Tuesday, November 29, 2016

Mengatasi FIFA 17 PC Freeze, Stuck, Hang, atau Black Screen

Halo sobat, kali ini saya akan share pengalaman saya dengan game sepakbola terbaru keluaran dari EA, ya FIFA 17. Sebagai penerus dari seri FIFA 16, FIFA 17 dipersenjatai oleh peningkatan grafik, AI(engine) baru, fitur baru, dan juga tentunya size(ukuran) game😉. Ya seiring dengan bertambahnya fitur dan peningkatan grafik, ukuran FIFA 17 membengkak jadi sampai 30GB lebih, wow jauh meninggalkan saingannya, PES 2017. Dan memang harus saya akui bahwa FIFA 17 dengan segala kelebihannya jauh mengungguli PES 2017.

fifa17_agus
FIFA 17
Lantas dengan segala kelebihan tersebut apakah FIFA 17 terbebas dari masalah sistem? Oh tentu tidak sob dan benar saja, saya baru-baru ini mengalami masalah saat hendak memainkan game ini. Awalnya game ini berjalan tanpa kendala berarti di laptop saya, tiba-tiba pas lagi sore-sore mau main, eh malah freezing alias hang. Game nya memang bisa terbuka, tapi cuma muncul layar hitam(black screen lah bahasa keren nya), lalu freeze/hang untuk beberapa saat dan tiba-tiba crash atau close sendiri tanpa pesan error apa-apa, hmmmm.

fifa17_agus
FIFA 17 stuck/freeze/hang
Bagi pengguna prosesor Dual-Core murni sobat bisa menggunakan Extreme Injector, tapi laptop saya prosesor-nya sudah hyperthreaded, jadi tidak mungkin ini masalah prosesor. Saya asumsikan masalah pada VGA/GPU, lalu saya coba downgrade driver sob, karena memang driver VGA saya sudah terbaru, tetap saja masalah masih sama😪, entah apa gerangan ini? Saya sudah lakukan repair via Origin juga, tetap gagal. Oke, saatnya menjelajah forum-forum orang bule, tapi belum juga menemukan jawaban.

Karena frustasi, saya utak-atik lah dengan berbagai macam cara, mulai dari check hardisk sampai bersihin registry Windows. Dan secara tiba-tiba, game bisa dimainkan, laaaaah. Ini tentu membuat saya bingung, karena kebanyakan utak-atik, jadinya saya tidak tau, apa masalah yang menyebabkan game tersebut stuck sebelumnya. Dan ini juga membuat saya bingung, harus dimulai dari mana saya menulis cara mengatasi masalah tersebut di blog ini, hehe.

Yah daripada gak jadi nulis blog kan, jadinya disini saya akan jabarkan berbagai langkah yang saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, dan jika sobat mengalami masalah sama seperti saya, sobat bisa coba berbagai langkah berikut ini satu-persatu, syukur-syukur dapat membantu😉:

- Langkah satu, sobat coba check Hardisk, dengan perintah "chkdsk". Disini saya memang menemukan error filesystem di hardisk saya, dan otomatis diperbaiki oleh "chkdsk". Tapi disini game saya masih stuck.

- Langkah dua, bersihkan registry dengan aplikasi utility misal Ccleaner. Disini game saya masih stuck.

- Langkah tiga, rename folder FIFA 17 di C:\Users\username\Documents misal jadi "FIFA 17 bak". Lalu jalankan game FIFA 17 nya, kalau game berhasil jalan, berarti file save kita bermasalah atau corrupt, jadi mesti atur ulang lagi dah. Tapi bagi saya langkah ini masih stuck.

- Langkah empat, coba repair game via Origin, biasanya sembuh sob, tapi bagi saya masih stuck juga, hedeh lanjut.

- Langkah lima, khusus laptop dengan dual Graphic seperti saya(Intel HD dan Nvidia Optimus), override semua setting aplikasi supaya menggunakan discrete graphic, memang akan ada beberapa aplikasi yang crash dengan opsi ini, tapi disini kita cuma memancing saja. Dan benar saja sob, game saya bisa dimainkan lagi, yey! Lantas bagaimana? Kan ada beberapa aplikasi akan crash tuh? Tenang sob, pastikan game berjalan lancar dulu, save lalu tutup game FIFA 17 nya. Nah selanjutnya balikin lagi deh pengaturan graphic nya ke auto, done.

- Langkah enam, coba matikan antivirus atau buat exeption untuk game FIFA 17 nya.

fifa17_agus
FIFA 17 Start Play
Nah kira-kira begitulah berbagai langkah yang saya lakukan biar game bisa dimainkan lagi di laptop saya sob😃. Oke, sekiranya sekian dulu tips dari saya, apabila ada salah kata mohon maaf. Apabila ada langkah yang lebih gampang, bisa share ke saya sob. Wassalam.

Update:
Update driver Nvidia ke yang paling baru, sudah memperbaiki masalah ini.

Do with your own risk!
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

18 comments

Buka Nvidia Setting, buka pengaturan General nya, pindah dari auto ke Nvidia Optimus(sementara), kalau game bisa jalan, balikin lagi ke auto.

Balas

gan
1. kalo folder "origin" itu khusus fifa 17 origin ya bukan steampunks?
2. saya tiap maen the journey selalu eror " directx function erorr blaa blaa blaa"

itu napa

Balas

Yep Origin, masalah diatas pas main di laptop jadul ane, mungkin dipengaruhi hardware juga, soalnya main di PC pake hardware baru aman-aman aja(The Journey aman juga baik di laptop atau PC ane).
Untuk The Journey ane belum coba pake yang punya nya Steampunk, jadi belum tau deh.

Balas

Bang mau tanya pas ane mau Play fifa 18 demo gk bisa masuk, malah pas mau mau masuk for close

Balas

Kalau FIFA18 belum coba ane. Pake run as admin? Atau update driver?

Balas

Instal sdh sukses, pas masuk ke gamenya waktu tekan start langsung mati. Knp ya gan?
Thanks

Balas

Sudah coba pake run as admin? Pastikan VGA agan sesuai spek minimum FIFA nya. VGA laptop ane dibawah spek minimum, makanya sering muncul masalah kaya diatas :)

Balas

Fifa 18 saya bermasalah di save folder yg langkah 3 itu, solusinya gimana ya? Setiap mau main mesti delete save folder bru jalan, kalo ga ngefreeze di awal. Thx bro

Balas

Sudah coba run as admin bro?

Balas

gan pas skill game malah frezee

Balas

freeze gan pas di skill game

Balas

Ane juga sering freeze gan, maklum spek lepi pas-pasan. Biasanya kalau freeze, ane ubah di Nvidia setting jadi Performance.

Balas

kalau pas di setting resolusinya langsung krluar sendiri

Balas

Min ini knapa yah pas saya play fifa 17nya hanya loading namun tidak msuk kegame tidak keluar apa apa? Ini knapa yah?

Balas

Sudah run as admin? Atau mungkin setting nya corrupt?

Balas

bang mau tanya saya udah install fifa 17 dan fifa 18. tapi keduanya kagak bisa di buka gamenya(windownya pun gak muncul sama sekali) itu kenapa ya bang ? please minta solusinya dong

Balas

Pastikan di task manager FIFA nya running. Kalau running tapi enggak muncul gamenya, coba reset/hapus folder setting FIFA nya di Documents lalu jalankan lagi. Coba run as admin, kadang ini membantu. Kalau spek nya minimum atau dibawah minimun, setting semua grafik ke performance. Kalau procie murni dual core(tanpa hyperthread), mesti pakai bantuan "Extreme Injector" baru bisa dibuka game nya.

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?