Monday, February 13, 2017

Cara Mengaktifkan "OK Google" Ketika Layar Mati Pada Semua Device

Halo sobat, sudah tau dengan fitur "OK Google" di Android kan? Oke, berarti saya tidak perlu menjelaskan lebih rinci, hehe. Fitur "OK Google" bisa diaktifkan hampir di semua device Android, namun ada satu kekurangannya sob. Jika device tersebut tidak didukung fitur sensor pengenalan suara yang memadai, maka "OK Google" hanya bisa aktif pada saat layar hidup saja. Sedangkan pada saat layar mati, walaupun sobat teriak "OK Google" sekuat tenaga pun tetap saja fitur ini tidak akan berjalan.

ok_google_agus
"OK Google" hotword.
Lain halnya dengan device flagship canggih yang memiliki CPU dan sensor suara yang memadai, fitur "OK Google" bisa diaktifkan bahkan dengan kondisi layar mati/standby, jadi hape kita udah kaya hape yang di film-film Sci-Fi canggih gitu. Eh, tapi gak semua device flagship punya fitur ini juga sih, device sekelas Huawei Mate 9 contohnya. Untuk itu, device yang pas-pasan kaya punya saya ini, gak bisa menggunakan fitur "OK Google" secara sempurna donk???

Eh tapi tunggu dulu, ternyata kita masih bisa mengakali biar fitur "OK Google" bisa aktif meskipun layar standby untuk semua device Android loh, thanks untuk orang-orang pinter di forum XDA, hehe. Dan trik ini sudah saya coba di hape saya, dan bisa berjalan dengan baik. Kalau sobat pengen juga, mari disimak langkah-langkah simpel ini:

1. Sobat pasang aplikasi yang namanya "Tasker" dari playstore, disini. Atau sobat bisa googling untuk cari alternatif downloadnya, tapi lebih diutamakan beli sih😉.

2. Sobat download file ini. Lalu ekstrak ke penyimpanan di hape/device sobat.

3. Buka aplikasi Tasker tadi, lalu klik pada tab Profile, pilih Import. Nah tinggal sobat cari file yang sudah diekstrak tadi, nama file tersebut Display_Off.prf.xml dan Display_Unlock.prf.xml lalu import.

tasker_profile_agus
Tab Profiles

4. Kalau berhasil, pastikan profile nya pada posisi ON, dan pada tab Tasks ada perintah Enable Hotword dan Disable Hotword.

tasker_task_agus
Tab Tasks

5. Tinggal sobat aktifkan Tasker nya. Sebenarnya tidak perlu sih, tapi sobat juga bisa untuk reboot dulu hape nya, untuk lebih memastikan😉.

6. Seharusnya fitur "OK Google" sudah bisa aktif meski layar hape sedang mati/standby.

Simpel kan sob? Pasti sobat ada bertanya, bagaimana cara trik ini bekerja? Oke, akan saya jelaskan sedikit:

Pada device yang tidak didukung sensor yang memadai, fitur "OK Google" sebenarnya masih bisa aktif, asalkan hape dalam posisi charge. Nah, trik ini mengakali kondisi itu. Android memiliki fitur untuk debug, berupa perintah yang memungkinkan sistem mengira bahwa hape sedang dicharge, padahal tidak(boleh dibilang sih "membodohi" sistem). Perintah tersebut adalah dumpsys battery set ac 1. Nah otomatis kan sob, kalau sistem mengira hape sedang di charge, maka fitur "OK Google" akan aktif sepenuhnya, yey! Dan kalau kita ingin menonaktifkan perintah ini bisa menggunakan dumpsys battery reset.

Lalu bagaimana saat layar hidup? Kan kita tidak perlu pake trik ini, karena fitur "OK Google" memang bisa jalan di semua device kalau layar hidup? Betul sob, nah itulah gunanya aplikasi Tasker diatas. Dua profile yang sobat import tadi adalah gunanya untuk saat layar mati maka perintah dumpsys battery set ac 1 akan diaktifkan oleh aplikasi. Sedangkan pada saat layar hidup, perintah dumpsys battery reset akan diaktifkan oleh aplikasi. Dengan kombinasi trik ini, hape kita yang pas-pasan udah keren kaya hape mahal-mahal itu kan sob😂?

Namun ada kekurangan menggunakan trik ini. Pertama, hape sobat harus dalam keadaan root. Dan kekurangan kedua yaitu baterai jadi sedikit lebih boros, kenapa? Karena CPU akan terus dalam posisi 'bekerja' untuk mengenali sensor suara, kan sistem mengira kita sedang nge-charge. Jadi, tergantung selera sobat, apakah mau mengaktifkan fitur ini sepenuhnya atau seadanya, hehe. Sekiranya sekian dulu trik kali ini sob, apabila ada salah kata mohon dimaafkan ya! Dan kalau sobat ada trik lain yang lebih gampang, please share sob😉.

Budayakan selalu do with your own risk! Wassalam
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?