Thursday, October 22, 2015

Bagaimana Jika Bumi Berada Di Galaksi Andromeda

Halo sobat, apakah sobat tau di galaksi mana bumi kita berada? Kebangetan deh kalau gak tau, yup bumi kita berada di galaksi Bima Sakti(Milky Way). Bumi kita mengorbit salah satu bintang dari sekitar 300 milyar bintang yang tersusun membentuk galaksi Bima Sakti. Tau donk bintang apa? Bintang tersebut adalah matahari, tata surya kita mengorbit matahari. Letak tata surya kita di galaksi Bima Sakti sedikit di pinggiran nya sob, hehe (bersyukur saja, kalau dekat pusat galaksi ada Black Hole lho). Tapi, apakah sobat pernah membayangkan jika bumi kita ini berada di galaksi lain?

andromeda agus

Di alam semesta ini ada triliunan jumlah galaksi sob, setiap satu galaksi memiliki milyaran sampai triliunan bintang, fantastis kan? Kalau dipikir sih, betapa kecil nya kita ini dibanding ciptaan Tuhan yang lain. Nah, gimana ya jika bumi ini berada di salah satu galaksi yang berjumlah triliunan tersebut? Saya akan mengajak sobat "ngimpi" lagi, bila bumi berada bukan di galaksi Bima Sakti. Dewasa ini, galaksi lain yang paling kita kenal adalah galaksi Andromeda.

Yup, karena galaksi Andromeda inilah galaksi yang paling "dekat" dengan galaksi Bima Sakti. Jaraknya dari bumi adalah sekitar 2.5 juta tahun cahaya. Tahu artinya jarak tahun cahaya sob? Misal, sobat naik bajaj dengan kecepatan cahaya dari bumi, maka sobat perlu waktu selama 2.5 juta tahun untuk sampai ke galaksi Andromeda. "Dekat dengkulmu!" Mungkin itu yang ada dipikiran sobat, hehe. Tapi memang begitu adanya sob, kalau sudah urusan jarak di "interstellar" (ruang antar bintang), satuan yang dipakai adalah tahun cahaya (light year).

Galaksi terjauh yang dikenal manusia berjarak 13 milyar tahun cahaya, jadi wajar saja kan sob jarak 2.5 juta tahun cahaya itu bisa dibilang "dekat", hehe. Oke cukup intro nya, sekarang kita langsung memulai "mengantar" bumi ke galaksi baru nya. Untuk menempati suatu galaksi planet memerlukan minimal satu bintang untuk di orbit. Waduh agak susah sob memilih bintang yang mirip matahari, di galaksi Andromeda jumlah bintang yang terhitung sekitar 1 triliun biji. Hmmm, ada baiknya kita pilih yang paling dekat aja, bintang Sirrah.

Karena bintang ini lebih terang dari matahari, maka bumi kita taruh orbit nya agak jauh, supaya intensitas cahaya nya mirip matahari. Oke sip, anggaplah kita sudah selesai memindahkan bumi, sekarang kita berada di galaksi Andromeda (silahkan dadah dadah sama tata surya yang ada di Bima Sakti, hehe). Lantas bagaimana keadaan bumi ketika berada di galaksi ini? Menurut studi yang ada, hujan meteor lebih sering di galaksi ini. Artinya, bumi bisa saja kedatangan ribuan meteor. Tapi, tenang atmosfer bumi akan dengan sigap melindungi kita.

Karena jumlah bintang di galaksi Andromeda lebih banyak, maka langit malam hari akan lebih romantis sob. Silahkan kalau mau ngajak gebetan makan malam sambil lihat keindahan langit malam hari. Galaksi Andromeda terkenal sebagai galaksi "pengganggu", artinya doi suka mengacaukan susunan dari galaksi lain, maka langit malam bumi akan tambah cantik lagi sob bermandikan cahaya kalau galaksi ini nyerobot galaksi lain, saya rasa, hehe. Bagaimana dengan suasana alam bumi? Saya kira tidak ada perubahan signifikan, karena tadi kita sudah men-setting jarak bumi dengan bintang Sirrah, so urusan suhu tidak berubah.

Karena kita berada di galaksi lain, kita mungkin akan kenalan dengan planet-planet baru. Berdoa saja sob, kalau planet itu ada penghuninya, semoga doi gak galak yah sama kita. Eits, karena bintang di galaksi ini jauh lebih banyak, tentunya jarak antar satu bintang ke bintang lain akan "berdekatan atau saling mepet". Berarti kita harus waspada, karena bisa saja orbit kita di bintang Sirrah akan di rampas bintang lain. Kalau sudah gitu, nasib kita kalau gak gosong atau beku deh. Di galaksi ini juga terdapat lebih banyak Black Hole(lubang cacing), hati-hati aja bumi bisa terhisap kedalamnya, amsyong dah.

Fun fact nya sob, galaksi Andromeda ini bergerak mendekati galaksi Bima Sakti loh. Artinya, suatu saat nanti kedua galaksi ini akan bertabrakan dan membentuk satu galaksi baru. Yah, bumi kita pulang kampung lagi deh, hehe. Menurut perhitungan ilmuwan, galaksi Andromeda bergerak dengan kecepatan 300km/detik mendekati Bima Sakti. Artinya, dalam 4 milyar tahun lagi kedua galaksi ini akan bertabrakan. Hmmm, tentunya kalau selama itu kita sudah innalillah yah sob, aman.

Bentuk galaksi Andromeda ini sering kali dipakai sebagai "model" penggambaran galaksi Bima Sakti. Kenapa? karena kita belum sepenuhnya bisa memetakan galaksi kita sendiri. Kalau sobat melihat gambar galaksi dan keterangan galaksi itu adalah Bima Sakti, maka itu sebenarnya adalah gambaran dari galaksi Andromeda.

Oke sob, sudah cukup mimpinya. Setelah kita membayangkan hal diatas, disini kita belajar, bahwa memang Tuhan itu Maha Besar ya sob. Dengan adanya alam semesta ini sudah cukup jadi bukti kebesaran dan keberadaan Tuhan. Gak mungkin kan, alam semesta yang begitu kompleks ini bisa jalan-jalan sendiri tak ada yang mengaturnya. Karena itu dalam bidang Astronomi ada banyak tanda-tanda bagi kaum yang berfikir ;-)

Nah, karena saya keterbatasan data tentang keadaan galaksi Andromeda, sekiranya sampai disini dulu "ngimpi" kita mindahin bumi ke galaksi Andromeda. Kalau sobat punya fakta menarik lain dari galaksi Andromeda, bisa share disini. Kalau ada salah kata atau kalimat yang jelimet, maafin ya sob. Wassalam.

Sumber data:
- Wikipedia
- Astronesia
- Space.com
- Nasa
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

3 comments

kata2nya asik banget, meskipun informasinya ga banyak, tapi gue uda cukup tau la tentang andromeda. keren!

Balas

Bahas bro planet nibiru dan kepler

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?