31 Jul 2016

Cara Install Xposed Framework Di Remix OS

Halo sobat selamat hari Minggu. Sejak pertama kali saya tau tentang Remix OS, saya sangat "excited" sekali. Mungkin inilah sebuah revolusi untuk membawa OS Mobile Android ke ranah PC/Notebook, alah lebay, hehe. Namun, ada satu hal yang membuat saya penasaran, dari awal saya mengenal Remix OS sampai hari ini, yaitu menjalankan Xposed Framework. How to install Xposed Framework on Remix OS, man? Kalian tentu sudah tau apa itu Xposed? Apalagi kalo kalian adalah orang yang mencintai oprek-mengoprek Android.

Saya sudah melakukan segala cara untuk menginstall Xposed di Remix OS namun gagal, mengingat belum ada emulator untuk recovery nya. Saya sudah tanyakan ke forum XDA, namun sepertinya development untuk Remix OS ini masih sepi(waktu itu), makanya mungkin orang belum tertarik untuk menghajar Xposed ke Remix OS. Sampai-sampai saya tidak menyadari bahwa update Remix OS bulan April tidak bisa jalan di Nvidia Optimus saya, haha (artikel disini). Ternyata, Xposed sendiri belum ada yang versi platform X86_64, yang baru ada cuma X86. Saya pun memutuskan menyerah untuk mencoba Xposed di Remix OS ini, hmmm.

Namun subuh hari ini saya menemukan pencerahan, ketika ngoprek MIUI punya adek saya, dan saya melihat sebuah thread yang membikin saya gembira, hehe. Yup, thread disini menyediakan pelbagai installer Xposed Framework untuk MIUI. Lho apa hubungan nya ke MIUI sih? Inikan Android platform X86_64? Justru itu sob, MIUI adalah satu-satu nya (setau saya) yang menghadirkan platform Android X86_64 di mobile, yaitu lewat Mi Pad nya. Sekarang kembali ke topik, di thread forum tersebut TERNYATA menyediakan versi Xposed untuk X86_64.

Tanpa pikir panjang saya langsung download dan install manual ke system(sebelumnya saya coba Flashfire namun gagal, blank). Sambil harap-harap cemas menunggu reboot, nikmati secangkir kopi dulu subuh-subuh, hehe. Dan ternyata sob, berhasil! Xposed Framework bisa berjalan di Remix OS saya, yessss! Gimana? Penasaran? Oke sob, disini saya akan langsung beri pencerahan kepada sobat yang juga ingin install manual Xposed Framework ini di Remix OS.

1. Ingat sob, semua prosedur yang saya lakukan, saya eksekusi di Remix OS versi 2.0.205 dan Ubuntu 16.04.

2. Download Xposed Framework SDK22 untuk platform X86_64 di thread diatas, yang khusus buat Mi Pad.

3. Masuk ke Ubuntu. Disini kita akan mengedit file system.img punya Remix OS, dan manual ekstrak Xposed nya. Mount read&write file system.img yang punya Remix OS. Saya mount pake command ini di terminal mount -o loop,rw -t ext4 system.img tmp/ (harus root yah). Nanti dia akan mount system.img ke folder tmp di direktori yang sama.

4. Sobat buka file zip installer Xposed tadi, akan ada folder system, di folder system akan ada file Xposed nya. Nah yang perlu sobat lakukan adalah ekstrak sesuai dengan folder nya, misal, file yang ada di folder bin ekstrak ke folder bin di system yang kita mount tadi.

5. Anggaplah sobat sudah ekstrak semua ke system yang di mount tadi. Sekarang sobat perlu repair permission file-file tersebut:
Untuk file app_process32_xposed, app_process64_xposed, dex2oat, oatdump, dan patch2oat lakukan chmod 755.
Untuk file XposedBridge.jar lakukan chmod 644.
Untuk file xposed.prop lakukan chmod 644.
Dan untuk file-file di dalam folder lib dan lib64 nya lakukan chmod 644 juga.

6. Sekarang umount tmp untuk unmount system.img. Dan copy system.img yang kita edit tersebut ke folder Remix OS dimana sobat menginstallnya.

7. Sekarang coba lakukan boot ke Remix OS. Kalau sobat melakukannya dengan benar, bisa dipastikan Xposed sudah terpasang di Remix OS sobat. Kalau enggak ya, bisa bootloop, muehehee.

8. Done, alhamdulillah. Sekarang tinggal install Modules kesukaan sobat. Tapi ingat, jangan sembarangan pasang Module kalau tak ingin bootloop, mengingat versi Android X86_64 belum banyak dapat dukungan.

Sekarang tak afdol rasanya jika saya tidak menampilkan screenshot nya yah:

Xposed On Remix OS
Xposed Framework on Remix OS.
Xposed On Remix OS
Xposed Modules, Lucky Patcher sorry, hehe.
Xposed On Remix OS
Remix OS Version

Gimana sob? Percaya kan? Hehe. Saya sudah coba beberapa module, dan saya nyatakan module berjalan baik. Namun, di Xposed log saya mendapati banyak sekali log error nya, haha. Tapi tidak mempengaruhi ke kinerja sistem kok sob (sejauh yang saya rasakan). Nah, jika sobat ingin memasang juga, saya doakan berhasil.

Sekiranya sekian dulu tips(trik) dari saya ini, apabila ada salah kata mohon maaf sob. Dan kalau sobat punya cara yang lebih gampang, saya akan senang sekali jika sobat membaginya disini, sama-sama belajar kita. Akhir kata saya tuliskan, wassalam. Ingat selalu budaya do with your own risk!

Update:
Saya melakukan update ke Remix OS M versi 3. Download Xposed dari thread diatas yang untuk SDK23, lakukan prosedur sama seperti yang diatas. Jika dilakukan dengan benar, maka Xposed akan berjalan baik.
remix_agus
Xposed on Remix OS M
Update:
Bagi saya harus menggunakan root-nya dari SuperSU, biar Xposed nya bisa aktif.

Update:
Tanpa SuperSU Xposed masih bisa aktif, sobat hanya perlu untuk symlink(symbolic link):
Masuk ke Ubuntu, mount system.img untuk kita edit, pertama ganti nama dulu app_process32 dan app_process64 menjadi app_process32_original dan app_process64_original (buat jaga-jaga). Buka terminal pastikan arahkan ke folder bin yah:
Untuk Remix 32bit jalankan: ln -s /system/bin/app_process32_xposed /system/bin/app_process32
Untuk Remix 64bit jalankan: ln -s /system/bin/app_process64_xposed /system/bin/app_process64
Kalo sudah, unmount system.img, dan coba boot ke Remix OS lagi, kalau berhasil Xposed akan aktif.

Another update:
Remix OS terbaru menggunakan sistem SFS, jadi sobat perlu mengubah system.sfs ke system.img terlebih dahulu. Gak mau repot mengubah? Gunakan Systemless Xposed di link bawah!

Update again:
Do you want a systemless Xposed? Check out this thread...! (Btw, user @Aguys itu saya sob, mari berteman di XDA😉)

Cheers
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

8 komentar

gan kok saya gak bisa yaa aktifkan R/W nya padahal udh tinggal langkah akhir dimana ubah permission sama copy ke file system

Balas

Gunakan initrd yang sudah di patch gan. Cari di xda kalo gak salah.

Balas

please make a tutorial video

Balas

please, please :( :( :( tutorial video ubuntu 16.04 :( :(

Balas

please make a tutorial video, how install xposed?, please make a tutorial for ubunttu and remix os 3.0

Balas

kalau dari windows gmn gan ?

Balas

Hmmm, this is difficult way, maybe you could check systemless Xposed, just go to thread(link above).

Balas

Kalau gak mau pake linux, coba yang systemless xposed bro, cek aja di thread diatas...

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts