4 Mar 2017

Cara Aktifkan Power Management Pentium G4560 Di Hackintosh Sierra

Pentium G4560 adalah "new budget king" dari Intel yang paling ditunggu oleh budget gamer tahun ini. Bagaimana tidak, dengan arsitektur Kaby Lake terbaru, Pentium kini sudah "naik" level dengan diaktifkannya fitur Hyperthread. Sangat cocok dengan perkembangan teknologi terbaru saat ini kan sob? Trus, bagaimana kabarnya Hackintosh pada platform Kaby Lake? Tenang, dari aroma sih, Apple juga akan menggunakan prosesor Kaby Lake ke depannya, jadi sudah bisa kita pastikan. Namun, bagi sobat yang udah gak sabar pengen nyobain Hackintosh di Kaby Lake, dengan fitur FakeCPUID kita sudah bisa menikmati Hackintosh.

g4560_pm_agus
Pentium G4560 Kaby Lake power management on Hackintosh Sierra

Pada seri Intel Core Kaby Lake, dengan menggunakan FakeCPUID nya Skylake, sobat sudah bisa menjalankan Hackintosh Sierra, tentunya dengan Clover Bootloader terbaru. Saya kira tidak perlu menjelaskan panjang lebar bagaimana cara kerjanya, nanti out of topic lagi, wong kita bahasnya Pentium kok, hehe. Saya sudah mencoba eksekusi Hackintosh Sierra 10.12.3 di build Pentium Kaby Lake saya, tepatnya Pentium G4560, dan berikut spek singkatnya:

- Prosesor Pentium G4560 3,5GHz (2 cores/4 threads) Kaby Lake
- Motherboard Biostar H110MH Pro D4
- RAM Dual Channel 2x4GB DDR4 2133MHz
- HDD 1TB SATA3 7200rpm
- Sapphire Radeon RX 460 2GB OC
- Realtek Audio ALC887-VF
- Realtek LAN 8111

Awalnya saya juga menggunakan FakeCPUID nya Skylake, eh ternyata gagal. Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan FakeCPUID nya Ivy Bridge lagi deh. Setelah menunggu harap-harap cemas, boom! akhirnya bisa masuk desktop, haha, senang banget dah. Setelah masuk desktop, saya coba berbagai task, ternyata stabil juga kok layaknya Skylake, mantep!

Nah, ada yang mengganjal nih satu, power management! Sebelumnya saya bilang bahwa, sistem Hackintosh tanpa power management ibarat makan nasi tanpa sayur, bisa kenyang sih tapi kurang sedap gimana gitu๐Ÿ˜œ. Prosesor akan berjalan full throttle, jadi kurang pas kan? Untuk itu, power management juga sangat penting untuk diperhatikan bagi yang menggunakan Hackintosh sebagai "daily use".

Syukurlah, mengaktifkan power management di Pentium G4560 Kaby Lake ternyata cukup mudah, terbilang sama dengan seri Pentium lain. Yang membedakan disini hanya SSDT nya saja. Dan berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan power management nya:

1. Gunakan Clover Bootloader terbaru.

2. Hapus kext NullCPUPowerManagement.kext nya dan pastikan tak bersisa di sistem.

3. Set FakeCPUID ke 0x0306A0 di Clover, ini akan membodohi sistem biar doi percaya kita lagi pake prosesor Core-i5 Ivy Bridge.

4. Set SMBIOS ke iMac 14,2 atau iMac 17,1. Dan tambahkan bootflag -xcpm di Clover.

5. Download SSDT disini. Dan taro ke /EFI/Clover/ACPI/Patched/<disini>

6. Tambahkan patch On-The-Fly dibawah ini ke bagian KernelToPatch di Clover:

xcpm_patch_clover_agus
Kernel xcpm Patch
Patch ini berguna untuk mengaktifkan "kembali" fitur XNU Power Management nya sob, juga berguna agar mencegah beberapa aplikasi crash.

7. Save and close Clover config nya. Reboot untuk melihat hasilnya. Jika berhasil, maka power management akan berjalan baik.

8. Oh iya, demi kemaslahatan, jangan pasang segala macem CPU Sensor dulu ya, kalo gak, enjoy the KP๐Ÿ˜‰

Dan berikut adalah screenshot dari monitoring power management di tempat saya:

g4560_agus
Processor Power Management (Speedstep)

Bagaimana untuk varian prosesor Pentium lainnya? Mungkin bisa saja pake cara ini sob, tapi INGAT, jangan pake SSDT Kaby Lake ini, kalau enggak mau kacau Speedstep nya. Nah, dengan CPU power management yang berjalan baik, suhu prosesor akan lebih terjaga, dan stabil layaknya di Windows atau Linux. Gimana? Cukup gampang kan? Sekiranya sekian dulu artikel dari saya, apabila sobat ada cara lain yang lebih mudah, monggo dishare disini, biar kita sama-sama belajar sob, hehe. Akhir kata saya ucapkan wassalam dan apabila ada salah kata mohon dimaafken, do with your own risk. Wassalam.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

21 komentar

Rx 460 working? IGPU working?

Balas

*RX 460 "partially" OOB and working fine. But need IGPU at initial boot, otherwise it's black screen.
*Unfortunately, Pentium's IGPU are GT1 that is not supported on Mac, so impossible to get acceleration. Besides, I only need pentium's IGPU just for helper RX 460, so it's not a problem for me.

Balas

I got g4560 also with gigabytes b250m hd3.. Rx470... Gimana fitur g4560.. Stabil enggak? Maaf sy org malaysia..sukar nk berbahasa indonesia..tima kasih

Balas

Satu lagi..gimana benchmarknya? Adakah sama dengan i3 6100.. Yg lebih kurang sama clocks nya

Balas

Salam kenal bro, hehe.
I didn't face any problem with G4560 even its use ivy bridge cpuid, all smooth (except for IGPU, you need a compatible GPU as descrete, RX470 is great enough bro). You should try :)
About benchmark, I haven't tested yet, since I switched back to i3-6100 Skylake for now.

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Could you post a tuotrial to instal hackintosh with your system?

Balas

Ummm sorry, little busy here bro, but you can follow this: http://www.insanelymac.com/forum/topic/317689-guide-how-to-install-sierra-on-asus-z170m-plus-with-clover-using-pentium-g4500/
Its literally the same way as G4560. :)

Balas

mas, g4560 intel gpu nya d sierra apa bisa? saya blm beli vga soalnya ��

Balas

Kalau dikatakan "jalan" tok, sih jalan aja bro, cuma akselerasi nya gak jalan(no QE/CI), soalnya IGPU Pentium gak di dukung di Mac. Jadi, ibaratnya kaya Windows tanpa driver VGA, patah-patah. Kalau mau sekedar coba-coba aja sih, bisa aja lanjut, itung-itung sambil nunggu VGA, hehe.

Balas

spek PC sama cuma beda di VGA. saya pakai GTX1050.. untuk XHCI di bios di set enable atau disable? lalu untuk edit fakenya itu dilakukan di VMware bukan? atau dilakukan setela proses intalasi OSX selesai?? mohon bimbingan saudara :)

Balas

- XHCI Hands OFF enable.
- Edit FakeCPUID mesti dilakukan sebelum instalasi, soalnya dia akan kernel panic di G4560 kalau tanpa FakeCPUID, buka config.plist nya pake app Clover Config (mesti install macos dulu di vmware), set fakeid nya di bagian Kernel And Kext Patches

Balas

langkah no 6 ane agak bingung gan. patch On-The-Fly itu gmna ya?

Balas

Patch on-the-fly itu fitur dari Clover bootloader, yaitu proses patching pada kext atau kernel tanpa perlu mengedit binari dari kext atau kernel tersebut. Buka config.plist Clover nya, dan tambahkan patch nya sesuai dengan gambar diatas.

Balas

NullCPUPowerManagement.kext ada di /System/Library/Extenstion bukan?

kalo filenya ga ada ke langung ke langkah 5?

Balas

Intinya pastikan NullCPU nya tidak ada bro, baik di clover atau di system, baru deh lanjut ke langkah berikutnya.

Note: setelah menghapus NullCPU, pastikan rebuild kernel cache yah, biasanya masih bersisa di kernel cache.

Balas

Trus cara untuk monitoring power management nya itu gmna?

Balas

trus cara untuk monitoring power managementnya lewat terminal gmna ya?

Balas

Pake AppleIntelInfo.kext, taro di desktop trus ubah permissionnya biar bisa di-load, lalu load kext nya (jangan install kext di system, bisa KP), trus ketik cat /tmp/AppleIntelInfo.dat

Balas

apakah ini bisa digunakan di high Sierra 10.13.3 ? saya punya spek yang sama persis

Balas

Saat ini ane kembali i3-6100 bro, jadi tidak bisa coba. Tapi, menurut ane sih bisa aja pakai cara ini.

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ๐Ÿ‘‰

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts