1 Okt 2017

Cara Install Hackintosh High Sierra Di Acer V5-471G

Setelah beberapa bulan melewati berbagai versi Beta, akhirnya seminggu yang lalu Apple merilis versi final dari macOS 10.13 High Sierra. Sebelumnya disini, saya berhasil memasang sang penerus macOS Sierra ini beberapa saat setelah Apple merilis versi Beta pertamanya. Lantas apakah di versi final ini masih bisa kita "hackintosh"-in di laptop jadul saya ini?🤔

10.13_agus
macOS 10.13 High Sierra final release.
Syukurnya masih bisa dong sob, tentu dengan trik-trik yang mesti diperbaharui dari versi sebelumnya. Thanks untuk para "hackintosh developer" di luar sana yang sampai dengan sekarang, masih setia memperbaharui trik-trik tersebut, hehe, meski main kucing-kucingan dengan sang "Juragan Apple". Baiklah tanpa perlu bertele-tele, langsung saja saya share pengalaman saya memasang macOS 10.13 High Sierra di laptop Acer V5-471G saya yang (g)old ini.

Persiapan

1. Siapkan cemilan dan kopi, hmmmm😉

2. Emmm gimana ya? Beda dengan versi macOS sebelumnya dimana sangat gampang bikin USB Flashdisk installer untuk BIOS Legacy dan MBR partitioned.

3. USB Installer dan MBR patch untuk High Sierra (bagi yang masih pake MBR).

4. Untuk kext-kext, sama saja seperti Sierra, TAPI usahakan cari versi yang paling baru.

5. Partisi untuk macOS High Sierra.


Pemanasan

1. Ingat sob, bagi pemula cari tau dulu tentang Hackintosh ya! Serius nih!

2. Cari tau mekanisme pembuatan installer bagi pengguna MBR! Sebelumnya di versi Beta, disini, saya hanya menggunakan Core.pkg untuk pemasangan, namun sayang cara terseut tidak jalan untuk versi final ini.

Update:
Sobat juga bisa baca disini tentang cara membuat USB Installer macOS High Sierra untuk partisi MBR.

3. Cari tau juga tentang SIP(System Integrity Protection) ya! Penting nih buat ngoprek.

4. Lagi (opsional bagi yang gak mau pake Clover) cari tau fitur terbaru dari Chameleon Bootloader. Sekarang Chameleon sudah bisa patch kext dan kernel secara on-the-fly loh, hehe.


Pemasangan

Attention: Seluruh tutorial saya ini khusus buat V5-471G dengan spek Core I5-3317U/I3-3217U & Optimus Geforce GT 620M. Kalo untuk variant V5-471G yang lain mungkin sama saja caranya, cuma saya tidak menjamin DSDT/SSDT punya saya jalan di variant selain punya saya ini sob.

1. Jalankan USB Installer.

2. Apabila berhasil masuk GUI, arahakan ke partisi yang sudah kita siapkan sebelumnya untuk macOS High Sierra.

3. Kalau sobat membuat USB installernya baik dan benar (pastikan FakeSMC termuat), insya Allah proses pemasangan akan aman. Di sistem saya proses pemasangan perlu waktu 20 menit-an.

4. Anggaplah sobat berhasil masuk GUI, dan sobat akan langsung masuk ke bagian registrasi. Masukin username, dan next next aja.

5. Done, alhamdulillah.


Konfigurasi

1. Processor Core I5 3317U/Core I3 3217U 1.7GHz turbo boost up to 2.6GHz Ivy Bridge, native support. Patch AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan drop SSDT supaya dapat speedstep.

2. Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image.
Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", untuk patch HD4000 biar bisa jalan VGA pake kabel bawaan saya belum coba sob, udah terlanjur beli converter soalnya ;-).
*Bagi yang mau utak atik display dengan EDID, ini sudah saya "ekstrak"-an info EDID buat display nya, lihat disini.
*Banyak penyakit hackintosh, salah satu nya adalah tak mengenali "merk" monitor kita(ya iyalah, lagian siapa suruh install di system non Apple, wekaweka). Untuk mengatasi tersebut, saya punya fix nya, silahkan download file disini, ekstrak lalu copy folder tersebut ke /System/Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Nanti merk "unknown" nya berubah jadi "Color LCD", lumayan.

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated) atau disable via DSDT. Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai. CPU jadi dingin sob, saya pernah sampe 38 derajat celcius...;-)

4. Chipset HM77 jalan.

5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x, another kind of ALC269), pake VoodooHDA yang 2.8.2d6. Atau saya disini pakai AppleALC.kext, dan inject layout id 11 di DSDT, kembalikan AppleHDA.kext ke yang asli nya(vanilla) bukan versi patch, sound input dan output works very well.

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx.kext.

7. Login ke Store/iCloud lancar. iMessage/Facetime gak tau dah, belum dapat sumbangan ROM dan MLB 😜

8. Webcam dan USB 3.0 work gak pake kext.

9. Battery work pake ACPIBatteryManager.kext.

10. Wifi, impossible, ga jalan...:-( --> paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work! Atau replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya (dan Pin51 jika combo dengan BT), biar gak di block BIOS.

Update 15/10/2017:
Akhirnya Wifi card bisa jalan😍, tinggal replace pake kext ini: Atheros Unsupported

11. Card reader, ga jalan! (Workaround pake kext ini disini)

12. Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2Controller.kext, ingat pake versi yang terbaru, kalau enggak enjoy the KP.

13. Bluetooth, work OOB!

14. Untuk masalah shutdown yang malah jadi restart, penyebab nya adalah USB 3.0. Jadi kita perlu "defer" USB 3.0 agar masuknya "lewat" port USB 2.0. Nah dalam versi sebelumnya, saya menggunakan kext GenericUSBXHCI.kext plus bootflag "-gux_defer_usb2 -gux_no_idle" biar bisa defer ke USB 2.0, sekarang itu gak bisa lagi sob. Untuk mengatasinya sobat perlu install "FakeCPIID_XHCIMux.kext", dan tadaaaa berhasil men-defer USB 3.0 ke USB 2.0, so si laptop bisa shutdown dengan benar.

15. Restart dan Sleep works!

Yang hot kali ini adalah kita akan menyambut APFS(Apple File System) yang katanya akan menggantikan HFS+. Wesss, tenang sob, HFS+ masih bisa dipake kok, dan lagian katanya sih APFS optimalnya hanya di SSD, di HDD suram😜(saya masih setia dengan HFS+). Versi Metal untuk grafik yang didukung juga diperbaharui pada versi ini. Sobat bisa kunjungi situs Apple untuk melihat apa aja sih yang baru di macOS 10.13 High Sierra.

Dan seperti biasa, kurang afdol rasanya kalau saya tidak sertakan screenshot-nya, macOS 10.13 High Sierra berjalan mulus di laptop jadul saya ini:

10.13_agus
Layar login High Sierra.

10.13_agus
Seperti biasa, menyapa neng Siri dulu.

10.13_agus
Launchpad.

10.13_agus
Panel pengaturannya.

10.13_agus
Spotlight.

10.13_agus
Oprek mulu, hiburan bentar gan😉.

10.13_agus
Mac App Store.

10.13_agus
Browser Safari yang katanya dirombak abis.

10.13_agus
Widget.

10.13_agus
Ngaji dulu gan.

10.13_agus
Full Quartz Extreme and Core Image.

Ternyata masih bisa kita "hackintosh"-in sob, hehe. Kalau sobat mau coba juga, saya doakan sukses deh, mantep pokoknya dan happy hackintoshing yaw. Jangan lupa budayakan selalu do with your own risk. Oke sob, sekian dulu share dari saya, apabila salah kata mohon maaf yah, wassalam.

Update 05/11/2017:
Ada berita sedih bagi yang masih install di partisi MBR. Pada proses update macOS, dimana versi sebelumnya kita tinggal install update->proses instalasi berjalan->reboot->selesai, namun sekarang sudah tidak bisa lagi. Ini dikarenakan metode pemasangan update yang sudah dirombak total oleh om Apple(saya menduga, proses install update memerlukan partisi Recovery). Ini terbukti ketika saya berulang kali eksekusi update, selalu gagal. Nyerah? Hmmmm enggak dong😉 Ada satu cara alternatif untuk bisa memasang update, yaitu pasang High Sierra ke HDD external, lalu boot laptop ke High Sierra external tersebut dan eksekusi update pkg nya dari situ, arahkan pemasangan ke partisi High Sierra yang ada di HDD internal, done berhasil terupdate!😎 Meski ada notif pemasangan gagal, tapi setelah saya reboot, update terpasang kok.

installation_update_agus
installation_update_agus
macOS High Sierra 10.13.1

Update 02/01/2018:
Sukses update ke High Sierra 10.13.2. Cara update nya masih sama seperti diatas.

highsierra_agus
macOS High Sierra 10.13.2

Update 13/02/2018:
Sukses updated ke High Sierra 10.13.3!

highsierra_agus
macOS High Sierra 10.13.3

Update 01/04/2018:
Sukses updated ke High Sierra 10.13.4!

highsierra_agus_update
macOS High Sierra 10.13.4

Update 02/06/2018:
Sukses update ke High Sierra 10.13.5!

highsierra_agus
macOS High Sierra 10.13.5

Update:
Utak-atik untuk macOS High Sierra untuk laptop ini discontinued ya sob, saya alihkan ke macOS Mojave disini.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

24 komentar

Om, Buat tutorial dong untuk matikan Nvidia GPU lewat selain BIOS. Karena di Bios saya gk ada opsi untuk disable Nvidia nya.

Balas

Sudah banyak sih om yang bikin, contoh: http://www.insanelymac.com/forum/topic/295584-disabling-nvidia-optimus-card-on-all-laptops/
Tinggal kita sesuaikan, biasanya Optimus ada di DSDT bisa juga terpisah di SSDT.

Balas

ga ada link download high sierra nya yah gan

Balas

Banyak, search aja di google "high sierra direct link".

Balas

Hapus saja ketx yg berhubungan nvdia.. Termasuk iondrvsupport.kext

Balas

Inject layout id 11 di DSDT. Step ini saya asli belum faham. Tools apa saja dan bagaimana prosesnya. Ada link buat ngajarin katrok Hackintosh macam saya Om?

Balas

Mending pakai Clover aja inject audionya, di bagian Devices->Audio->Inject nya tulis angka 11 atau 3.

Balas

mas bro agus,QE/CI sdh jalan di intel 1st gen saya pakai laptop jadul compaq cq42 core i3 370M tapi unt lihat peta koq ga muncul ya gambarnya dan ga bisa nampilin chart 3D di keynote, page,numbers?ada solusi ga ya?msh banyak PR di brightness sleep bam work jg,vga out n hdmi blm jg bisa kasih rotor bro

Balas

Wah sepertinya menarik ini, High Sierra di hardware yang lumayan jadul adalah tantangan tersendiri, seru. Sudah coba ini? http://www.insanelymac.com/forum/topic/286092-guide-1st-generation-intel-hd-graphics-qeci/page-86#entry2505446

Balas

sdh bro kemarin memang belajar disitu aktifin QE/CI nya berhasilsih tp unt kondsi yg saya sebut chart 3D dan Maps putih saja trimakasih ya bro perhatiannya ada kontak yg bisa dihubungi unt share?

Balas

Udah pakai kext yang di post itu belum? Coba pakai itu apakah masih white?

Balas

Sdh bro agus yg null power management apa perlu diinstal juga?

Balas

Kalau bisa tanpa NullCPU, ya mending jangan.

Balas

maaf Mas agus aku numpang nanya nih aku juga punya laptop yang sama seperti mas agus cuma beda di nvidia optimus 710m
yang mau aku tanyain ketika mau masuk installan chameleon high sierra bootflagnya yang mas agus kasih tidak work ada tulisan ": Host-level exception raised: pid = 556,thread =0xb75b,exception type = 0xd,codes = {0),states = {0}
mohon bantuannya kang agus......

Balas

Coba ini: -v dart=0 darkwake=0

Balas

saya pake monitor kabel vga bukan HDMI apa bisa full QE/CI ya VGA nya..
SPEK :
CPU : Intel core i3 4150
Mobo : asrock b95m-dgs

Balas

Monitor tidak masalah. Yang penting Mobo ente ada output HDMI nya gak? Kalau ada, tinggal beli HDMI to VGA aja bro. Soalnya VGA Haswell gak bisa QE/CI kalo pakai output VGA di mobo.

Balas

kext wifinya yang mana ya ?

Balas

Ada di page 17 di forum itu

Balas

linknya mati gan, plis bisa email aja gak? leonardodiogo98@gmail.com

Balas

Bukan mati, tapi harus register/login dulu kalo mau download.

Balas

mau nanya nih mas agus saya acer v5 471g juga high Sierra punya setinggan supaya brightnessnya bisa di nain turunkan klo ada saya boleh tau settingannya ? makasih

Balas

Patch PNLF di DSDT, atau centang yg ada PNLF nya di clover configurator.

Balas

This article provides clear idea in favor of the new
people of blogging, that in fact how to do running a blog.

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts