4 Agu 2013

Install Hackintosh iAtkos ML2 (Update to 10.8.5) Di Acer V5-471G

Hai-hai sobat, udah baca artikel ini? Seperti sudah saya kisi-kisi kan, laptop Acer Entry Level seri ini adalah 90% HackBook. Nah jika sobat pengen nyoba install iAtkos ML2 di laptop ini, monggo disimak. Tapi maaf jika masih ada kekurangan, karena udah satu bulan nih percobaan untuk dapatkan 95% HackBook...:D

Okeh, tanpa basa basi langsung siapkan hal-hal berikut :

1. Nyali, kalo takut rusak mending ga usah sob, karena kita akan melakukan hal yang kemungkinan bisa menewaskan laptop sobat, karena itu Do with Your Own Risk...!!! :D

2. Saya saranin sediakan teh manis dan cemilan, suer sangat membantu. :)

3. Sediakan iAtkos_ML2 dalam bentuk DMG. Restore ke USB atau burn ke DVD dual layer. Install chameleon di Flashdisknya! Bingung? Mending sobat gugling aja cara restore nya. :)

4. Sediakan satu partisi untuk Mac nya. Minimal 15Gb, format ke HFS+ Journaled(Yang udah ada windows nya, pake parted magic aja sob, tapi hasilnya enggak journaled sih, tapi bisa dibikin journaled di installer Mac nya koq hehe). Fardhu Kifayah harus di primary, jangan di extended/logical.

5. Kalo sobat pemula, lebih baik cari tau dulu tentang dunia Hackintosh.

6. Semua siap, langsung ucap basmalah!

Mulai mengandangkan Mountain Lion di Acer V5-471G:

1. Set HDD di bios jadi AHCI, set juga F12 boot menu nya supaya aktif.

2. Colokkan USB installer iAtkos nya, nyalakan laptop tekan F12, pilih USB nya.

3. Kalo berhasil, akan muncul Chameleon BootLoader. Ketikkan bootflag "-v -x" (tanpa tanda kutip).

4. Anggap saja lancar, akan masuk ke safe mode installer. Kenapa safe mode? Karena kalo ga safe mode, pas masuk installer akan keluar dengungan keras yang menyilaukan mata..:p

5. Langsung masuk Disk Utility. Bagi yang bikin partisi Mac nya pake Parted Magic, monggo enable kan Journaling nya dulu.

6. Keluar Disk Utility, tekan continue, disudut bawah kiri pilih Customize! Lakukan customize seperti ini:
a. Biarkan tercentang default.
b. Centang PS2 Controller
c. Centang RTC
d. System definitionnya cari MacBook Pro 9.1 aja sih sob
(Customize diatas adalah cara saya, sobat bisa juga berimprovisasi)
Nanti kalo udah sukses, khusus untuk baca Partisi NTFS, saya saranin delete ntfs.kext di /System/Library/Extension, lalu install latest Paragon NTFS.

7. Tancap OK, tancap Install, dan tunggu 15 menitan.

8. Kalo berhasil restart!

9. Ga bisa masuk OS nya ya? hehe, tenang, jangan banting laptop nya dulu sob. Sobat bisa masuk ke safe mode dan hapus kext yang berawalan NV*. Alternatif, sobat ke Windows, install MacDrive, masuk ke partisi Mac, buka System/Library/Extension/ cari dan hapus kext yang berawalan NV*.

10. Sudah berhasil masuk? Kalo bisa mantap! Langsung sobat hajar Combo Update ke 10.8.4, jangan restart dulu, buka Multibeast, lakukan rollback ACPI, bisa juga pilih Patched AppleIntelCPUPowerManagement, dan hapus NullCPUPowerManagement.kext di /System/Library/Extension. Baru deh sobat restart.

11. Berhasil terupdate ke 10.8.4? Mantap.

Nah sekarang, sobat telah memiliki OS andalan Apple ini. Berikut keadaan laptop setelah menjalankan Mountain Lion 10.8.4:

- Procie Core I5 3317U/Core I3 3217U Ivy Bridge, native support. Untuk sedikit mendapatkan speedstep, ganti SMbios jadi MacBook Air 5.2! Lebih afdol nya lagi, patch AppleIntelCPUPowerManagement.kext lalu drop SSDT(sampe sekarang saya belum berhasil sob speedstep terafdol nya, he)!

- Intel HD 4000, work 100%, full Quartz Extreme/Core Image, tinggal inject device properties ini ke file /Extra/org.chameleon.boot.plist : 5e0000000100000001000000520000000100000002 010c00d041030a000000000101060000027fff04002c000000 4100410050004c002c00690067002d0070006c006100740066 006f0072006d002d006900640000000800000003006601

- Untuk VGA out di Intel HD 4000 untuk sementara saya belum menemukan oprekan yang jalan di laptop ini. Tapi, kalo sobat udah ngebet pengen presentasi pake proyektor, pake kabel VGA bawaan ga work sob, untuk itu sobat mesti beli "HDMI to VGA converter" yang "active", work!

- NVidia GeForce GT620M 1Gb Optimus, tidak jalan, disable saja di Bios (ubah jadi integrated). Disable optimus bisa menghemat banyak energi atau baterai. CPU jadi dingin sob, ane pernah sampe 38C...;-)

- Chipset HM77, jalan sob.

- Audionya, Intel Panther Point, pasang VoodooHDA yang 2.8.2 ja sob, atau cari versi yang suaranya bisa lebih pas.

- Wifi, impossible, ga jalan...:( --> (alternatif, tunggu artikel selanjutnya, paling simpel+murah, beli aja sob Mini 150m Wifi usb dongle, work)

- Ethernet Realtek RTL8168/8111 Gigabit-LAN, pake kext RealtekRTL81xx, ada di Multibeast kayaknya sob. Work! Note: sampai sekarang saya mati kutu, ga bisa bikin dia jadi Built In, berbagai cara udah dilakukan, jadinya ga bisa login ke App Store/iCloud/iMessage,, :(
*update 18/08/2013: Solved, gunakan Clover bootloader. Install clover di FD, gunakan fix DSDT mask 0x2004, boot pake FD tersebut, dan kita bisa login ke AppStore/iCloud. Tinggal iMessage nih, dia minta login pake iDevice aseli, haha.

- Brightness dan Sleep pake DSDT aja.
*Update 9/10/2013: Bagi yang pake DSDT diatas, tapi masih bermasalah dengan sleep, sobat bisa pake DSDT baru ini yang sudah saya patch, mudah-mudahan bisa sleep, he. Keadaan setelah wake, sejauh ini belum saya temukan error sih. Tapi, jika sobat menggunakan IOUSBFamily yang digunakan untuk mengaktifkan WebCam seperti yang dibawah, setelah wake, WebCam nya jadi ga working, sobat harus restart dulu, baru bisa jalan lagi..;-) (inga inga, keadaan ini terjadi di laptop saya, mungkin kalo di laptop sobat akan berbeda)

- Battery pake DSDT juga. Kalo ga mau, pake VoodooBattery yang versi Snow Leopard, tapi ya laptop sobat akan terdetek pake baterei terus walaupun pake AC power, hehe. Bisa juga pake ini, hapus yang VoodooBattery nyah.

- Card reader, ga mau

- USB 3.0, jalan pake ini.

- Keyboard dan touchpad pake VoodooPS2. Kalo mau touchpad-nya supaya agak mirip Apple gitu, pake ini, hapus voodooPS2 nyah.

- WebCamera, ga mau sob!
*update 18/09/2013: Webcam bisa berjalan sempurna, sobat hanya butuh file ini, replace yang ada, trus restart, cek Webcam pake photobooth.;)
Mangstab
Konsekuensinya, USB 3.0 tidak jalan, karena GenericUSBXHCI.kext gak kompatibel dgn file yang ada, bagi saya sih gak terlalu kepake juga USB 3.0, mending webcam-an..;)

- Bluetooth, lantjar!

Overall, berjalan mulus, iLife/iWork/Final Cut/Logic lancar, intinya hampir semua aplikasi Mac bisa jalan, kecuali aplikasi Utility untuk Wifi(wong wifi nya ga jalan), hehe. Untuk game juga bisa sob, kayak Fast Five, Sims, Batman, aman aman saja.

Berikut sedikit screenshotnya sob :




Update:
Nyang versi 10.8.5 udah rilis sob, sudahkah kalian udpdate? Kalo ada yang masih belum berani update karena takut error, disini saya kasih tau pengalaman saya waktu update, plus beberapa penemuan penting, wkwk:

- Silahkan update/donli update-an 10.8.5, trus install.

- Kalo berhasil, jangan restart dulu, buka multibeast, lakukan rollback ACPI, trus pilih patched AICPM. Baru deh restart. (Bagi yang bermasalah dengan shutdown *kayak saya*, setelah melewati proses ini, si doi bisa shutdown dengan benar.;)

- Berhasil terupdate?


Gimana sob? si Mac versi rakyat ini ga kalah lho sama Mac yang di Macbook. Juga bisa sobat buat Daily Use, selain windows(kalo dual boot). Udah dulu yah sob, wassalam...Selamat menikmati! :D

Note:
*Percobaan(utak-atik) di Acer V5-471G untuk versi Mountain Lion "has been discontinued"..:-D
Saya fokus-kan kesini...!

*Mau lihat cara install macOS Sierra? Kesini aja!


Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

13 komentar

Mas cara ngambil screen shoot di iatkos ml2 gimana ya?

Balas

Kalo saya diatas pake aplikasi Skitch...Masbro jg bisa pake aplikasi SnapNDrag, atau pake utilities Apple nya Screengrab. Kalo yg tombol shortcut, tekan CTRL+SHIFT+3 (CTRL nya yg punya keyboard Mac, bkn yg di keyboard biasanya masbro, kalo keyboard biasa, umumnya di ALT)...CMIIW

Balas

boleh minta tolong ga, saya dah install mac os X 10.6.3 pas udah selesai, dan pas boot mac bali lagi(seperti restart)

Balas

boot pake -v masbro utk mendeteksi masalah..:)

Balas

gan boleh minta tolong cara injection device propertis dan cara instal DSDT.aml, mohon untuk pencerahaanya ga.

Balas

Mantaps tutorialnya.. kebetualan laptopnya sama.. tp kemampuan sy jauh dibwah nich hehe.. sudah gak tau berapa puluh jam ngoprek ini.. yang pertama adalah resolusi hanya mentok di 1024x768, ketika memakai autocad 13, gak bisa karena vga jadul pesennya..

pertanyaan : apakah ketika inject harus upgrade ke 10.8.4 karena kebetulan dongle sy ilang, jadi bingung mau connect pakai apa ke inet, target benerin vga dulu biar bisa kerja..

Balas

Sama masbro, kita juga newbie nih..:)

Sebetulnya ga harus ke 10.8.4 masbro...Btw, vga intel masbro, yg 4000 ato yg 3000, yg diatas hanya untuk yg 4000 masbro...

Balas

http://p.pw/babdoS link download hackkintosh

Balas

bro mau nanya kalo mau aktifin Hdmi audionya supaya builtin gimana ya ? apa ada dsdt atau kext ?

Balas

Ada di DSDT, di bagian IGPU/GFX0...

"hda-gfx",
Buffer (0x0A)
{
"onboard-1"
},

Balas

oh iya gan ane beli usb wifi 150m TP-link TL-WN725N udh ane install drivernya nah pas internetan bentar tiba tiba freeze/diem cursornya itu gimana fixnya ?

Balas

Cari driver yg terbaru, jgn driver bawaan nya...

Balas

Udh ane download yang terbaru gan tetep aja klo lagi internetan tau tau freez sendiri laptopnya

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts