Saturday, January 21, 2017

Menjajal Lineage OS 14.1, Suksesor CyanogenMod

Halo sobat, akhir tahun 2016 yang lalu, kita para opreker Android digemparkan oleh berita mengejutkan. Yaitu berita tentang Cyanogen Inc., perusahaan yang memfasilitasi CyanogenMod memutuskan untuk menutup semua operasional nya. Itu artinya, semua pengembangan dan fasilitas untuk CyanogenMod juga "dipaksa" tutup. Yah sob, boleh dibilang, tahun 2016 akhir adalah "ajal" Android sejuta umat, CyanogenMod.

lineage_logo
Lineage OS
Namun sepertinya banyak orang yang tidak "rela" jika CyanogenMod harus berakhir begitu saja. Akhirnya dibentuk gagasan untuk suksesor Android sejuta umat ini. Dan mari bersama-sama kita sambut, Lineage OS! Sang suksesor CyanogenMod. Hmmm, seperti apa sih Lineage OS ini dibandingkan pendahulunya si CyanogenMod? Apakah akan ada perbedaan mendasar antar keduanya? TIDAK sob! Namanya saja yang berubah, tapi "dalem"-nya masih tetap CyanogenMod yang tercintašŸ˜‰.

Saya kira saya disini tidak perlu menjelaskan secara mendetail "dalem"-nya Lineage OS. Kalau sobat mau info yang terperinci mengenai Lineage OS, bisa langsung ke "sumur" nya disini. Dan alhamdulillah nih, device saya untung nya masih mendapat jatah untuk mencicipi OS satu ini. Kemarin, versi "unofficial" Lineage OS untuk device saya baru aja rilis, dan tanpa menunggu waktu banyak, langsung saya hajar to my (g)old devicešŸ˜„.

Berikut sedikit pengalaman saya menjajal Lineage OS di device saya:

lineage_agus
Home screen dipadukan dengan Pixel Launcher.

lineage_agus
Notif center.

lineage_agus
Quick Settings panel.

lineage_agus
Settings center.

lineage_agus
Settings center dengan Lineage Setting.

lineage_agus
Lineage OS Updater.

lineage_agus
Lineage OS on Moto G 1st Gen.

Nah, gimana sob? Gak ada perubahan kan? Masih sama seperti versi CyanogenMod sebelumnya, namun hanya namanya saja yang berubah. Boleh dibilang sih, Lineage OS ini versi "zombie" nya CyanogenMod, hehe. Oke sob, sampai disini dulu artikel sharing dari saya, wassalam.

Update 25/01/2017:
Finally, official build untuk Lineage OS sudah rilis. Namun ada beberapa hal yang mesti sobat ketahui jika ingin mencoba Lineage OS versi officialnya(tentunya kalau device sobat didukung secara official):

- Jika sobat dari ROM lain, maka mau tidak mau sobat harus melakukan Factory Reset sebelum memasang Lineage OS Official.

- Jika sobat dari official CyanogenMod 14.1, sobat tidak bisa langsung memasang Lineage OS yang nightly, karena data yang tidak kompatibel. Perlu dilakukan Factory Reset juga. Tapi jika sobat males buat Factory Reset, sobat masih bisa install Lineage OS tanpa harus kehilangan aplikasi. Namun sobat harus memasang Lineage OS Experimental (CM to Lineage Migration Build) terlebih dahulu, lalu biarkan boot normal. Kalau berhasil, sobat akan disuguhkan tampilan UI yang ada watermark nya.

lineage_agus
Lineage OS Experimental (CM to Lineage Migration Build)
Versi Experimental ini tersedia secara official di situs Lineage OS (sesuaikan dengan device sobat). Setelah berhasil boot, baru deh sobat bisa migrasi "full" ke Lineage OS official nightly.

- Jika sobat dari Unofficial build Lineage OS, sobat bisa langsung memasang yang nightly tanpa harus Factory Reset.

lineage_agus
Lineage OS Official Nightly.
Oke sob, enjoy Lineage OS! The new CyanogenMod. And do with your own risk!
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?