17 Jan 2017

Mengatasi FIFA 17 Blocked From Accessing Graphics Hardware

Halo sobat, kali ini saya kembali share pengalaman menyebalkan lagi dari game sepakbola terbaru ini. Setelah kemarin dipusingkan dengan blank atau hang disini, kali ini game nya ngadat lagi. Setelah update driver terbaru berhasil mengatasi masalah blank kemarin, lalu muncul lagi masalah baru. Awalnya game berjalan lancar, namun setelah beberapa pertandingan, pas lagi loading mau kick off, tiba-tiba FIFA 17 nya nge-freeze. Saya tungguin beberapa saat masih freeze dengan suara musik OST-nya masih terdengar.

fifa17_agus
FIFA 17 Error.
Sampai akhirnya saya keluarkan paksa FIFA nya lewat Task Manager. Kemudian, untuk mencari tau apa masalah nya, saya ubah setting display nya menjadi Windowed. Dan ternyata yang menyebabkan freeze tersebut ialah muncul pesan error kampret yang bunyinya kurang lebih seperti ini: "FIFA17.exe blocked from accessing graphics hardware". Akhirnya, saya langsung menuju forum EA untuk mencari tau solusinya. Berbagai macam jawaban dan kenyataan saya baca, misal hardware kamu udah terlalu "tua", VGA overheat, dan spek tidak mumpuni.

Hmmmm, memang sih saya sadari spek notebook saya ini mepet banget sama minimum requirement nya, hehe. Tapi, tak sengaja saya menemukan salah satu cara untuk mengatasi problem diatas. Meski menurut saya cara ini kurang ampuh, karena mungkin tidak akan bekerja di situasi berbeda, namun ini cukup membantu saya sob. Berikut yang saya lakukan untuk "sedikit" mengatasi problem "FIFA17.exe blocked from accessing graphics hardware" di laptop saya:

Note: Ingat, cara ini mungkin tidak ampuh bagi yang lain, jadi jangan marahin saya yah😉.

1. Coba saat pertama menjalankan pake "Run as Administrator".

2. Ganti display setting nya jadi fullscreen. Lalu buka FIFA 17 nya, trus mainkan salah satu pertandingan, baik di Career Mode atau Exhibition.

3. Nah, saat loading pas mau kick off tunggu sampai sound nya bersuara agak sendat-sendat. (Maklum sob spek seadanya, sendat-sendat adalah hal yang lumrah, hehe)

fifa17_agus
Loading screen.
4. Beberapa saat setelah sound yang tersendat biasanya disitu muncul error freeze atau blocked nya sob. Untuk mengatasinya, beberapa saat setelah musik tersendat langsung tekan tombol ALT+TAB di keyboard berulang kali. Maka FIFA akan menjadi Window mode.

fifa17_agus
Window mode.
5. Kalau berhasil, maka akan muncul menu Play nya, dan kita bisa melanjutkan pertandingan deh, hehe.

fifa17_agus
We can play.
6. Sobat tinggal klik di Windows FIFA nya, maka doi akan jadi fullscreen mode lagi. Done.

Nah, sekiranya begitu cara saya mengakali problem diatas. Tapi ya itu tadi, saya tidak menjamin cara ini ampuh di yang lain sob. Dan sambil berharap, update driver selanjutnya bisa mengatasi masalah diatas. Atau berharap ada rezeki lebih biar bisa Up notebook saya, haha. Sekiranya sekian dulu tips dari saya, kalau sobat ada tips lain yang mungkin lebih ampuh, please share sob😃🙏! Wassalam.
Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts