6 Okt 2015

Install Hackintosh El Capitan Di Acer V5-471G

Halo sobat, salam sejahtera bagi kita semua. Seminggu lalu Apple telah merilis versi final dari OS X El Capitan 10.11, sang penerus dari OS X Yosemite. Sebelumnya, saya sudah mencoba menginstall OS X El Capitan ke laptop ini, tapi masih versi developer beta nya, untuk lebih jelasnya silahkan kesini.

Yup, tanpa pikir panjang saya pun bertekad untuk beralih ke OS X El Capitan. Kali ini saya mau share pengalaman "clean" install OS X El Capitan ini, kenapa gak upgrade saja? Awalnya saya juga mau upgrade sob, tapi berhubung si Yosemite sudah lelet, makanya saya langsung hajar clean install, hehe. Oke sob, silahkan disimak prosedur penginstallan OS X El Capitan di laptop Acer V5-471G.

Persiapan

1. Siapkan cemilan dan minuman ringan, sangat membantu as always ;-)

2. Siapkan Flashdisk ukuran 16GB(yang 8GB udah ga cukup sob, hiks), format ke HFS+(Mac OS Extended Journaled).

3. Siapkan partisi untuk El Capitan, minimal 20Gb di primary jangan di extended/logical. Bagi yang install di MBR, siapkan MBR patch nya.

Pemanasan

1. Ingat sob, bagi pemula cari tau dulu tentang Hackintosh ya! Serius nih!

2. Untuk kext-kext, pakai yang punya si Yosemite bisa juga sob. Jangan pake GenericUSBXHCI yea, nanti bisa KP, CMIIW. Nih, sebagian kext punya saya untuk si kapten, disini.

3. Bikin installer ke Flashdisk tadi, pake metode apa aja boleh, saya pake metode Restore, dan install di MBR partitioned.

4. Cari tau juga tentang SIP(System Integrity Protection) ya! Penting nih buat ngoprek.

Pemasangan

Attention: Seluruh tutorial saya ini khusus buat V5-471G dengan spek Core I5-3317U/I3-3217U & Optimus Geforce GT 620M. Kalo untuk variant V5-471G yang lain mungkin sama saja caranya, cuma saya tidak menjamin DSDT/SSDT punya saya jalan di variant selain punya saya ini sob.

1. Colokkan Flashdisk installer El Capitan ke port USB yang paling ujung (jangan di USB 3.0 atau port yang di tengah).

2. Pilih Flashdisk installer tadi, nanti akan masuk ke bootloder Chameleon(saya pakai Chameleon sob, Chameleon lopers, wkwk), masukan bootflag "-v dart=0 darkwake=0" (tanpa kutip). Kok kext-dev-mode=1 dan rootless=0 gak dipakai? Karena bootflag itu sudah tak bergune di versi final ini, gantinya pake CsrActiveConfig.

3. Anggap sobat berhasil masuk installer, pilih dimana sobat mau memasang El Capitan nya.

4. Lanjut tekan install, tunggu sampai sukses, kalo sukses dia akan restart sendiri.

5. Gimana? Udah masuk jendela registrasi? Anggap berhasil, tinggal sobat isi data yang sesuai.

6. Kalau sobat pake DSDT+SSDT untuk Yosemite, sobat ga perlu hapus kext NV* dan GeForce*.

7. Done, alhamdulillah.

Utak-atik dan kondisi

1. Processor Core I5 3317U/Core I3 3217U 1.7GHz turbo boost up to 2.6GHz Ivy Bridge, native support. Patch AppleIntelCPUPowerManagement.kext dan drop SSDT supaya dapat speedstep.

2. Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image.
Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", untuk patch HD4000 biar bisa jalan VGA pake kabel bawaan saya belum coba sob, udah terlanjur beli converter soalnya ;-).
Info Glitch:
Bagi sobat yang mengalami "glitch/layar ancur" sesaat setelah boot, bisa menggunakan patch IOGraphicsFamily dari Clover. Bagi yang pake Chameleon(kaya saya) perlu sedikit usaha: cari hex string 0100007517 replace dengan 0100007417.
Info EDID:
Bagi yang mau utak atik display dengan EDID, ini sudah saya "ekstrak"-an info EDID buat display nya, lihat disini.
Info Monitor:
Banyak penyakit hackintosh, salah satu nya adalah tak mengenali "merk" monitor kita(ya iyalah, lagian siapa suruh install di system non Apple, wekaweka). Untuk mengatasi tersebut, saya punya fix nya, silahkan download file disini, ekstrak lalu copy folder tersebut ke /System/Library/Displays/Contents/Resources/Overrides/(disini), restart. Nanti merk "unknown" nya berubah jadi "Color LCD", lumayan.

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated) atau disable via DSDT. Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai. CPU jadi dingin sob, saya pernah sampe 38 derajat celcius...;-)

4. Chipset HM77 jalan.

5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x/269), pake VoodooHDA yang 2.8.2d6. Atau bagi yang mau coba AppleHDA silahkan download patched AppleHDA disini.

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx.kext.

7. Login ke Store/iCloud lancar. iMessage/Facetime gak tau dah, belum dapat sumbangan ROM dan MLB ;-p

8. Webcam dan USB 3.0 work gak pake kext.

9. Battery work.

10. Wifi, impossible, ga jalan...:-( --> paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work! Atau replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya (dan Pin51 jika combo dengan BT), biar gak di block BIOS.

Update 15/10/2017:
Akhirnya Wifi card bisa jalan๐Ÿ˜, tinggal replace pake kext ini: Atheros Unsupported

11. Card reader, ga jalan!

12. Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2Controller.kext.

13. Bluetooth, work OOB!

14. Untuk masalah shutdown yang malah jadi restart, setelah saya "selami" ternyata penyebab nya adalah USB 3.0. Jadi kita perlu "defer" USB 3.0 agar masuknya "lewat" port USB 2.0. Nah dalam versi sebelumnya, saya menggunakan kext GenericUSBXHCI.kext plus bootflag "-gux_defer_usb2 -gux_no_idle" biar bisa defer ke USB 2.0, sekarang itu gak bisa lagi sob. Untuk mengatasinya sobat perlu install "FakeCPIID_XHCIMux.kext", dan tadaaaa berhasil men-defer USB 3.0 ke USB 2.0, so si laptop bisa shutdown dengan benar.

15. Restart work! Untuk masalah sleep, masih galau sob. Sleep pada dasarnya work, tapi sedetik kemudian dia langsung wake, dikarenakan EHC1. Setelah saya oprek DSDT, berhasil membuat si laptop bisa sleep dengan benar, tapi setelah wake layar jadi blank hitam selama 1 menit lebih baru masuk desktop bahkan kadang-kadang blank permanen, jadi laptop harus di matikan paksa, hadeh. Jadi saya putuskan untuk membiarkan sleep tidak jalan ;-).
Update:
Setelah bertapa di Gunung Pamaton(boleh percaya atau tidak, saya sarankan jangan, :-p), dan menemukan pencerahan untuk "menyelami" DSDT, untuk masalah sleep saya nyatakan FIX, mueheehe. Sekarang si laptop bisa sleep dengan benar, dan setelah wake tidak ada kendala berarti. Silahkan comot fixed DSDT+SSDT nya disini, banyak optimasi DSDT untuk El Capitan.

Oke, overall 96% berjalan normal dan adem. Pada OS X El Capitan tidak banyak perubahan dari segi tampilan menurut saya, Apple hanya menambahkan fitur-fitur baru untuk aplikasi bawaan, misal kaya Maps, Note, Safari, dll. Juga yang bikin greget adalah fitur SIP(System Integrity Protection) yang baru, hehe. Okey, seperti biasa, sangat tidak afdol jika tidak menyuguhkan screenshot nya, monggo sob dinikmati.

elcapitan_agus
OS X El Capitan Final Release (15A284)
elcapitan_agus
App Store, gak ada perubahan yang berarti.
elcapitan_agus
Yang berubah drastis, Disk Utility.
elcapitan_agus
Finder, gak ada yang berubah menurut saya.
elcapitan_agus
Mission Control, mirip Task view Windows, menurut saya :-p
elcapitan_agus
Photos, aplikasi edit photo bawaan yang not bad.
elcapitan_agus
System Preference, gak beda juga.
elcapitan_agus
Full support QE/CI, METAL support juga di HD4000
elcapitan_agus
New Safari, untuk lebih jelasnya tentang apa yang baru di OS X El Capitan, silahkan ke situs Apple saja sob.

Nah, bagi sobat yang belum coba, silahkan mencoba, stabil kok. Sekiranya sekian dulu curhat saya ini, selalu junjung tinggi budaya do with your own risk ya sob, hehe. Selamat beraktivitas dan wassalam.

Update 24/12/2015:
Sukses update ke OS X El Capitan 10.11.2! Sebelumnya sorry sob, sewaktu update ke 10.11.1 lupa update blog, jadi langsung ke 10.11.2 aja yah, hehe. Caranya simple aja, tinggal update seperti biasa and done. Bagi pengguna Chameleon bootloader kaya saya, re-patch semua kext ya.

elcapitan_agus
OS X El Capitan 10.11.2

Update 03/02/2016:
Sukses update ke OS X El Capitan 10.11.3! Tinggal install update, restart dan done. Repatch semua kext bagi pengguna Chameleon bootloader.
elcapitan_agus
OS X El Capitan 10.11.3

Update 09/04/2016:
Sukses update ke OS X El Capitan 10.11.4! Tinggal install update, restart dan done. Biasa sob, repatch semua kext bagi pengguna Chameleon bootloader.
elcapitan_agus
OS X El Capitan 10.11.4

Update 20/06/2016:
Sambil ngabuburit nunggu buka puasa, sukses combo update ke 10.11.5 sob. Install seperti biasa, repatch semua kext yang sudah di patch(bila menggunakan bootloader Chameleon).
elcapitan_agus
OS X El Capitan 10.11.5

Update 05/08/2016:
Sukses combo update ke 10.11.6 nih. Caranya seperti biasa aja deh, hehe. Tinggal bersiap menyambut macOS Sierra deh.
elcapitan_agus
OS X El Capitan 10.11.6

Info: Utak-atik untuk OS X El Capitan has been discontinued! Saya alihkan ke macOS Sierra disini!
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

53 komentar

Share donk tutor buat installer usb pakai bootloader chameleon....ane gagal trus buatnya...

Balas

Pake metode restore aja. Abis itu pasang deh chameleon ke flashdisk nya.

Balas

Sya udh pake metode restore dan udh saya psang bootloader chameleonnya...tpi pas mw boot di logo applenya, lngsung ngrestart sndri....sya make tutor di osxdaily.com...

Balas

Pake app ini lumayan enak deh http://www.insanelymac.com/forum/topic/307003-clover-os-x-el-capitan-usb/

Balas

laptop ane gx support pake clover gan....dari make maverick smpe yosemite cmn support di chameleon.....

Balas

Kalo dipasang di flashdisk support aja.

Balas

Saya udh berhasil install osx el capitan di lptop, tpi knpa login icloud da pesan account limmit reached yah.....login appstore & itunes work.....dan gmna cara install MLB & ROM real mac pake chameleon....

Balas

Untuk sekarang Chameleon belum sepenuh nya bisa inject MLB & ROM di El Capitan. Pakai Clover aja.

Balas

Gan, knpa sound pake headset di osx el capitan gx kluar suaranya, saya make vodoohda...

Balas

Jangan di restart, kalau di restart ga muncul pake headset suaranya. Atau coba reinstall voodooHDA nya.

Balas

Mas agus, cara ngambil MLB & ROM di real mac gmna ya, letaknya saya gx thu.......soalnya teman saya da macbook.

Balas

agan, terima kasih banyak tutorialnya :)
mau nanya dong, ane masih belum paham cara make DSDT sama .kext gimana ya? sy coba cara agan, touchpad sama built-in keyboard masih belum berfungsi >_<

Waktu instalasi, sy make Easykext Utility buat kext sama Multibeast Yosemit buat user DSDT

Balas

DSDT pertama harus di ekstark dulu, kalau di windows bisa pake AIDA64, abis di ekstrak perlu di re-compile untuk fix error nya. Kalau sudah taro di folder Extra.
Untuk kext pake Kext utility, jgn lupa SIP nya disable dulu.

Balas

@Agus Generatio Bos Pepaci

I see, thanks gan ;)

Sekarang yg masalahnya audio ketika make headphones, jd ga bisa2 lg, bahkan pake cara agan sleep > wake, tetep ga kedetect

sama screen glitch ketika browsing gan, sy cek di /S/L/E, ada NV* sama Ge*, ini apa di "rm -irf" aja gan?

dan mau nanya gan, kalo program kaya vlc atau quicktime-nya, agan jalan ndak?
saya vlc-nya videonya ga muncul2, apa ada bbrp apps yg ga support hackintosh ya >_<

Terima kasih banyak sebelumnya gan :)

Balas

Pastikan dulu graphics jalan atau tidak (a.k.a QE/CI), kalau graphic jalan harusnya ga ada masalah playback video. Untuk sound, coba pake voodooHDA versi 2.8.2 dulu.

Balas

@Agus Generatio Bos Pepaci
Sibb gan, terima kasih.. audio udah jalan, meski perlu di tweaks2 dulu :D

untuk graphics, jalan gan, di About Mac muncul intel, tpi pas browsing atau yg ada "animation" jd ada flickering / glitch gituh..

utk HDMI, perlu driver lg yah gan?
*sy ketika make HDMI, malah jd resolusinya ga normal

terima kasih banyak sebelumnya gan :)

Balas

Graphic nya apa? HD4000/HD3000? Klo dua itu, perlu ada di patch biar HDMI normal...

Balas

bro kalo mau benerin kayak baterai gak jalan terus yg lainnya tapi os x udah terinstall gimana ?

Balas

Patch DSDT atau cari kext untuk baterai, install kext nya, rebuild cache...

Balas

Iyaa gan kl pny sy yg Intel HD4000. Agan ada kext buat HDMI-nya?

Saya akhirnya disable Nvidia lwat BIOS, tp tetep ada glitch gan. Kira2 solusinya gimana yah?

Terima kasih gan :)

Balas

Ane pake converter, jadi ga pake kext. Pastikan ig-platform nya 01660003

Balas

@Agus Generatio Bos Pepaci

Ini value buat key IGPlatformID di *.plist yah gan?

Balas

Kalo pake Chameleon, taro di O.C.B.P nya. Kalo pakai clover taro di config.plist nya...

Balas

@Agus Generatio Bos Pepaci

mantab gan, udah berhasil :D
saya akhirnya make chameleon, dan semua yg agan jalanin work di acer saya juga XD

tinggal trackpad gan, agan kalo scrolling pake two finger ga yah?

Terima kasih banyak gan sebelumnya :) agan memang keren!!!!

Balas

Mantap, kita sama-sama belajar juga kok bro...:D
Klo trackpad ane pagi 2 jari sih, install VoodooPS2Controller,kext yang terbaru.

Balas

@Agus Generatio Bos Pepaci

Okay thanks gan :) akhirnya saya pake yang dari sini, beliau provide kext buat elan / synaptic etc. Alhasil saya bisa customize tipe scrolling-nya. Bisa horizontal, tap 2 finger = klik kanan, etc

Sebelumnya benar2 terima kasih banyak gan :) Akhirnya saya bisa utak-atik dan belajar os x serta kelebihannya, terutama terminal tanpa harus nunggu kebeli macbook pro XD

Balas

hackintosh itu free n legal atau ilegal kayak pakek windows 7 bajakan gan ?
setelah itu bedanya ama mac os asli dengan hackintosh apa gan ?

Balas

Kalau menurut saya pribadi, legal atau enggak nya masih kurang jelas, hehe.
Ilegal: karena Mac OS hanya dibolehkan dipasang di device Apple, bukan yang lain.
Legal: Mac OS basenya dari BSD, yang notabene adalah sumber terbuka dan free untuk siapa saja.

Tidak ada bedanya dengan Mac OS di device Apple, bedanya cuma Hackintosh adalah Mac OS yang di pasang di device non Apple.

Balas

Kang Agus, nanya dong :) Akang udah Update ke 10.11.4? Katanya ada masalah di audio, dan saya udah coba repatch audio, tapi tetep ga bisa. *mungkin ada yg kurang step-nya. Mohon pencerahannya kang :)

Terima kasih banyak :)

Balas

Hehe, belum update, masih belum ada waktu. Kalau ada masalah dengan kext baru, pake kext yang lama aja, di rollback (kalo ada backup kext).

Balas

I see thanks, kang Agus :)

Kalo utk rollback versi el capitannya bs gak yah ke 10.11.3 X

Balas

Wah downgrade ya, gak pernah nyoba saya...

Balas

Kang Agus :) boleh nanya, referensi clean install kang agus dari mana aja ya?

kayanya saya mau clean install pake enoch bootloader dari awal, dan nemu ini: http://osxarena.com/2015/10/guide-install-el-capitan-on-hackintosh-pc-with-chameleon-bootloader-vanilla-installation-method/

ada beberapa kext yg saya ga yakin buat install, karena khawatir beda dari yang gan agus punya XD

Terima kasih banyak, sebelumnya :)

Balas

Kalau saya awal install, bikin installer nya di HDD, Clover di flashdisk. Install seperti biasa, pas udah finish, boot pake Clover. Abis itu patch AICPM dan pasang fakeSMC, baru pake Chameleon...

Kalau murni pake Chameleon, harus punya patched AICPM dulu, replace AICPM yang di installer, kalo gak bisa KP. Clover kan udah ada patch OOB buat AICPM, jd ga perlu copy file ke installer...

Balas

@Agus Generatio Bos Pepaci

I see, siib thanks kang agus :)

ohya kang, kalo utk apple hda, kang agus dulu ngepatch-nya gimana yah?

*ngambil referensi dari mana?

Balas

Waduh kalo itu banyak om, udah lupa, kebanyakan sih di OSXLatitude. Kemaren patch nya, ane nyomot punya orang juga, yang keetulan jalan di codec laptop ini, hehe.

Balas

kang agus punten :)

kemarin sy nemu di forum, utk AppleHDA, katanya make yg Native versi 10.11.3 bisa, tapi sy kena jebakan betmen kang, di download kext-nya, akhirnya sistem permission sy ngaco >_<

saya boleh minta native applehda dan dummy applehda-nya kang agus yg terbaru?

sama mau nanya kang, utk SIP, ko di O.C.B.P udh sy ubah CsrActiveConfig jadi 64, tetep ga mau ke disable yah kang?

mohon pencerahannya
m(_ _)m

Balas

Wah, saya patch nya yang manual bukan OTF, jadinya saya hapus kext nya yang asli. Pake chameleon pake CsrActiveConfig
3
0 SIP nyala, 3 SIP setengah nyala(load unsigned kext), dan 67 SIP mati total

Balas

ahh sory, maksudnya 67, bukan 64 XD

Balas

ahh iyaa kang agus, 67 :D salah ketik XD

ini saya udh coba juga kang, tapi masih yg disabled kaya make "3", nnt sy foto pas boot-nya

Balas

Permisi gan,, numpang nanya, untuk fix sleep nya ke DSDT agan pake tutor darimana ya? sy Acer Aspire V5-471PG (iseng2 lg hehe) jadinya hrs DSDT sendiri...

Balas

gan... minta link tutorial patch DSDT buat shutdown n sleep dong,,, Ane yang V5-471PG jadi kudu mandiri DSDT nich

Balas

http://www.tonymacx86.com/el-capitan-laptop-support/152573-guide-patching-laptop-dsdt-ssdts.html

Patch yg lumayan banyak milik Rehabman

Balas

Halo mas agus, mau tanya..
Kenapa ya setelah install voodoHDA si kapten jadi KP, tapi kalo voodooHDA nya saya block di clover malah normal dan audio jadi berfungsi..tapi setelah saya restart lagi malah ilang lagi audio nya..padahal sudah pake SIP utility..
Ada masukan mas??
Thank before

Balas

Install voodooHDA, mesti hapus AppleHDA nya. Kalo pake patch AppleHDA biasanya kalo di restart ilang suara, berarti ada yg masih kurang patch nya.

Balas

Tiap mau booting el capitan, layarnya selalu nge glitch, kalo pake GraphicsEnabler=No layarnya nggak ngelitch tapi selalu stuck di tempat yg random.
Saya pake acer aspire 4741z procie intel p6000. Vga intel hd first generation.

Dulu saya berhasil instal maverics dan semuanya work, tolong bantuannya

Balas

punya saya juga gak bisa di shutdown nih mas sejak page el capitan...tp bedanya di komputer saya gak ada USB 3 sama sekali. maklum komputer jadul. cara perbaikinnya gimana yah ? makasih

Balas

Menurut saya masalah shutdown ini bervariasi berdasar device, mungkin di saya penyebab nya USB3, tapi bisa jadi di tempat sobat lain lagi penyebabnya. CMIIW sih

Balas

Link downloadnya os capitannya yg 8gb mana bro ?

Balas

Coba search di software182.com

Balas

Keyboard ga fungsi gimna ya

Balas

Coba pake keyboard USB, bisa gak?
Kalo keyboard bawaan gak bisa ada kemungkinan kext VoodooPS2 nya tidak ter-load.

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ๐Ÿ‘‰

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts