Wednesday, May 25, 2016

Gello, Browser Andalan CyanogenMod

Beberapa saat yang lalu, tim CyanogenMod mengumumkan aplikasi browser terbaru besutan mereka sendiri. Browser ini dinamakan Gello Browser. Sebelumnya, sekitar hampir setahun lalu, pengembangan untuk browser ini memang sudah diumumkan. Akhirnya begitu rilis CyanogenMod 13 yang dirasa sudah cukup stabil, tim CyanogenMod merilis Gello Browser ini. Pada build yang lalu-lalu, CyanogenMod selalu memakai browser bawaan dari AOSP(Android Open Source Project). Sekarang, sepertinya Gello Browser bersiap untuk menggantikan peran AOSP Browser di ROM berbasis CyanogenMod 13(Android 6.0).

gello browser agus
Gello Browser. (image source: Android Authority)
Karena saya seorang pengguna CyanogenMod based ROM, tentunya saya juga ingin mencoba bagaimana sih "rasa" nya browser yang pengembangannya bisa memakan waktu satu tahun? Awalnya sih saya tidak begitu tertarik mendengar kabar akan dirilis nya browser ini. Tapi, setelah melihat dan membaca review dari berbagai forum yang begitu "hype" dengan kehadirannya, saya akhirnya jadi di "paksa" untuk penasaran juga. Nah, di postingan kali ini saya akan me-review dikit-dikit lah, bagaimana pengalaman (user experience) saya dalam menggunakan browser ini.

Gello browser berbasis Chromium, artinya browser ini akan mirip dengan Google Chrome. Namun, disamping mirip dengan Google Chrome atau browser Android lainnya, Gello menawarkan beberapa fitur tambahan yang menarik.

gello browser agus

Fitur umum nya pada browser Android sudah tersedia di Gello. Namun yang menarik adalah fitur Edge navigation, yang memungkinkan pengguna hanya dengan swipe ke kiri dan ke kanan untuk menjelajahi history browser kita. Fitur Immersive mode, yang membuat tampilan UI Gello menjadi full satu layar. Dan yang menurut saya keren adalah fitur Colored status bar, ya dengan fitur ini status bar kita akan berubah warna nya mengikuti warna dari sebuah web yang kita kunjungi. Ada juga fitur Night mode, tapi night mode di browser ini beda, dia tidak akan merubah tampilan konten web yang kita kunjungi.

gello browser agus

Selanjutnya ada fitur keren lain sob, yaitu fitur LookLock, fitur ini mencegah aplikasi lain untuk dapat melihat webview dari browser ini, tetapi ini bukan incognito lho. Bagi yang mau hemat batrei, juga ada fitur Power save mode, dengan fitur ini sobat bisa browsing tanpa harus memakai resource sistem yang banyak. Kan semakin banyak aplikasi memakan resource sistem, semakin boros juga energi yang dikeluarkan.

gello browser agus

gello browser agus

Sobat bisa menambahkan web yang sobat sering kunjungi ke dalam tab Favorite, sehingga tidak perlu lagi buka google atau ketik alamat(URL). Dan Save offline, fitur yang berguna untuk menyimpan full halaman web untuk kita buka kembali meskipun kita tidak terhubung dengan internet. Cieee, kedua fitur ini pasti bikin ngiler bagi yang mau ujian, hehe becanda sob, gak boleh nyontek.

gello browser agus

Fitur Incognito mode, andalan bagi yang mau browsing "esek-esek", haha, meski sebenarnya tidak terlalu aman juga sih.

gello browser agus

Nah ini yang menurut saya kemampuan yang di idam-idam kan setiap pengguna browser, yaitu kemampuan yang handal meski menggunakan jaringan yang lelet(low network connection). Memang benar sob, Gello Browser ini boleh dibilang bisa diandalkan ketika kita berada di wilayah yang jaringannya lelet. Apalagi disaat kita sedang boring, kan browsing internet adalah salah satu kebutuhan untuk menghilangkan itu, hehe.

gello browser agus

Meski ukuran nya boleh dibilang jumbo untuk sebuah browser, Gello sangat ringan dipakai, karena tidak banyak memakai RAM. Bisa dibilang seringan Opera Mini atau UC Browser, tapi sobat tentu sudah tau kan kualitas tampilan web ketika di buka di Opera Mini dan UC Browser, jadi mini. Beda dengan Gello yang masih mampu mengoptimalkan tampilan web. Saya tidak merasakan adanya lag yang berarti ketika membuka lebih dari satu tab. Beda dengan Google Chrome atau Firefox atau Opera (bukan Opera Mini), buka tiga tab aja udah bikin hape panas, hehe, maklum hape low end sih.

gello browser agus

Gimana sob? Penasaran juga mau coba browser yang satu ini? Namun untuk saat ini, dukungan resmi untuk browser ini khusus hanya untuk CyanogenMod 13 saja. Jadi nya, para developer tidak akan merespon kendala yang terjadi jika sobat memasang browser ini di ROM selain CyanogenMod 13. Sobat bisa saja memasang browser ini di ROM selain CyanogenMod 13, file installer atau apk nya bisa sobat download disini. Tapi, saya tidak menjamin browser ini akan berjalan sempurna di ROM selain CyanogenMod 13.

Gello browser sendiri, tersedia secara default pada CyanogenMod 13 build 22 Mei 2016. Artinya untuk CyanogenMod 13 build sebelum itu, sobat bisa memasang sendiri installer atau apk nya, pake link diatas juga bisa. Dan berikut ini adalah info dari sistem yang saya gunakan, juga info resource sistem yang di gunakan oleh browser ini:

gello browser agus

gello browser agus

Oke, dan berikut ini adalah beberapa kesimpulan setelah saya memakai browser ini di smartphone saya:

Kelebihan:

- Sangat handal di jaringan lelet.
- Tidak banyak memakan resource sistem, jadi akan ringan saat di gunakan.
- Fitur tambahan nya awesome!
- Disediakan secara default (terintegrasi) dengan ROM, jadi otomatis ikut terupdate jika kita update ROM.
- Kompresi web yang tidak mengubah tampilan web secara signifikan.

Kekurangan:

- Ukuran file installer atau apk nya jumbo untuk sebuah browser.
- Khusus disediakan untuk CyanogenMod 13, artinya terbatas untuk ROM lain bahkan untuk CyanogenMod versi sebelumnya, setidaknya untuk saat ini.
- Untuk saat ini, belum tersedia in-built AdBlocker(you know lah, hehe).
- Dan masih belum cukup stabil sih menurut saya. Kita tunggu update selanjutnya.

Nah sekiranya sekian dulu review kecil-kecilan dari saya tentang pengalaman menggunakan Gello browser dari CyanogenMod. Apabila ada salah kata mohon di koreksi, dan apabila sobat ingin share juga pengalaman memakai Gello browser bisa di komen, biar sama-sama belajar. Akhir kata saya ucapkan wassalam.

Update:
Browser Gello sudah "ditarik" dari rilis resmi setiap ROM Lineage OS (dulunya CyanogenMod), diganti dengan browser "Jelly". Namun sobat masih bisa pake Gello kok, sobat bisa pasang APK nya yang bisa didownload di berbagai situs download APK.
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?