Thursday, March 17, 2016

Dermaga Joras, Terbengkalai Yang Kini Ramai

Saya sungguh tak menyangka jika Dermaga Joras(Pantai Joras, kalangan anak muda menyebutnya) akan menjadi ramai seperti sekarang. Bagaimana tidak? Dermaga Joras ini hanya dermaga (rencananya sih dermaga penumpang) terbengkalai yang pembangunan nya dihentikan oleh pemerintah karena sesuatu hal. Sampai ada sekelompok anak muda yang menaiki mercusuar di samping dermaga ini, dan memamerkan foto mereka di media sosial, maka otomatis sob "BOOM!" menyebarlah euforia "naik mercusuar".

Kebetulan, tempat saya bekerja hanya 30 menit dari lokasi ini. Jadi, sering saya dan teman kantor setiap sore datang kesini untuk lihat orang mancing ikan, mandi, dan melepas penat bekerja dengan menikmati angin laut sambil santai. Tentunya saat dermaga ini masih sepi, pokoknya serasa punya pantai pribadi sob, hehe. Namun sudah sebulan ini, tempat ini berubah 180 derajat, menjadi tempat wisata baru bagi kalangan anak muda(njiiir saya kaya tua amat yak haha). Tiap sore, ramai dikunjungi wisatawan.

Kebanyakan wisatawan datang kesini, tujuan mereka tidak lain dan tidak bukan adalah untuk berfoto a.k.a ber-selfie di atas mercusuar. Apalagi kalo hari libur, mereka rela antri bergantian, untuk bisa berfoto diatas mercusuar setinggi +-20 meter tersebut. Ditambah di sekitarnya ada padang rerumputan yang mantap sekali sob, menambah bagus nya pantai ini.

pantai joras agus
Kita juga gak mau kalah kekinian ^_^
Namun pengunjung kebanyakan mengabaikan keselamatan mereka saat "berhasrat" ingin berfoto di atas mercusuar, menurut saya kapasitas maksimal diatas itu adalah 7 orang. Bahkan ada yang sampai 10 orang lebih menaikinya bersamaan, kan bahaya kalo itu ambruk. Berhubung tempat ini masih baru, jadi tidak ada pengelola yang "official", menurut saya mesti ada pengelola tersebut yang bertanggung jawab atas tempat ini. Hanya ada warga sekitar yang menyediakan kamar mandi dan warung.

Nah, bagi sobat yang mau kesini juga dan tidak tau mau kemana, tenang akan saya kasih tau, hehe. Dermaga Joras ini terletak di Desa Karang Rejo, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalsel. Warga sekitar bilangnya daerah Trans 300. Yang perlu sobat ingat, tempat wisata terkenal di Jorong ini adalah pantai Swarangan, jadi jangan sampai sobat kesasar ke pantai Swarangan yah! Dari Banjarmasin atau Banjarbaru, sekitar 2 jam untuk sampai ke Jorong. Saya lebih menyarankan sobat bertanya ketika sudah sampai di Jorong, "Pak, Bu, Trans 300 dimana ya?" atau "Pantai Joras dimana ya?".

pantai joras agus
Saya biasa kesini melepas penat dengan mandi bersama teman kantor, haha
Berikut secuil panorama sunset di Dermaga Joras ini yang sempat saya dan teman abadikan, maklum hape murah sob, jadi rada burem, ;-)

pantai joras agus

pantai joras agus

pantai joras agus

pantai joras agus

Byurrrrrrrrrr seadanya :-D

pantai joras agus

Sobat juga bisa camping lho, biasanya hari Sabtu rame orang camping disini.

pantai joras agus
Rerumputannya bagus sob, enak buat camping :-)
Nah, bagi sobat yang datang kesini, ingat jaga keselamatan dan jaga kebersihan sob. Dulu disini bersih, dan sekarang udah mulai kotor, hiks. Semoga kedepannya ada pengelola resmi di tempat ini, mengingat semakin banyak orang yang datang ke tempat ini, sehingga keamanan dan kebersihan dapat kita jaga bersama. Sekiranya sekian dulu tulisan dari saya ini, kalau ada salah kata, mohon maaf ya sob. Wassalam.

Oh iya ada bonus TS, hehe:

pantai joras agus
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

2 comments

Mau Liburan atau Mau Jalan - jalan di Banjarmasin? Kami Menyediakan Jasa Sewa Bus Banjarmasin, info lengkap klik --> Jasa Sewa Bus Banjarmasin

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?