2 Okt 2011

Install Hackintosh Snow Leopard iATKOS 10.6.3 Di Acer 4535(Akhirnya)

Hai sobat, lama gak update artikel blog nih, lagi gak ada bahan soalnya. Daripada gak ada update sama sekali, lebih baik saya nulis tentang hal ini. Kuno sih, bagi para ahlinya, tapi “wah” bagi para pemula seperti saya. Sobat tau dengan OS buatan Apple yang namanya Macintosh(Mac OS)? Saya yakin dah banyak yang tau. Tapi pernah juga kan dengar yang namanya Hackintosh? Sebuah nama yang keren.

Hmmm, apa sih Hackintosh? Menurut hemat saya, Hackintosh adalah Macintosh yang bisa diinstall di PC/laptop non-Apple. Ya, sekarang si Macintosh-nya Apple udah bisa diinstall di komputer non-Apple lho. Setelah googling sana sini dan sudah cukup berani, mulailah menginstall Hackintosh distro iATKOS Snow Leopard 10.6.3 di laptop Acer 4535 saya.

Sebelum mulai, saya berikan dulu spesifikasi singkat dari laptop Acer 4535 saya,
- Processor AMD Turion X2 Mobile RM-74 2.2GHz
- HDD 250Gb
- ATI Radeon HD 3200 Graphics
- 2x1Gb RAM DDR2
- WLAN Atheros AR5B91
- Intel HDA atau ALC888/1200 (???)
- LAN Atheros AR8131
- DVD-RW
- Bluetooth
- Card Reader
- Untuk lengkapnya silahkan kunjungi situs Acer, hehe

Persenjataan yang harus sobat siapkan,
- Berdoa(penting!)
- DVD Installer Snow Leopard 10.6.3 iATKOS
- Jika sobat sudah punya Windows lebih dulu di laptop, alangkah baiknya jika sobat membuat partisi baru(FAT32, minimal 13Gb, beri label misalnya Macintosh). Sepertinya artikel saya ini mengarah kepada 2 hal yang dominan sob, yaitu “Cara Dual Boot Windows-Mac OS” dan “Cara Install Mac OS”.
- Kopi hangat

Baiklah, here we go, berikut tahap-tahap peng-installan nya,
1. Set HDD di BIOS menjadi AHCI dan boot first priority jadi DVD. -->curhat-->kesalahan saya adalah dulu sewaktu install windows pake mode IDE(windows saya akan blue screen jika dirubah jadi AHCI), jadi saya harus bolak balik IDE-AHCI untuk mengakses windows dan Snow Leopard. Tapi sekarang udah nggak lagi bolak balik, entah mengapa..^_^a

2. Masukan DVD Installer Snow Leopard iATKOS

3. Ketika Darwin Bootloader muncul, cepat tekan F8. Tanda kemunculan Darwin Bootloader adalah adanya gambar Iguana lagi senyum. Jika sobat punya Windows, partisi-partisi windows akan terlihat berdampingan dengan icon DVD installer iATKOS(termasuk partisi yang sobat buat –lihat bagian persenjataan--). Gunakan panah di keyboard untuk memilih icon DVD installer iATKOS, jangan menekan Enter yea!

4. Kemudian, ketikkan “–v cpus=1 busratio=16” (tanpa tanda petik). Nah baru kemudian sobat tekan enter

5. Tunggu saja sob, nanti akan muncul sendiri jendela installer nya(memang agak lama sih)

6. Kalo sudah muncul, arahkan mata sobat ke bar bagian atas, sobat pilih Utilities-->Disk Utilities. Ingat, jangan ceroboh dibagian sini, kalo salah, bisa tewas windows sobat

7. Pilih partisi yang bernama “Macintosh”(nama ini Cuma contoh lho, sobat bisa saja memberikan nama berbeda kepada partisi yang sobat buat tadi --lihat bagian persenjataan diatas--)

8. Sudah? Kalo sobat sudah memilih partisi “Macintosh”, pilih tab Erase yang ada di kanan, lalu sobat format partisi Macintosh ini dengan MacOS Extended Journaled(biasa disebut HFS+). Beri label nya terserah sobat, misal “Macintosh” lagi, lalu tekan tombol Erase dibawah

9. Setelah selesai, keluar dari Disk Utility(tombol shortcut nya WinLogo+Q). Sobat akan kembali ke jendela instalasi, pilih Continue(tanda “-->”). Pilih partisi yang tidak ada tanda serunya alias partisi “Macintosh” yang baru dibuat tadi. Ingat, jangan langsung tekan tombol Install, terlebih dulu tekan tombol Customize yang ada di kiri bawah.

10. Lakukan modifikasi, dengan memilih item berikut ini,
- Biarkan item yang sudah tercentang(ingat ini pengaturan default wajib, jangan diubah)
- Centang item graphicenabler, -pci, Kernel Qoopz 10.3.0, VoodooPS2, VoodoPower/Battery, NTFS 3G, Card Reader, VoodoHDA, Network wireless Atheros, Network wired semua Atheros
Lalu tekan tombol OK. Sobat bingung itu semua apa? Semua itu adalah Kext(kalo di windows namanya Driver) dan modifikasi kernel biar si Mac bisa adapatasi dengan laptop kita yang non-Apple, hehe

11. Setelah modifikasi selesai, tekan tombol Install, tunggulah 20-30 menit sesuai dengan kinerja laptop sobat

12. Jika muncul tulisan Succeded, selamat! Macintosh merk Hackintosh sudah terinstall. Tekan tombol Restart sambil keluarkan DVD

13. Apa yang terjadi? Ya, sobat tidak bisa masuk ke Mac ataupun Windows, karena tidak ada partisi yang aktif(menurut saya lho ini),CMIIW. Mengatasinya gampang koq sob, boot lewat DVD installer iATKOS, pilih partisi yang logo Windows(partisi dimana windows terinstall), setelah masuk ke windows, buatlah partisi windows menjadi aktif. Jika sudah, sobat akan terus masuk windows, untuk bisa masuk Mac OS, sobat harus install software windows namanya EasyBCD, sobat googling aja gimana cara membuat dual boot OS dengan EasyBCD, bejibun koq

14. Alhamdulillah, dual boot selesai. Sobat tinggal masuk ke Mac OS untuk melengkapi registrasi, jika nggak punya Apple ID tinggal pilih Continue aja sob!


Berikut adalah keadaan laptop setelah masuk ke Mac OS,
- VGA kedetect tapi belum dikenali, sobat tinggal install kext ini. Sobat bisa menggunakan aplikasi yang namanya Kext Utility.
- Sound kedetect, tapi nggak bunyi, sampai sekarang saya belum menemukan solusinya, hiks.
- WLAN berjalan sempurna.
- Webcam, saya berharap di laptop sobat akan jalan, soalnya dilaptop saya cuma kedetect tapi gak jalan.
- Untuk LAN/Ethernet kedetect tapi belum bisa dipake, untuk itu sobat perlu install kext ini.
- Bluetooth gak ada masalah.
- USB dan Card Reader berjalan lancar.

Memang sob, kita istilahnya untung-untungan install Hackintosh ini, bila hardware PC/laptop kita cocok, kita bisa menikmati Hackintosh full dengan segala fiturnya. Contohnya saja VGA Acer 4535(ATI radeon 3200), tidak cocok dengan Full grafik nya Mac OS yang biasa disebut QE/CI(kalo windows namanya DirectX), jadi membuat beberapa fitur Mac OS yang gak bisa jalan. Begitu juga dengan suaranya yang gak bunyi, hiks hiks...! Tapi pengalaman nya itu lho, yang bikin puas, iya nggak sob? Hehe.

Selain diatas, sobat juga mungkin akan menemukan beberapa keadaan berikut,
- Saat mau masuk ke Mac OS, selalu saja restart sendiri. Untuk mengatasinya sobat tinggal ketik “cpus=1 busratio=16”(tanpa tanda petik) saat berada di bootloadernya Mac OS.
- Tidak bisa restart? Solusinya tinggal hapus IntelCPUPowerManagement.kext di folder System/Library/Extensions

Dengan beberapa kekurangan diatas, saya masih bisa koq sob, menikmati Mac OS, asli keren lho sob. Sobat harus coba! INGAT, cara diatas hanya untuk laptop Acer 4535 berdasarkan pengalaman saya sendiri(saya berhasil setelah 5 kali install ulang, hehe), untuk laptop lain sobat tinggal cari di mbah google caranya, banyak koq sob.

Ini penampakan-nya di lepi saya, maklum aja pemula, hehe,,,

Enggak keliatan? Klik aja untuk zoom...

Sekian tutorial dari saya, salah kata mohon maaf banget(banar) ya sob, wassalam...^_^

note :
*Mau liat saya install Snow Leopard Hazard 10.6.6i di Acer 4535? klik disini yea!^_^
*Saya menulis ini hanya berbekal pengalaman saya, mohon maaf apabila saya belum bisa membantu sobat yang punya laptop berbeda dari ini yaaa!
Do with your own risk!

Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

42 komentar

hackintosh bukan OS. hackintosh = metode/cara instal osx ke hardware non apple.good article.

Balas

Ohhhhh,, hehe maklum amatiran soalnya...^_^

Balas

thx bwt artikel ny kk...muter2 dan udah nyoba bnyk distro MacOSX gada yg berhasil :( baru nyoba SL10.6.1-10.6.2_hazard sama hazard.10.6.6i..gada yang berhasil, yg SL10.6.1-10.6.2_hazard boro2 masuk ke welcome installer mac dy lgsg ngrestart pas boot darwin yang hazard.10.6.6i waiting for root device mulu..mw nyoba iAtkos_S3v2 distro ini sama ga sama distro iAtkos.10.6.3 yg kk pake?

acer 4535 ini termasuk rewel HW ny y..

oh iy kk mw nanya jg nih..pernah update ke SL10.6.6 gak??soal ny kl mw ngejalanin xcode hrs versi d atas 10.6.6 dan pngalaman sy maen d vmware pas di upgrade ke 10.6.6 ga masuk2 alias lgsg ngrestart mulu VM nya..

sy coba panduan nya..thx kk

Balas

Iya sama2, btw spec laptop kamu apa nih?

Oh iya saya lupa ngetik, distro saya diatas adalah Iatkos s3 v2 itu sendiri..hehe

Kurangnya acer 4535 ini VGA nya gak bisa QE/CI, suara nya juga gak bunyi...

Kalo update, saya pernah nyoba, di acer 4535 ini juga, tp saya update ke SL 10.6.8...Caranya, install dulu update combo-nya, setelah selesai, jangan di restart dulu, install dulu yg namanya "Legacy Kernel 10.6.8" (kalo yg 10.6.6 namanya Legacy kernel 10.6.6), baru direstart...bisa koq..:h:

Balas

spek nya sama banget skali pisan :D aka acer 4535
so far update ke 10.6.6 berhasil install Legacy Kernel sblm restart..tp yg ane ada problem pas Booting dy ga bisa boot harus di pancing sama dvd installer iAtkos mulu..knp y..apa mungkin gara2 easyBCD ny d tulis ke MBR gt?kurang dokumentasi ttg penggunaan easyBCD ny..ane pk yg versi baru..ada solusi ga?jd pas boot kn masuk ke easyBCD nah pas pilih boot mac dy ga jalan.. :g:

dan sound ny juga masih ga jalan..kalau sound ny bs jalan dibikin artikel lg y..hehe..

Balas

Sama sih, saya juga kalo mau boot pake I-boot CD..hiks
Herannya punya temen ane yg spek nya mirip malah bisa, pake EasyBCD, tinggal add/remove entries, langsung bisa boot..Mungkin acer 4535 pke AMD kali ya...

Tentu, perkembangan nya saya terus update di artikel ini..Saya lg berusaha mengaktifkan webcem. Acer 4535 ini sound nya kan ALC888/1200, udah saya install juga kext2 nya, masih aja gak bunyi...:i:

Balas

siiiip...masuk ke list bookmark ikut mantau :D

mau share optimizer dual core AMD

http://www.mechodownload.com/forum/macintosh-programs/741265-hazard-10-6-6i-hackintosh-snow-leopard-10-6-7-intel-amd-Full-Free-Downloads-Keygen-Crack-Serial-Activator-Free-Hosts.html#post1350057

ane udah nyoba dan hasil nya ajiiib boot lebih kenceng dan load proses juga dibagi rata..

klo sound katanya voodooHDA udah bisa jalan TAPI ga ngluarin ke speaker internal alias cm bs kluar dr port earphone dkk..(yg ini sih belum nyoba)

ane lg ngulik ttg usb modem nih..udah nyoba usb modem di iAtkos s3v2 acer 4535 ga??gagal mulu nih punya ane..error ppp.log permission denied gitu...(modem: huawei provider:telk***) kalau ada info post disini y..

Thx

Balas

Sip, thx share nya, langsung ke TKP...

Sound, saya udah coba puluhan voodoHDA atopun kext tetep gak bunyi nih...:g:

Nah, klo mslh modem, saya blm kepikiran. Saat ini klo mau inet pke Mac, saya pinjem lepi temen yg make jendela, trus dibikin Ad-Hoc buat sharing inet, trus saya konek deh lewat tu ad-hoc...:h:

Balas

Itu skema yg digunakan GUID atau MBR? Berapa partisi yang di buat saat di bagian installer?

Balas

@jkjk

Katanya sih, kalo windows defaultnya MBR, klo Mac defaultnya GUID. Berhubung saya sdh ada windowsnya, MBR deh kayaknya mas,,, CMIIW...:h:

Klo saya 4 partisi..

Tp kebanyakan orang seperti ini mas :
Partisi 1 -> HFS+ -> hackintosh
Partisi 2 -> NTFS -> Windows
Partisi 3 -> NTFS/FAT32 -> Untuk data2 kita

Balas

thank's gan...ini yang lagi di cari...

Balas

gan kok saya error ya...saya pake iatkos yang 10.6.8...

pas di cara yang ke-5 itu di tunggu dan ada tulisan "Still waiting for boot device" (kalo ga salah sih gitu)...gimana ngatasinnya tuh...mohon di balas...kalo bisa sih di email bowibowibowi.boowi@gmail.com :)

Balas

Email sudah dikirim masbro...:b:

Balas

kinerjanya gimana gan normal gak, salam blogger banua

Balas

@akhmad > berhubung VGA ane gak cocok sama Mac(no QE/CI), jadi kinerjanya ibarat windows tanpa driver VGA masbro..:)
Coba seandainya cocok, akan lancar2 saja... Salam blogger banua

Balas

sob ane pake VAIO VGN-NR180E .. mau nyoba ngistall, nyari tutorial bwt laptop yg sama, masih belum nemu..

tiap artikel yang ane baca, smua bilang harus tau spec laptop biar ntar bisa milih distro yang cocok, nah ane bingung masing2 distro compatible sama spec yg kayak gmn ada link nya g??

atau sob tau laptop ane cocok nya sama distro yg mana.,mohon pencerahannya gan... :D

fazari.abdillah@gmail.com

Balas
avatar
fazari abdillah

masih g jalan mas broo.,. install udah finish.,terus restart kan, abis itu muncul yang lmbang apple,abis itu muncul screen warna biru langit gtu sama ada musik nya.,gitu aja terus ane tungguin sampe pagii.,g brubah2.,.gmn donk bro?? kmungkinan kesalahan dimananya ya?? ane udah install mac nya 2 kali.. jdinya yg iatkos S3V2 mohon pencerahannya

Balas

Wah pdhl sound nya dah jalan tuh..

Pake bootflag apa aja masbro?

Coba >> -v -f cpus=1 arch=i386 busratio=22

Trus Coba liat error nya pas yg dimana?

Balas

Bro, posisi dimana?
Kebetulan aku juga punya acer 4535..
Bisa tolong bantu instalasi hackintoshnya?
Posisiku di banjarmasin..
Thx :)

Balas

Han iya kah, aq posisi di daerah sekitar bati-bati...:)

Balas

Kawa minta nopenya kh kawan :D
Handak bnr pakai mac OSX di laptop, mun PC sudah pernah.

Kirim ke email aja, zeyd.luqi@gmail.com

Balas

kalo ane pake asus k42f core i3 ram 6Gb bro..
Cocoknya pake yg mana bro?
Makasi

Balas

kalo ane pake asus k42f core i3 ram 6Gb bro..
Cocoknya pake yg mana bro?
Makasi

Balas

Itu pake yg Mountain Lion aja masbro...:D

Balas

gan ada link download nya gg ??

Balas

Kalo saya pake acer 4736z, ram 1 gb. Rencananya mau nambah ram lg nieh masbro. OS Hackintoshnya cocok pk yg mn mas bro? Klo boleh balas via email aja. haviz_alatas@hotmail.com

Balas

Coba aja pake yg sama ane masbro...:)

Balas

terus kalau gak mau dual boot biar masuk langsung ke MACnya gimana ??

Balas

Berhubung ini utk acer 4535 saja, menurut ane sih ya, hapus dulu semua partisi, trus jadikan 2 partisi, 1 utk mac, 1 utk data. Install mac di partisi 1, kalo sdh, install chameleon bootloader di partisi 1..CMIIW

Balas

Bro ane pake HP Compaq Preasrio CQ43 kira" bisa ga install snowL 10.6.6i soalnya gagal terus pas installnya,dri CD atau apanya bro,mohon pencerahan ya bro

Balas

Mungkin korup itu DVD nya bro, ane pernah jg ga mau, ternyata korup. Sesuai kan bus ratio nya dgn jenis prosesor sobat...CMIIW

Balas

cara mengatasi waiting for root device gimana ya....ane pake iatkos s3 v2...tolong di bales ya...e-mail aja ke rizalwidiarto92@gmail.com

Balas

mas biar keyboard sama toucpadnya bisa dipake gimana?
soalnya saya install keyboardnya gak mau aktif jadi harus pake keyboard eksternal..
bales ke email ya: shoshuri@gmail.com
trims..

Balas

Gimana nih yang easybcdnya.... Terus pas mau masuk ke mac os-nya malah logo apple terus malah ditungguin sampe pagi... Lah gimananih... Jadi bingung...
spec
Amd Brazos Apu
Radeon 6290 dual core cpu
Ram 2gb ddr3
lepi ane Asus 1015bx.. Malah sdh diaktifin partisinya sama easy bcd mlh missing apalah

Balas

Mungkin pake cara mirip sama ini --> http://www.insanelymac.com/forum/topic/203763-how-to-dual-boot-windows-7-and-mac-os-x/

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

emang bisa ya gan install mac tanpa full format hardisk

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts