Sunday, October 30, 2016

Cara Aktifkan Power Management Pentium G4400 Di Hackintosh Sierra

Pentium G4400 adalah varian terbaru dari Intel yang paling "budget" bagi sobat yang ingin mencicipi Hackintosh pada platform Skylake. Namun sayang, seperti kita ketahui, dukungan untuk prosesor jenis Pentium dihentikan sampai OS X Mavericks saja (kalau tak salah😉). Lantas bagaimana jika kita ingin menikmati versi terbaru OS X atau bahkan sampai macOS Sierra? Tenang saja sob, all hail buat Clover, dengan Clover Bootloader kita bisa mendobrak halangan tersebut, haha.

hackintosh_sierra_agus
macOS Sierra
Ya, Clover Bootloader mempunyai fitur yang namanya FakeCPUID. Fitur ini berfungsi untuk "membodohi" sistem, seakan-akan sistem itu berjalan pada Prosesor yang sudah kita set sebelumnya. Contoh nya prosesor Pentium ini, karena doi sudah tak didukung oleh versi terbaru dari macOS, dia akan crash begitu masuk boot screen. Untuk mengakali itu, kita set FakeCPUID dengan prosesor yang masih didukung, misal Core-i5 Ivy Bridge, maka sistem akan mengira kita menjalankan pada prosesor Core-i5 bukan pada Pentium lagi. Gimana? Pretty cool right?

Oke, sekian sedikit intro nya. Kebetulan saya ada build rig yang boleh dibilang sangat sederhana lah, itung-itung mau cobain juga platform Skylake ini meski dana terbatas😅. Oh iya, sebagai referensi, berikut spek low budget build saya:

- Prosesor Pentium G4400 3,3GHz Skylake
- Motherboard Biostar H110MH Pro D4
- RAM Dual Channel 2x4GB DDR4 2133MHz
- HDD 1TB SATA3 7200rpm
- Sapphire Radeon RX 460 2GB OC
- Realtek Audio ALC887-VF
- Realtek LAN 8111

Dan saya juga sudah berhasil pasang Hackintosh Sierra 10.12 Final di rig tersebut dan berjalan lumayan mulus. Namun ada satu hal yang masih mengganjal, yaitu power management yang tidak jalan. Saya mesti boot dengan kext NullCPUPowermanagement untuk menghindari crash pada sistem power management. Pentium G4400 berjalan mulus hanya pada FakeCPUID nya Ivy Bridge, and sadly, fitur XNU Power Management untuk Ivy Bridge dihapus pada macOS Sierra ini. Yah, saya mau menyerah saja rasanya, dan merelakan sistem berjalan tanpa power management.

Sistem Hackintosh tanpa power management ibarat makan nasi tanpa sayur, bisa kenyang sih tapi kurang sedap gimana gitu😜. Prosesor akan berjalan full throttle. Jika sobat punya pendingin yang memadai sih gak apa-apa, tapi bagi yang punya pendingin standar, apalagi low build kaya punya saya, siap-siap suhu prosesor akan naik drastis. Obrak abrik embah google dan forum-forum, namun belum nemu solusi yang memuaskan. Namun untunglah, pencerahan lagi-lagi datang pada waktunya😁. Tak sengaja ketemu satu pembahasan di forum luar, dan saya aplikasikan ke sistem ini. Tak disangka-sangka berhasil sob, power management berjalan sempoa eh sempurnah. Credit to all devs out there.

Tenang, pasti akan saya kasih tau cara simpel nya, biar gak njelimet, hehe. Siapa tau sobat juga punya masalah power management di prosesor pentium nya juga. Berikut langkah-langkah nya, perhatikan seksama ya:

1. Hapus dulu kext NullCPUPowermanagement nya dan pastikan tak bersisa di sistem.

2. Set FakeCPUID ke 0x0306A0 di Clover, ini akan membodohi sistem biar doi percaya kita lagi pake prosesor Core-i5 Ivy Bridge.

3. Set SMBIOS ke iMac 14,2 atau iMac 17,1. Dan tambahkan bootflag -xcpm di Clover.

4. Download SSDT disini. Dan taro ke /EFI/Clover/ACPI/Patched/<disini>

5. Dan sobat perlu tambahkan patch On-The-Fly dibawah ini ke bagian KernelToPatch di Clover:

kernelpatch_agus

Patch ini berguna untuk mengaktifkan "kembali" fitur XNU Power Management nya sob, juga berguna agar mencegah beberapa aplikasi crash.

6. Save and close Clover config nya. Reboot untuk melihat hasilnya. Jika berhasil, maka power management akan berjalan baik.

Dan berikut adalah screenshot dari monitoring power management di tempat saya:

cpupm_agus
XNU Power Management on Pentium G4400

Bagaimana untuk varian prosesor Pentium lainnya? Mungkin bisa saja pake cara ini sob, tapi INGAT, jangan pake SSDT punya saya ini, kalau enggak mau crash. Nah, dengan CPU power management yang berjalan baik, suhu prosesor akan lebih terjaga, dan stabil layaknya di Windows atau Linux. Gimana? Cukup gampang kan? Sekiranya sekian dulu artikel dari saya, apabila sobat ada cara lain yang lebih mudah, monggo dishare disini, biar kita sama-sama belajar sob, hehe. Akhir kata saya ucapkan wassalam dan apabila ada salah kata mohon dimaafken.

Budayakan selalu do with your own risk!

Update 29/01/2017:
Kena AppleIntelCPUPowerManagement.kext panic sewaktu update Clover Bootloader versi r3994 keatas? Tenang sob, setelah berpusing ria sebentar karena kernel panic ini pada Clover terbaru, saya sudah menemukan solusinya. Yang perlu kita lakukan hanyalah disable "xcpm patch" yang kita terapkan pada artikel diatas. Buka config.plist nya Clover, lalu tambahkan perintah Disabled=true di KerneltoPatch->bagian xcpm patch, bagian itu dihapus juga tidak apa-apa, cuma saya sarankan sih biar saja, cukup tambahkan disable sob. Ya siapa tau pada update clover selanjutnya berubah lagi, hehe. Seperti di gambar:

g4400_agus
Tambahkan perintah Disabled=true

Update 05/02/2017:
Seperti yang sudah saya duga sebelumnya, pada update Clover Bootloader versi r3998 keatas, kita perlu mengaktifkan kembali "xcpm patch" nya biar tidak kena KP.
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

No comments

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?