Wednesday, May 25, 2016

Mengatasi Virtualbox Tidak Mendeteksi Perangkat USB Di Ubuntu Linux

Salam blogger sobat. Sebagian besar pengguna komputer tentunya sudah tahu apa fungsi dari aplikasi Virtual Machine. Ya, Virtual Machine digunakan untuk mem-virtualisasi sebuah perangkat komputer. Artinya, sobat bisa "membuat" sebuah komputer virtual di dalam sistem operasi yang sobat gunakan. Nah, bagi pengguna Windows dan Mac, produk Virtual Machine yang paling populer dan paling lengkap fitur nya adalah VMware Workstation atau VMware Fusion. Namun, ada tapi nya nih, kedua aplikasi itu berbayar, dan harga nya pun lumayan.

Trus, bagaimana donk? Tenang! Terpujilah Oracle yang membuat sebuah aplikasi Virtual Machine yang diberi nama Virtualbox, dan yang pasti aplikasi ini gratis tis tis. Eits, meski gratis, jangan remehkan fitur-fitur nya sob, pokoknya sip. Virtualbox ini juga tersedia untuk berbagai sistem operasi, bisa untuk Windows, Mac, dan Linux. Saya juga pengguna Virtualbox, baik itu pas lagi pake Windows,Ubuntu, atau Mac. Maklum sob, saya pengguna multiboot, beberapa OS dalam satu laptop/PC.

virtualbox agus

Namun, ada kendala ketika saya pertama kali memakai Virtualbox di Ubuntu Linux. Ketika saya menjalankan virtual machine, perangkat USB saya tidak terdeteksi. Waduh, amsyong dah, gak bisa colok flashdisk dan perangkat USB lain. OK, saya kira itu karna saya belum pasang extension pack nya, tetapi setelah terinstall USB juga tak kunjung dideteksi. Bingung sejenak, sampai akhirnya saya menemukan solusi nya yang ternyata cukup simple. Di Ubuntu Linux, ketika kita memasang Virtualbox untuk pertama kali, Virtualbox akan membuat sebuah user group baru, namanya vboxusers. Nah, berhubung user name kita belum masuk ke dalam group nya vboxusers, maka nya perangkat USB yang kita colok tidak terdeteksi.

Untuk mengatasinya, yang kita lakukan tentunya mendaftarkan user name kita ke dalam user group nya Virtualbox tadi. Sobat cukup buka terminal dan eksekusi perintah ini: sudo adduser usernamesobat vboxusers

virtualbox agus

Setelah eksekusi, silakan reboot komputer kita. Kalau berhasil, Virtualbox akan mendeteksi semua perangkat USB kita.

virtualbox agus

Oke sob, kiranya itu cara simple untuk mengatasi USB tidak terdeteksi di Virtualbox Ubuntu. Kalau sobat ada cara atau kiat lain, bisa di share disini juga kok, biar sama-sama belajar kita. Sekian dulu tulisan saya, kalau nya ada salah kata, mohon di koreksi, wassalam.
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?