Thursday, June 18, 2015

Install Hackintosh El Capitan Developer Beta Di Acer V5-471G

Marhaban ya Ramadhan, hari ini tepat hari pertama puasa sob, paling enak ngoprek nih ngabuburit nya, hehe. Nah, beberapa minggu lalu di WWDC 2015, Apple baru saja mengumumkan sang penerus dari OS X Yosemite di beri codename El Capitan 10.11. Namun ini masih sebatas Developer Beta tahap satu, artinya bukan untuk dipakai sehari-hari sob, karena penuh dengan bugs dan tidak stabil. Namanya juga diperuntukkan bagi para Developer, kita mah nyicip aja.

Nah sebelumnya saya juga pernah mencoba install OS X Yosemite Developer Preview, artikel itu juga bisa dijadikan acuan bagi sobat yang ingin menginstall versi developer ini. Oke, tanpa basa-basi langsung saya curhat ketika mencoba (testing) OS X El Capitan.

Persiapan

1. Bulan puasa, gak ada cemilan ;-)

2. Siapkan Flashdisk ukuran 8Gb, format ke HFS+(Mac OS Extended Journaled).

3. Siapkan partisi untuk El Capitan, minimal 20Gb di primary jangan di extended/logical. Sampai saya menulis blog ini, belum tersedia MBR patch nya, untuk itu sobat harus pasang di hardisk GPT partitioned.


Pemanasan

1. Ingat sob, cari tau dulu tentang Hackintosh ya! Serius nih!

2. Untuk kext-kext sementara pakai FakeSMC saja dulu, karena saya hanya mencoba sob. Jangan pake GenericUSBXHCI yea, nanti bisa KP.

3. Bikin installer ke Flashdisk tadi, pake metode apa aja boleh, saya pake metode Restore.


Pemasangan

Attention: Seluruh tutorial saya ini khusus buat V5-471G dengan spek Core I5-3317U/I3-3217U & Optimus Geforce GT 620M. Kalo untuk variant V5-471G yang lain mungkin sama saja caranya, cuma saya tidak menjamin DSDT/SSDT punya saya jalan di variant selain punya saya ini sob.

1. Colokkan Flashdisk installer El Capitan ke port USB yang paling ujung (jangan di USB 3.0 atau yang di tengah).

2. Pilih Flashdisk installer tadi, nanti akan masuk ke bootloder Clover, masukan bootflag "-v kext-dev-mode=1 dart=0 darkwake=0 rootless=0" (tanpa kutip). Ingat, bootflag kext-dev-mode=1 masih wajib hukumnya ada, bootflag rootless=0 juga wajib.

3. Anggap sobat berhasil masuk installer, pilih dimana sobat mau memasang El Capitan nya.

4. Lanjut tekan install, tunggu sampai sukses, kalo sukses dia akan restart sendiri.


5. Gimana? Udah masuk jendela registrasi? Anggap berhasil, tinggal sobat isi data yang sesuai.

6. Kalau sobat pake DSDT+SSDT untuk Yosemite, sobat ga perlu hapus kext NV* dan GeForce*.

7. Done, alhamdulillah.


Utak-atik Dan Kondisi

1. Procie Core I5 3317U/Core I3 3217U 1.7Ghz turbo boost up to 2.6Ghz Ivy Bridge, native support. Karena saya pake clover, saya mendapatkan otomatis speedstep.

2. Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image.
Untuk VGA out(biasanya kalo mau presentasi ke proyektor) pake kabel bawaan ga support, sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", yang biasa aja udah work kok sob..;-)
Mengaktifkan Intel HD 4000 pakai DSDT+SSDT ini.
Info:
Bagi sobat yang mengalami "glitch/layar ancur" sesaat setelah boot, bisa menggunakan patch IOGraphicsFamily dari Clover. Bagi yang pake Chameleon(kaya saya) perlu sedikit usaha, berikut langkah nya:
a. Pilih Show package content dari IOGraphicsFamily.kext, copy file IOGraphicsFamily ke sembarang tempat.
b. Buka aplikasi Hex Fiend, pilih Open file, buka file IOGraphicsFamily yang di copy kan tadi.
c. Pilih menu Find, cari string berikut (ketik biasa aja) -> 4188C4EB03 Note: Untuk Yosemite versi 10.10.2+ search 4188C4EB11
d. Lalu replace dengan string ini -> 4188C4EB23 Note: Untuk Yosemite versi 10.10.2+ replace dengan ini 4188C4EB31
e. Save file nya.
f. Copy file IOGraphicsFamily yang di patch tadi ke dalam IOGraphicsFamily.kext(timpa yang aslinya).
g. Replace IOGraphicsFamily.kext yang asli dengan IOGraphicsFamily.kext yang sudah di patch tadi, repair permission.
h. Coba restart, harusnya berhasil, done.
Info EDID:
Bagi yang mau utak atik display dengan EDID, ini sudah saya "ekstrak"-an info EDID buat display nya, lihat disini.

3. NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated). Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai. CPU jadi dingin sob, ane pernah sampe 38 derajat celcius...;-)
Update:
Di DSDT sudah saya tambahkan method supaya bisa disable NVidia Optimus tanpa ubah di BIOS, tapi tetap gagal sob, NVidia nya masih ON.
Update 8/1/2015:
Saya berhasil disable Optimus via DSDT nih, jadi kita ga perlu lagi ribet matiin di BIOS. DSDT sudah include di folder Extra diatas.

4. Chipset HM77 Jalan.

5. Audionya, Intel Panther Point (ALC 271x/269), pake VoodooHDA yang 2.8.2d6. Bagi yang mau patching AppleHDA sendiri, itu DSDT sudah saya inject LayoutID 28 sob, kalo berhasil bagi-bagi yah AppleHDA nya, hehe.
Update:
Duluan saya nih sob update AppleHDA Yosemite edition (266.5), hehe. Bagi yang mau coba AppleHDA silahkan donli disini. Work pake headphone, setelah sleep juga masih "gurih", ambient noise reduction nya juga mangstab sob...;-)
About HDMI audio, bagi sobat yang punya HDMI, monggo di test HDMI nya pake ini (backup dulu yang kext yang asli nya). Wajib pake patched AppleHDA, kalo pake VoodooHDA ga tau sob...:-)

6. Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx.kext.

7. Login ke Store/iCloud lancar. iMessage gak tau dah ;-)

8. Webcam dan USB 3.0 work gak pake kext.

9. Battery work.

10. Wifi, impossible, ga jalan...:-( --> paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work! Atau replace card bawaan dengan card yang cocok dengan hackintosh, ingat waktu replace wifi card, tutup(selotip) dulu Pin20 nya, biar gak di block BIOS.

Update 15/10/2017:
Akhirnya Wifi card bisa jalan😍, tinggal replace pake kext ini: Atheros Unsupported

11. Card reader, ga jalan!

12. Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2.

13. Bluetooth, work OOB!

14. Sleep, dan restart, work! Shutdown masih belum fix, malah restart dia.

Overall 95% berjalan aman dan adem. Seperti biasa, gak afdol namanya kalo belum memperlihatkan screenshot nya, nih sob:

About this Mac El Capitan. Sejauh ini belum saya temukan perbedaan yang mencolok dari Yosemite. Paling penambahan sedikit fitur dan kecepatan.
App Store
Testing audio dan video, mantap.
Disk Utility tampilan baru punya sob.
Launchpad iOS style.
New Mission Control, jadi inget Windows ;-) ckckck
System Preferences, ga ada yang beda sama Yosemite ya.
Full Quartz Extreme/Core Image, with METAL support for HD4000.
The new Safari.

Nah sob, sekiranya itu beberapa screenshot dari saya, lumayan sambil nunggu imsak, hehe. Untuk lebih lengkap tentang apa saja yang baru di OS X El Capitan bisa sobat langsung liat disini. Sekian dulu dari saya dan jangan lupa junjung tinggi "do with your own risk", wassalam.

Update:
Versi final sudah rilis, silahkan cek disini!

*Mau lihat cara install macOS Sierra? Kesini aja!


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

2 comments

Ask about replace networkcard Pin 20 tuh yg mana ya gan? Soalnya punya saya hbs replace malah touchpad+keyboard sm batrenya ga kedetek.

Balas

Nih om foto pin 20: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1019019314794020&set=p.1019019314794020&type=1&theater

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?