga_extern_agus

7. Done, sekarang bisa lahap game zaman now di laptop jadul sobat.

Gimana? Yah, meski rada ribet dan menghilangkan fungsi sebagai "laptop", tapi tak apalah, yang penting saya masih bisa menjalankan game-game zaman now di laptop (g)old kesayangan saya ini, hehe. Sekian dulu cerita pengalaman saya menggunakan VGA eksternal di laptop jadul dengan menggunakan tool EXP GDC ini. Kalau ada salah kata-kata mohon maaf, do with your own risk dan Wassalam😉.

Another testing:
Kali ini saya berkesempatan mencoba kartu grafik yang lain. Saya coba pasang Asus GTX 650 2GB GDDR5 128Bit dengan 6pin power.

gtx_agus

Setelah menghapus driver dari AMD sebelumnya, restart laptop, dan boom! Blank screen baik monitor laptop dan eksternal. Sempat bingung karna laptop bisa nyala normal tanpa EXP GDC (waktu pake R7 240 juga normal), ternyata setelah utak atik sana sini, solusinya cukup ribet. Saya perlu untuk ubah setingan BIOS berikut: enable grafik switchable->save setting->reboot->masuk BIOS lagi->disable lagi grafik switchable->save setting->reboot (nah saat laptop mati dalam keadaan reboot, sebelum nyala kembali, segera colokkan EXP GDC)->done, laptop nyala sempurna dan dapat menggunakan VGA secara normal.

gtx_acer_agus

Saya test beberapa game, yes! Lumayan dapat 60 FPS, ya iyalah GTX 650 > R7 240. Cuma PES2019 aja yang cukup rewel😁 cuma dapet 25 FPS. Tapi itu jauh lebih baik daripada VGA bawaan laptop jadul saya ini. Sekian.

Update:
Saya tes di hackintosh juga sukses:

catalina_aguys
macOS Catalina di VGA Eksternal


Another update:
Oke sob, baru-baru ini saya iseng upgrade BIOS laptop ini dari Legacy ke UEFI. Nah ternyata upgrade ini membawa dua masalah yang lumayan greget. Tapi tenang, ada solusinya kok, meski rada ribet, hehe.

Problem 1:
Setelah EXP GDC saya tancapkan di port mPCIe, BIOS tidak mengenali harddrive, sehingga muncul pemberitahuan "Operating system not found". Yang saya baca di forum-forum, ini disebabkan oleh BIOS yang tidak mengenali perangkat eGPU. Kesel lah saya, sebelumnya aman-aman saja kok waktu di Legacy. Dipikir-pikir, BIOS di upgrade bukannya tambah "pinter" malah tambah "bego"😀. Solusinya: jangan biarkan BIOS membaca kalau ada perangkat eGPU tertancap. Caranya: tancapkan Wifi card, nyalakan laptop tapi jangan sampai masuk Windows dulu, setelah splash screen BIOS hilang tekan F8 atau gimana pokoknya jangan sampai Windows ke-load (istilahnya, setelah BIOS tapi sebelum booting Windows), lalu cabut Wifi card tancapkan EXP GDC di port mPCIe (hotplug), lalu silahkan lanjut booting masuk Windows. Tips bagi sobat yang pake bootloader Clover/Opencore, lakukan "hotplug" pada saat tampilan bootloader muncul.

Problem 2:
Setelah berhasil masuk Windows, eGPU akan terdeteksi, namun kena error 12 alias kekurangan alokasi memori. Ternyata BIOS UEFI laptop ini sudah meng-implementasikan TOLUD diatas 3.25GB. Satu-satunya solusi yang paling mudah, ya lakukan modifikasi DSDT. Kebetulan saya sukses memodifikasi DSDT untuk mengatasi masalah TOLUD ini, dan VGA bisa terdeteksi kembali🤙.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

50 komentar

patut di coba neh..oya kmrin kira" abis berapa gan?

Balas

VGA R7 240 second= 500k
EXP GDC mini-PCIe= 500k

Balas

Mau nanya gan.. itu minitor externalhanya hanya buat instalasi pertama kali ato tiap mau pakai vga hrus pakai monitor?

Balas

Katanya bisa pake internal monitor, tapi lebih worth pake external monitor.

Balas

gan mau nanya kalau laptop yang bawaanya punya nvidia,bisa nggak pasang vga eksternal?? makasih

Balas

Bisa dong, laptop saya juga ada Nvidia Optimus nya. Sebelum pasang, disable dulu Nvidia nya.

Balas

emang kalo hobi, mengabaikan kerapihan. btw sangat inspiratif

Balas

Bang bisa bikin video nya kah? Upload YouTube, kebetulan laptop sama, cm blm berani utak atik klo tanpa video bimbingan, hehe, thanks

Balas

Sebelumnya terima kasih atas saran nya. Memang sedang rame video tutorial via Youtube. Sebenarnya ada sedikit rasa pengen juga sih bikin video tutorial, cuma yang jadi masalah, gak ada waktu masbro, hehe. Mudah-mudahan kedepan ada kesempatan.

Balas

Asus X452E bisa nggak pasang vga eksternal

Balas

Asus x201e bisa kaga bang?

Balas

Hitung aja TOLUD nya, kalo <=3.25GB bisa aja, asal ada slot mini-pcie.

Balas

<=3.25 GB dibaca lebih dari sama dengan 3.25 GB bukan bang takut salah persepsi

Balas

Kurang dari sama dengan om.

Balas

kalo tolud nya 8GB gmn ?

Balas

Dicoba nyalakan dulu, klo tetap error, baru pake metode DSDT override.

Balas

Bro, kalo pake GDC+VGA External itu kita maksimal bisa menggunakan berapa monitor, apakah lcd laptop masih bisa berfungsi dan juga 2 slot monitor dari external vga bisa digunakan sehingga total kita bisa pake 3 monitor....

Balas

Kalo ditancepin ke VGA mungkin masih bisa banyak monitor. Tapi ane gak pernah nampilin ke LCD laptop, jd ke monitor terus.

Balas

Alokasi memori untuk hardware, maybe...

Balas

Bang kalau di konter2 komputer ada jasa pasangnya gk? Laptop saya compaq gatau merk apa intel i3

Balas

Wah kalo itu kurang tau ya. Coba aja bilang mau vga external, mau pasang di slot wifi gitu.

Balas

Ijin bertanya bang. Saya belum berhasil memasang exp gdc. Laptop saya sama cuma versi i3 ivy bridge, sya menggunakan eGPU gt730. Laptop saya tidak menggunakan egpu onboard dan di bios v.1.22 tdk ada pilihan setting Graphic. Saat dicolokan ke exp gdc tidak mau nyala baik PSU atopun Fan VGA. kira2 permasalahannya dmn ya bang? Terimkasih sebelumnya 🙏

Balas

Dugaan saya, koneksi kabel aja itu. Perhatikan apakah kabel exp tertancap baik di slot wifi, atau perhatikan kabel power dari psu ke exp nya.

Balas

psu dan docking exp gdc bisa nyala tanpa vga, tp kalo ditancapkan vga langsung off bang. slot mini pcie tidak bisa masuk keseluruhan krn sudah mentok bang, kalo dipaksa bisa masuk keseluruhan patah ga ya? 😁

Balas

Mentok maksudnya mentok casing atau gimana? Harusnya masuk ke slot keseluruhan sih layaknya wifi card. Itu kayak kurang arus.

Balas

iya mini pcie sudah mentok di slot wifi card bang, saya kira sudah pas si untuk mini pcie, untuk psu saya pake abal2 memang, bekas pc jadul tapi blm drop. kira2 di apanya lagi yg perlu dirubah ya bang?

Balas

Kalo ga salah ada switch ya sebeah kiri, coba ubah satu2 PWR atau ATX.

Balas

Klo jenis laptop yg gmn ya untuk bisa di pasangin vga eskternal

Balas

Yang ada slot wifi card nya dan kalo bisa ukuran TOLUD <= 3.25GB

Balas

mau tanya agan sudah perna coba pakai slot ngff belum? sy mau coba takut gk work gk nyala atau bentrok saat instal driver soalnya banyak di yutub permasalahan kyk gtu

Balas

Kebetulan laptop saya cuma ada slot mPCIe. Black screen itu biasanya terjadi di laptop yang ada Nvidia Optimus.

Balas

Permisi bang mau minta sarannya kalo procienya intel core i7 3517u base speed 2,4ghz up to 3,00ghz cocok gak kalo saya pake vga eksternal nya gtx 750ti?

Balas

Kalau i7 saya rasa masih cocok dan worth.

Balas

Maaf mau tanya bang, untuk vga nya sendiri boleh bebas kah atau vga tertentu aja yang "aman" untuk mayoritas laptop?

Terus TOLUD itu bener ga bang yang "Approx Total Memory" yang ada di menu display dxdiag?

Balas

Bebas sih, kalo menurut saya tergantung PSU yang dipakai juga tergantung spek laptop (biar gak bonek parah).

Kayanya bukan om, TOLUD dicek via Device Manager.

Balas

bang ane pake msi rx 560 4gb, trus ane colokin hdmi ke laptop bukan ke gpunya, soalnya klo colok ke gpunya gk kebaca, trus udh ane instal drivernya tpi di task manager rx 560nya jalan 0%, gk lama blue screen, pas ane nyalain lagi laptopnya gk kebaca lgi si rx 560nya, Harus install ulang driver tpi nanti 0% lagi, ada solusi bang?

Balas

hdmi ke laptop bukan ke gpunya, maksudnya?

Balas

sudah bisa bang, ane cobain semua driver sampe nemu yg normal, udh ane coba main witcher 3, tpi setelah sekitar 1 jam muncul blue screen, setelah itu muncul error code 12 not enough resource, apa perlu install diy egpu by nando bang?

Balas

Pernah "not enough resource" juga, biasanya saya coba kencangkan pasang ke slot wifi nya, klo masih coba longgarkan, pokoknya trial and error lah sampai hilang error-nya (sepertinya ada pin yang gak kena di slot). Klo masih di legacy ganti ke mode uefi biosnya. Klo bisa pake monitor external. Masih error 12 juga, coba sebelum pake Diy egpu, pake metode DSDT override. Langkah terakhir diy egpu...

Balas

udah ane coba pake metode dsdt override, blum tau berfungsi atau gak, soalnya pas mau install driver lgi dpt pop up (amd software detected that the display driver has failed) pas ane cek di device manager gpunya error 43, klo liat cara di yt harus flash bios gpu emng bener gitu bang?

Balas

Laptop keluaran terbaru kayanya sudah dynamic tolud, gak perlu dsdt sih (kayanya). Terlalu risky sih klo harus flash vbios. Uninstall driver pake DDU kan? Atau check disk Windows, siapa tau ada corrupt (jaga2 aja sih).

Balas

Mas saya pake asus x450Lcp, windows 10, gpu saya hd 7870 kebaca didevice manager, Microsoft basic display adapter tapi error 31 terus, saat saya install driver hd 7870 baru berjalan 60-70% layar laptop freeze hang, begitu trus, udh coba banyak versi driver dari yg lama sampe paling bru tetap begitu, gmn ya atasinya?������������

Balas

Ada banyak kemungkinan sih, ini yang biasa saya lakukan klo ada error:
1. Periksa arus PSU, stabil tidak.
2. Periksa koneksi slot pcie, kalo terlalu dalam muncul error, coba longgarkan sedikit, begitu sebaliknya.
3. Kalau dual gpu, matikan dgpu bawaan laptop, nyalakan igpu nya aja.
4. Display ke monitor external, kalau diarahkan ke display laptop bikin bottleneck.
5. Jaga-jaga aja, coba cek disk pake chkdsk.

Balas

Halo mas, kasus saya os not found, mau pake trik hotplug tapi bootingnya sangat cepat, pencet f8 tidak respon langsung nyelonong ke windows, apakah ada trik yang lainnya.

Balas

OS not found setau saya gak detek hardisk, mungkin bios nya ke reset? Atau klo booting terlalu cepat matikan fast startup di settingan.

Balas

exp gdc maximal baca ddr berapa saya mau beli vga ddr6? ada yang tau

Balas

That's good question, haha. Kalau yang lain ada info bisa share. Tapi sepertinya exp gdc "hanya peduli" interface pci aja deh, "gak peduli" sama jenis memori vga, tapi itu hanya asumsi saya saja.

Balas

yang intel ga ribet buat exp gdc, ga kaya amd apu, lumayan ruwet, ane punya lenovo g40-45 AMD A8-6410 ngff, tolud 3.5gb, plug n play ga perlu ada yang di disable, windows 10 x64, masih bisa pake egpu, cuma masalahnya untuk nvidia sebaiknya pake yang kepler ato maxwell, dan install driver yang DCH, jangan yang fermi, ane bsod terus, kalo untuk AMD, harus satu generasi sama apu nya, ane punya GCN 1, jadi maximal pake GCN 3 egpu, baru bisa, kalo di atas itu kedetect tapi ga bisa install driver

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts