2 Okt 2016

Cara Install Hackintosh Sierra Di Acer V5-471G

Hmmmm, agak telat sih, tapi gak apa-apa deh, daripada tidak sama sekali😉. Beberapa waktu lalu Apple Inc. telah merilis penerus dari OS X El Capitan, setelah melewati beberapa versi beta. Yup, nama "OS X" diubah lagi jadi "macOS", mungkin untuk menyesuaikan nama dengan OS Apple yang lain seperti watchOS, tvOS, dan iOS. Sebelumnya saya juga berhasil pasang macOS Sierra Developer Preview di laptop ini tanpa kendala berarti. Itu artinya dengan versi Final yang baru rilis ini, akan semakin mulus dieksekusi di Acer V5-471G ini.

Oke, tanpa basa-basi langsung saja saya share cara install macOS Sierra di laptop ini. Cara install versi Sierra Developer Preview nya juga bisa sobat jadikan acuan untuk versi Final ini, pokoknya enggak jauh beda deh sama OS X El Capitan.

Persiapan

1. Siapkan cemilan dan minuman ringan, sangat membantu as always ;-)

2. Siapkan Flashdisk ukuran 8GB, format ke HFS+(Mac OS Extended Journaled).

3. Siapkan partisi untuk Sierra, minimal 20Gb di primary jangan di extended/logical. Bagi yang install di MBR, siapkan MBR patch nya.

Pemanasan

1. Ingat sob, bagi pemula cari tau dulu tentang Hackintosh ya! Serius nih!

2. Untuk kext-kext, sama saja seperti El Capitan, TAPI usahakan cari versi yang paling baru.

3. Bikin installer ke Flashdisk tadi, pake metode apa aja boleh, saya pake metode Restore, dan install di MBR partitioned.

4. Cari tau juga tentang SIP(System Integrity Protection) ya! Penting nih buat ngoprek.

Pemasangan

Attention: Seluruh tutorial saya ini khusus buat V5-471G dengan spek Core I5-3317U/I3-3217U & Optimus Geforce GT 620M. Kalo untuk variant V5-471G yang lain mungkin sama saja caranya, cuma saya tidak menjamin DSDT/SSDT punya saya jalan di variant selain punya saya ini sob.

1. Colokkan Flashdisk installer Sierra ke port USB yang paling ujung (jangan di USB 3.0 atau port yang di tengah).

2. Pilih Flashdisk installer tadi, nanti akan masuk ke bootloder, masukan bootflag "-v dart=0 darkwake=0 rootless=0 kext-dev-mode=1" (tanpa kutip).

3. Anggap sobat berhasil masuk installer, pilih partisi dimana sobat mau memasang Sierra.

4. Lanjut tekan install, tunggu sampai sukses, kalo sukses dia akan restart sendiri.

5. Setelah restart, pastikan di Clover bootloader sudah centang AICPM Patch dan inject kext, dan masukan kext-kext yang diperlukan di Clover. Kext yang wajib adalah FakeSMC.kext. Ini berguna biar gak kena masalah KP atau GUI gak muncul. Bagi pengguna Chameleon bootloader, patch dulu AICPM nya, trus copy FakeSMC.kext ke /S/L/E(lewat Windows bisa pake app Macdrive/Paragon).

6. Gimana? Udah masuk jendela registrasi? Anggap berhasil, tinggal sobat isi data yang sesuai.

7. Done, alhamdulillah.

Utak-atik dan kondisi

1. Processor Core I5 3317U/Core I3 3217U 1.7GHz turbo boost up to 2.6GHz Ivy Bridge, native support. Patch AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan drop SSDT supaya dapat speedstep.

2. Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image.
Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", untuk patch HD4000 biar bisa jalan VGA pake kabel bawaan saya belum coba sob, udah terlanjur beli converter soalnya ;-).
*Bagi yang mau utak atik display dengan EDID, ini sudah saya "ekstrak"-an info EDID buat display nya, lihat disini.
*Banyak penyakit hackintosh, salah satu nya adalah tak mengenali "merk" monitor kita(ya iyalah, lagian siapa suruh install di system non Apple, wekaweka). Untuk mengatasi tersebut, saya punya fix nya, silahkan download file disini, ekstrak lalu copy folder tersebut ke /System/Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Nanti merk "unknown" nya berubah jadi "Color LCD", lumayan.
*Oke, masalah display pref yang gak bisa dibuka di Sierra, sudah saya fix kan. Kita perlu meng-edit EDID dari display, dan berikut file yang bisa sobat download, disini. Ekstrak lalu copy folder tersebut ke /System/Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Ingat, file ini khusus untuk V5-471G dengan spek i5-3317U, HD4000, GT620M!

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated) atau disable via DSDT. Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai. CPU jadi dingin sob, saya pernah sampe 38 derajat celcius...;-)

4. Chipset HM77 jalan.

5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x, another kind of ALC269), pake VoodooHDA yang 2.8.2d6. Atau saya disini pakai AppleALC.kext, dan inject layout id 11 di DSDT, kembalikan AppleHDA.kext ke yang asli nya(vanilla) bukan versi patch, sound input dan output works very well.

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx.kext.

7. Login ke Store/iCloud lancar. iMessage/Facetime gak tau dah, belum dapat sumbangan ROM dan MLB ;-p

8. Webcam dan USB 3.0 work gak pake kext.

9. Battery work pake ACPIBatteryManager.kext.

10. Wifi, impossible, ga jalan...:-( --> paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work! Atau replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya (dan Pin51 jika combo dengan BT), biar gak di block BIOS.

Update 15/10/2017:
Akhirnya Wifi card bisa jalan😍, tinggal replace pake kext ini: Atheros Unsupported

11. Card reader, ga jalan!

12. Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2Controller.kext, ingat pake versi yang terbaru, kalau enggak enjoy the KP.

13. Bluetooth, work OOB!

14. Untuk masalah shutdown yang malah jadi restart, penyebab nya adalah USB 3.0. Jadi kita perlu "defer" USB 3.0 agar masuknya "lewat" port USB 2.0. Nah dalam versi sebelumnya, saya menggunakan kext GenericUSBXHCI.kext plus bootflag "-gux_defer_usb2 -gux_no_idle" biar bisa defer ke USB 2.0, sekarang itu gak bisa lagi sob. Untuk mengatasinya sobat perlu install "FakeCPIID_XHCIMux.kext", dan tadaaaa berhasil men-defer USB 3.0 ke USB 2.0, so si laptop bisa shutdown dengan benar.

15. Restart works! Sleep works!

Dari segi tampilan tidak banyak berubah dari OS X El Capitan, hanya penambahan beberapa fitur aja sih. Dan yang paling hot, adalah macOS Sierra ini sudah terintegrasi dengan Siri juga fitur GateKeeper yang semakin greget. Oh iya, gak bisa buka aplikasi selain app store? Eksekusi perintah ini di terminal: sudo spctl --master-disable

Nah, biar tambah sip, berikut ini adalah screenshot-screenshot si eneng Sierra di laptop saya:

login_sierra_agus
Login screen nya.

desktop_sierra_agus
Tampilan Desktop dengan wallpaper khas Sierra.

safari_sierra_agus
Safari versi terbaru yang sudah terintegrasi dengan Apple Pay.

store_sierra_agus
App Store di macOS Sierra.

panes_sierra_agus
Preferences Panes, tidak ada perubahan sepertinya.

widget_sierra_agus
Widget di Mission Control.

mission_sierra_agus
Mission Control yang mirip sama OS sebelah.

notification_sierra_agus
Tampilan Notif yang iOS banget.

multitab_sierra_agus
Applikasi sekarang bisa multi tab. Contohnya di Apple Maps.

launchpad_sierra_agus
Launchpad tidak berubah.

siri_sierra_agus
Siri on macOS Sierra.

sierra_agus
macOS Sierra 10.12

Overall berjalan sangat mulus sob. Aplikasi jadul masih bisa berjalan lumayan baik, meski fitur nya udah kusam. Dan masih ada satu masalah yang lumayan mengganggu yaitu pengaturan Display dan Trackpad tidak jalan. Keygen tidak bisa jalan? I told you! GateKeeper!😜

Oke sob, mungkin singkat saja artikel saya kali ini. Apabila ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar yah. Dan apabila ada salah-salah kata, mohon dimaafken. Budayakan selalu do with your own risk dan akhir kata, wassalam.

Update 10/11/2016:
Sukses update ke macOS Sierra 10.12.1😉
sierra_10121_agus
macOS Sierra 10.12.1

Update 31/12/2016:
Sukses update ke macOS Sierra 10.12.2
macos_sierra_10122_agus
macOS Sierra 10.12.2

Update 04/02/2017:
Sukses update ke 10.12.3 dan langsung ke 10.12.4
sierra_agus
macOS Sierra 10.12.4

Update 03/06/2017:
Sukses update ke 10.12.5
macos_agus
macOS Sierra 10.12.5

Update 23/07/2017:
Sukses update ke 10.12.6 dan bersiap-siap up ke macOS High Sierra😁
sierra_agus
macOS Sierra 10.12.6

Update 30/09/2017:
Utak-atik untuk macOS 10.12 Sierra has been discontinued, saya alihkan ke macOS 10.13 High Sierra, disini.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

37 komentar

Mas Agus S, buat keygen make Gatekeeper Friendly :D *sempet install Parallels Desktop yg terbaru buat Sierra, dan works :D
*dari .dmg file-nya udah ada "Gatekeeper friendly" sih haha

Balas

Oh iya. Saya pake upx.out sih...:)

Balas

di disk0 saya kenapa bisa gak terinstall efi partisi ya, mohon pencerahannya, thanks

Balas

Sy sebelumnya pakai yosemite hackintosh.. laptop kita sama.. tp bios telah sy upgrade sehingga tdk ada disable nvidia di biosnya.. sdh 2 hari cobanl install sierra via usb.. mentok di waiting for dsmos
. Mohon petunjuk... terim kasih..

Balas

Mas, saya sudah sukses masuk ke menu, tapi ketika restart harus melalui flashdisk untuk bsa masuk lagi. saya sudah coba clover dengan setting yg berbeda dan versi yg berbeda. nah laptop saya kan sama kayak punya mas, jadi saya boleh tau mas nya pake clover atau chameleon? versi berapa? dan yg dicentang apa aja ya?
terima kasih sebelumnya.

Balas

Pastikan kext FakeSMC nya keload mas. Dan pastikan USB installernya tidak ada yang corrupt.

Balas

Berhubung BIOS saya masih legacy, jadi saya pake Chameleon versi terbaru, branch nya Enoch. Kalau mau coba Clover saya pake FD aja biasanya.
Kalau BIOS legacy, pastikan Chameleon di install di partisi Mac nya, dan set active(boot) partisi Mac nya.

Mau lebih gampang pake easyBCD, tutornya bejibun di google, hehe.

Balas

Bisa tw tipe usb wifi nya bro yg work os sierra nya .. Biar ga slh beli..

Balas

USB Wifi punya saya itu ga tau merk nya apa. Pokoknya cari yang chipset nya Ralink 2800 series atau 3000 atau 5000 series.

Balas

wahhh ane pkir td tw,,,, inet dri kmaren gag work,, pke moddem biasa yg bsa install di mave jd gag bsa lg..

Balas

Iya soalnya kotaknya udah ilang dan di USB Wifi nya ga ada namanya :)

Balas

kalau diinstall di Asus All ONE PC bisa gak nih min?
ada contact nya bang? aku mau belajar install hackintosh nih
makasih

Balas

Hackintosh bisa jalan baik dengan syarat:
- Prosesor Intel Core I series untuk Laptop
- Prosesor Intel Core2Duo/Pentium/Celeron untuk Laptop juga bisa asal VGA nya support(bukan optimus)
- Prosesor Intel apa saja bisa untuk Desktop, asal punya Descrete VGA yang support.
- VGA yang supported. Nvidia Optimus gak jalan. AMD APU gak jalan. VGA bawaan processor/mobo dibawah Core i series gak jalan.

Balas

gan ane udah buat botable flashdisk nya, di bios udah kebaca, tapi ga ada pas booting nya, udah semua port ane coba, tapi pas ane coba di pc ane bisa kebaca, itu kenapa ya gan? thanks

Balas

Laptopnya UEFI atau Legacy? Sesuaikan dengan BIOS

Balas

replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya, biar gak di block BIOS.
gan kalau boleh...request detail dengan gambar, pin20 itu yg mana n cara pemasangan selotipnya....

Balas

Referensi gambar: https://3.bp.blogspot.com/-7e0TYRK5_NU/VIbj-J4oqLI/AAAAAAAAFz0/gOsqT0CnF0g/s1600/10401412_949492438413375_2031724477182488362_n.jpg
Selotip saja kuningannya.

Balas

link buat EDID buat display nya sedang down ya gan?

Balas

mas tolong dong bantu saya untuk driver vga laptop lenopo b40-70 untuk el capitan nya, q sdh nyaritapi belom ketemu, driver ATI JET LE R2 M230, aku sdh ikut grou[p hackintos tp sdh lama belum temu jawabannya

mohon dibalas ke mandoubuntu0046@gmail.com ya mas ?

Balas

gan gmn cara "Atau saya disini pakai AppleALC.kext, dan inject layout id 11 di DSDT, kembalikan AppleHDA.kext ke yang asli nya(vanilla) bukan versi patch, sound input dan output works very well." saya pingin coba pakai applehdapacher tapi bingung milih alc269-nya yg mana...banyak versi soalnya

Balas

Download Lilu.kext+AppleALC.kext (search), trus taro di kext Clover(kalau pake Clover), inject layout id 11.

Balas

Tergantung hardware, kalau grafik nya APU, tidak support. Tapi kalau lenovo seri Intel Haswell, bisa dipake grafik Intel HD4400 nya aja.

Balas

belum berhasil gan...
- icon sound di menu bar sudah aktif.
- SysPref/Sound juga sudah aktif.
NAMUN tidak ada suara keluar....
yg sy lakukan,
- Lilu.kext+AppleALC.kext -nya taruh di S/L/E bukan EFI/Clover/Kext..
- inject layout id 11 = done.

MacOS 10.12.6

Balas

Oh, setau saya Lilu tydak bisa jalan bro kalau pasang di S/L/E :) Lilu perlu plugin bantuan supaya bisa jalan di S/L/E, cari LiluFriend.

Balas

ok gan trims responnya

Balas

nanya lagi ya gan...udh usaha google n tonymac belum solved.
Penasaran ama keyboard-nya..
saya pakai SmartTouchpad v4.7 beta 5....nah bermasalah di tombol SHIFT sebelah kanan.
kalau pencet shift kanan bersamaan dgn tanda panah atas/bawah/Ka/Ki malah jadi mute n unmute sound.
lalu kalau pncet FN aja yg terjadi naikin brightness layar (muncul icon brightness up).
agan ngalamin hal serupa?
atau karena agan pakai VoodooPS2Controller.kext semua tombol keyboard normal-sesuai fungsi seperti yg tertera di keyboard fisiknya???

Balas

Ane rasa itu masalah umum di Hackintosh, karena perbedaan mapping keyboard. Ane juga begitu, cuma kebetulan di system ane VoodooPS2Controller nya pas remapping nya, tapi tetap ada beberapa fungsi keyboard yang gak jalan. Kalau pengen remapping keyboard yang paling ampuh itu patch DSDT, tapi ane belum coba sih. :)

Balas

https://nextelringtonesddlmri.blogspot.co.id/2017/01/install-mac-os-x-snow-leopard-di.html?showComment=1516025687693#c3422471455717012834

Balas

Gan tolong bantu jawab.. saya sudah berhasil install di dell optiplex 780 bios legacy, HDD di partisi ke GPT masalah yg belum bisa saya selesaikan, saya blm bisa install clover ke HDD,dgn metode multibest,klu pilih mode instalnya legacy selalu gagal.. tapi klu pilih mode UEFI pasti sukses,tapi tetap tdk bisa boot lewat HDD,harus lewat FD terus.kedua suara tidak bisa,meskipun sudah install voodoHDA. Device soundmax-HD. Terimakasih gan.

Balas

Kesini untuk tutor komplit: http://www.insanelymac.com/forum/topic/303615-guide-install-windows-8-uefi-on-legacy-bios-with-clover-and-dual-boot-with-yosemite/

Untuk sound, pakai Lilu+AppleALC

Balas

gan link download osnya dmna

Balas

Google banyak gan. Atau di blog s*ftware182

Balas

Macbook Pro Retina 15 inci A1398 kipas bising dan bersuara kerashttp://zapplerepair.com/Macbook-Pro-Retina-15-inci-A1398-kipas-bising-bersuara-keras.html

Balas

maaf, laptop kits same.. weeny sy jadiin reference...

mohon petunjuk atau link u kext untuk wifinya... sy baca-baca dan Coba download kext..
moon petunjuknya...
terma kasih sebelumnya...

Balas

Link wifi sudah ada diatas, coba lihat ke beberapa page ke belakang.

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts