26 Mei 2020

Ubah Instalasi Windows Legacy ke UEFI (MBR ke GPT)

Sekarang zaman-nya UEFI. Meskipun sistem Legacy masih bisa berjalan di zaman modern ini, tetap saja ada keterbatasan yang tidak bisa terpenuhi pada sistem Legacy atau kita sering sebut BIOS. Namun kali ini saya bukan bertujuan untuk membandingkan antara BIOS dengan UEFI. Saya disini akan share pengalaman mengubah instalasi Windows yang sudah terlanjur terpasang dengan sistem BIOS ke sistem UEFI tanpa perlu kehilangan data.

windows

Rupanya Microsoft memang ingin "memaksa" kita untuk berpindah ke UEFI, ya meskipun mereka masih mendukung sistem BIOS atau Legacy. Namun sepertinya Microsoft tidak mau terang-terangan memaksa kita. Lantas kenapa saya bilang memaksa secara diam-diam? Karena diam-diam juga Microsoft "menyisipkan" tool yang berguna mengubah instalasi Windows di sistem Legacy ke sistem UEFI (MBR ke GPT). Nama tool tersebut dikenal sebagai "MBR2GPT".

Tool ini mulai tersedia di paket Instalasi Windows 10. Dengan tool ini, kita bisa mengubah instalasi Windows kita dari Legacy ke UEFI tanpa perlu harus kehilangan data (yakin?). Karena penasaran saya juga sudah mencoba tool tersebut, dan memang beberapa kali saya ulang, data saya tetap aman (meski saya masih 100% belum yakin hehe). Windows yang sudah terpasang di Legacy (MBR) berhasil diubah ke UEFI (GPT) dan bisa berjalan dengan baik.

Penasaran? Mari kita simak:

1. Pertama, sobat harus punya DVD Installer Windows 10 atau ISO nya. Karena tool ini hanya tersedia minimal di Windows 10.

2. Lalu, silakan kita booting melalui DVD Installer tersebut. Biarkan sistem masih pada mode Legacy (BIOS), lalu pilih Recovery nya dan jalankan Command Prompt.

3. Setelah di command prompt, eksekusi perintah berikut: mbr2gpt /validate

mbr2gpt_agus

Perintah diatas untuk mem-validasi sistem dan disk kita.

4. WARNING: Meskipun berulang kali saya coba data saya tetap aman, tapi saya sangat sarankan backup dulu data-data penting! Jangan bilang saya tidak mengingatkan ya.

5. Lanjut, eksekusi lagi perintah berikut: mbr2gpt /convert

mbr2gpt_agus

6. Kalau tidak ada kendala dan sukses. Silakan reboot sistem, jangan lupa juga ganti dari BIOS ke UEFI di pengaturan firmware PC/Laptop.

7. Windows yang awalnya Legacy, sekarang sudah bisa full booting ke UEFI. Done, alhamdulillah.

Meskipun tool ini baru tersedia hanya di Windows 10, tapi ia masih bisa kok digunakan untuk mengubah instalasi Windows versi di bawahnya, misal Windows 7 atau Windows 8. Tentunya versi Windows harus yang x64 a.k.a 64Bit, kan mana bisa versi 32Bit booting ke UEFI. Versi Windows yang paling "tua" yang berhasil saya ubah adalah Windows Vista 64Bit, berikut penampakannya:

vista_agus

Cukup mudah kan sob? Kita tidak perlu capek-capek format sana sini, hehe. Tapi tidak ada salahnya jaga-jaga, backup data penting dulu sebelum eksekusi, saya doakan sobat sukses saat eksekusi. Sekian dulu dari saya, apabila ada salah kata mohon maaf. Wassalam.

Do with your own risk!
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts