25 Mei 2016

Mengatasi Virtualbox Tidak Mendeteksi Perangkat USB Di Ubuntu Linux

Salam blogger sobat. Sebagian besar pengguna komputer tentunya sudah tahu apa fungsi dari aplikasi Virtual Machine. Ya, Virtual Machine digunakan untuk mem-virtualisasi sebuah perangkat komputer. Artinya, sobat bisa "membuat" sebuah komputer virtual di dalam sistem operasi yang sobat gunakan. Nah, bagi pengguna Windows dan Mac, produk Virtual Machine yang paling populer dan paling lengkap fitur nya adalah VMware Workstation atau VMware Fusion. Namun, ada tapi nya nih, kedua aplikasi itu berbayar, dan harga nya pun lumayan.

Trus, bagaimana donk? Tenang! Terpujilah Oracle yang membuat sebuah aplikasi Virtual Machine yang diberi nama Virtualbox, dan yang pasti aplikasi ini gratis tis tis. Eits, meski gratis, jangan remehkan fitur-fitur nya sob, pokoknya sip. Virtualbox ini juga tersedia untuk berbagai sistem operasi, bisa untuk Windows, Mac, dan Linux. Saya juga pengguna Virtualbox, baik itu pas lagi pake Windows,Ubuntu, atau Mac. Maklum sob, saya pengguna multiboot, beberapa OS dalam satu laptop/PC.

virtualbox agus

Namun, ada kendala ketika saya pertama kali memakai Virtualbox di Ubuntu Linux. Ketika saya menjalankan virtual machine, perangkat USB saya tidak terdeteksi. Waduh, amsyong dah, gak bisa colok flashdisk dan perangkat USB lain. OK, saya kira itu karna saya belum pasang extension pack nya, tetapi setelah terinstall USB juga tak kunjung dideteksi. Bingung sejenak, sampai akhirnya saya menemukan solusi nya yang ternyata cukup simple. Di Ubuntu Linux, ketika kita memasang Virtualbox untuk pertama kali, Virtualbox akan membuat sebuah user group baru, namanya vboxusers. Nah, berhubung user name kita belum masuk ke dalam group nya vboxusers, maka nya perangkat USB yang kita colok tidak terdeteksi.

Untuk mengatasinya, yang kita lakukan tentunya mendaftarkan user name kita ke dalam user group nya Virtualbox tadi. Sobat cukup buka terminal dan eksekusi perintah ini (pilih salah satu, mana yang bisa): sudo adduser usernamesobat vboxusers atau sudo gpasswd -a usernamesobat vboxusers

virtualbox agus

Setelah eksekusi pastikan extensions pack nya sudah terpasang dengan benar, silakan reboot komputer kita. Kalau berhasil, Virtualbox akan mendeteksi semua perangkat USB kita.

virtualbox agus

Oke sob, kiranya itu cara simple untuk mengatasi USB tidak terdeteksi di Virtualbox Ubuntu. Kalau sobat ada cara atau kiat lain, bisa di share disini juga kok, biar sama-sama belajar kita. Sekian dulu tulisan saya, kalau nya ada salah kata, mohon di koreksi, wassalam.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

4 komentar

mantaaappp,, terimakasih banyak, berfungsi dengan baik di versi terbaru juga.

Balas

mantap. sangat bermanfaat

Balas

kok gak bisa ya bang di virtualbox 6.1? hasilnya vboxusers not found...

Balas

Coba pake: sudo gpasswd -a usernamekamu vboxusers

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts