Sunday, June 11, 2017

Cara Install Hackintosh High Sierra Developer Beta Di Acer V5-471G

Halo sobat, selamat berpuasa dulu nih saya ucapkan bagi kita yang menjalankan. Kebetulan beberapa saat yang lalu di pagelaran WWDC 2017 nya Apple, mereka mengumumkan penerus dari macOS 10.12 Sierra. Ya, Apple menamainya dengan macOS 10.13 High Sierra. Oh Apple, seriously? Tapi, terlepas dari apapun penamaannya, yang penting bagi saya itu, selama masih bisa kita "hackintosh"-in sudah mantap banget, hehe.

10.13_beta_agus
macOS 10.13 High Sierra

Tanpa pikir berkilo-kilo, saya langsung ubek-ubek mbah Google untuk download installer nya, maklum lah tak punya akun buat nyobain versi beta. Setelah dapat dan sukses terdownload langsung saya eksekusi di laptop jadul dan kesayangan saya, Acer V5-471G. Penasaran sob? Apakah masih bisa dipasang atau enggak ya? Untuk itu mari disimak pengalaman saya ini. Tapi ingat, ini masih versi Beta paling awal, tidak disarankan loh, hehe.


Persiapan

1. Puasa, gak ada cemilan!

2. Emmm gimana ya? Kali ini beda dengan versi Beta sebelumnya dimana sangat gampang bikin USB Flashdisk installer untuk BIOS Legacy, sekarang kita terpaksa tidak bisa menggunakan Flashdisk sob, perlu sediakan OSX/macOS yang sudah running dulu.

3. Siapkan partisi kosong untuk High Sierra, minimal 20Gb di primary jangan di extended/logical, dan format ke HFS+ atau APFS(kalau saya HFS+ aja dulu😉).


Pemanasan

1. Ingat sob, bagi pemula cari tau dulu tentang Hackintosh ya! Serius nih!

2. Untuk kext-kext, sama saja seperti Sierra, TAPI usahakan cari versi yang paling baru.

3. Seperti yang sudah saya kasih kisi-kisi diatas bahwasanya kali ini beda bagi yang masih pakai BIOS Legacy kaya saya ini. Sampai blog ini ditulis, kita masih belum bisa membuat USB Installer dengan metode restore, karena akan muncul peringatan bahwa Installer rusak terus. Sumpah ini bikin saya puyeng, kirain corrupt download-an saya, hehe.

4. Cari tau juga tentang SIP(System Integrity Protection) ya! Penting nih buat ngoprek.


Pemasangan

Attention: Seluruh tutorial saya ini khusus buat V5-471G dengan spek Core I5-3317U/I3-3217U & Optimus Geforce GT 620M. Kalo untuk variant V5-471G yang lain mungkin sama saja caranya, cuma saya tidak menjamin DSDT/SSDT punya saya jalan di variant selain punya saya ini sob.

1. Pada bagian persiapan diatas, pastikan partisi untuk High Sierra sobat sudah fresh.

2. Jalankan OSX/macOS sobat. Lalu mount "InstallESD.dmg" dari installer High Sierra, trus cari file "Core.pkg". Jalankan "Core.pkg" dan arahkan pemasangan ke partisi High Sierra kosong tadi, tunggu beberapa saat sampai selesai.

3. Setelah selesai, mount "BaseSystem.dmg" dari installer High Sierra, trus cari file "boot.efi", file itu ada di folder "/System/Library/CoreServices/". Copy file tersebut ke partisi High Sierra di folder "/System/Library/CoreServices/" nya juga.

4. Pasang Bootloader ke partisi High Sierra tersebut. Dan arahkan boot ke partisi High Sierra tadi pakai bootflag "-v dart=0 darkwake=0 rootless=0 kext-dev-mode=1" (tanpa kutip).

5. Pastikan kext "FakeSMC.kext" nya termuat sob, kalau tidak ya tidak bisa masuk GUI nya.

6. Anggaplah sobat berhasil masuk GUI, dan sobat akan langsung masuk ke bagian registrasi. Masukin username, dan next next aja.

7. Done, alhamdulillah.



Utak-atik dan kondisi

1. Processor Core I5 3317U/Core I3 3217U 1.7GHz turbo boost up to 2.6GHz Ivy Bridge, native support. Patch AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan drop SSDT supaya dapat speedstep.

2. Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image.
Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", untuk patch HD4000 biar bisa jalan VGA pake kabel bawaan saya belum coba sob, udah terlanjur beli converter soalnya ;-).
*Bagi yang mau utak atik display dengan EDID, ini sudah saya "ekstrak"-an info EDID buat display nya, lihat disini.
*Banyak penyakit hackintosh, salah satu nya adalah tak mengenali "merk" monitor kita(ya iyalah, lagian siapa suruh install di system non Apple, wekaweka). Untuk mengatasi tersebut, saya punya fix nya, silahkan download file disini, ekstrak lalu copy folder tersebut ke /System/Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Nanti merk "unknown" nya berubah jadi "Color LCD", lumayan.
*Oke, masalah display pref yang gak bisa dibuka di Sierra, sudah saya fix kan. Kita perlu meng-edit EDID dari display, dan berikut file yang bisa sobat download, disini. Ekstrak lalu copy folder tersebut ke /System/Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Ingat, file ini khusus untuk V5-471G dengan spek i5-3317U, HD4000, GT620M!

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated) atau disable via DSDT. Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai. CPU jadi dingin sob, saya pernah sampe 38 derajat celcius...;-)

4. Chipset HM77 jalan.

5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x, another kind of ALC269), pake VoodooHDA yang 2.8.2d6. Atau saya disini pakai AppleALC.kext, dan inject layout id 11 di DSDT, kembalikan AppleHDA.kext ke yang asli nya(vanilla) bukan versi patch, sound input dan output works very well. Pastikan gunakan bootflag "-alcbeta" (tanpa kutip) kalo gak, ya gak jalan.

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx.kext.

7. Login ke Store/iCloud lancar. iMessage/Facetime gak tau dah, belum dapat sumbangan ROM dan MLB ;-p

8. Webcam dan USB 3.0 work gak pake kext.

9. Battery work pake ACPIBatteryManager.kext.

10. Wifi, impossible, ga jalan...:-( --> paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work! Atau replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya, biar gak di block BIOS.

11. Card reader, ga jalan! (Workaround pake kext ini disini)

12. Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2Controller.kext, ingat pake versi yang terbaru, kalau enggak enjoy the KP. Tapi di System Preferences, Touchpad nya masih blank.

13. Bluetooth, work OOB!

14. Untuk masalah shutdown yang malah jadi restart, penyebab nya adalah USB 3.0. Jadi kita perlu "defer" USB 3.0 agar masuknya "lewat" port USB 2.0. Nah dalam versi sebelumnya, saya menggunakan kext GenericUSBXHCI.kext plus bootflag "-gux_defer_usb2 -gux_no_idle" biar bisa defer ke USB 2.0, sekarang itu gak bisa lagi sob. Untuk mengatasinya sobat perlu install "FakeCPIID_XHCIMux.kext", dan tadaaaa berhasil men-defer USB 3.0 ke USB 2.0, so si laptop bisa shutdown dengan benar.

15. Restart works! Sleep belum coba.

16. Aplikasi banyak tewas? Maklum masih beta tahap pertama, jalankan dulu perintah ini "sudo spctl --master-disable" (tanpa kutip) di Terminal.

Tak banyak berubah as always sob. Namun ya gitu, lelet. Jadi, sangat tidak dianjurkan untuk penggunaan sehari-hari! Yang hot kali ini adalah kita akan menyambut APFS(Apple File System) yang katanya akan menggantikan HFS+. Wesss, tenang sob, HFS+ masih bisa dipake kok, dan lagian katanya sih APFS optimalnya hanya di SSD, di HDD suram😜.

Oh iya, belum sip kalau saya belum share screenshot, enjoy:

10.13_dev_agus
App Store

10.13_dev_agus
Launchpad

10.13_dev_agus
Safari yang digadang-gadang oleh Apple pada versi ini adalah browser paling cepat di dunia!

10.13_dev_agus
Siri bila di versi Beta budek nya minta ampun.

10.13_dev_pref_agus
System Preferences

10.13_dev_agus
Testing video player.

10.13_beta_agus
Testing audio player.

10.13_beta_agus
Ngaji dulu sob😉!

10.13_dev_agus
Ini nih si APFS.

10.13_dev_beta_agus
Quartz Extreme/Core Image

Done, dan ternyata masih bisa kita "hackintosh"-in sob, hehe. Kalau sobat mau coba juga, saya doakan sukses deh, tapi ingat yah bukan untuk pemakaian sehari-hari, masih buggy banget soalnya. Jangan lupa budayakan selalu do with your own risk. Oke sob, sekian dulu share dari saya, apabila salah kata mohon maaf yah, wassalam.
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?