2 Agu 2015

Upgrade Windows 8.1 Ke Windows 10

Hai, salam sejahtera untuk kita semua sobat. Sobat pastinya sudah tau bahwa beberapa saat yang lalu, Microsoft secara resmi meluncurkan OS terbarunya yaitu Windows 10. Sepengetahuan saya sih, masih dalam versi upgrade. Jadi, bagi sobat yang punya genuine Windows 7 SP1 atau Windows 8.1 bisa secara gratis meng-upgrade ke Windows 10. Tak mau ketinggalan, saya pun mencoba meng-upgrade Windows 8.1 agar bisa icip-icip OS keluaran terbaru ini. Berikut sepenggal "curhat" saya ketika meng-upgrade dari Windows 8.1 ke Windows 10.

Pertama-tama jika sobat ingin meng-upgrade ke Windows 10, harap pastikan sobat sudah memiliki Genuine(Genuine aspal juga gak apa-apa, hihi) Windows 7 SP1 atau Windows 8.1 dengan UPDATE TERBARU. Sobat bisa cek pake Windows Update, lalu install update-update penting. Kalau hal ini sudah dilakukan, sobat akan mendapati icon di taskbar bawah yang mana itu adalah aplikasi untuk preserve Windows 10. Sobat bisa langsung upgrade lewat aplikasi tersebut, atau bisa juga clean install(wajib punya serial nya).

Nah berhubung saya orang nya pemalas untuk update, lagian internet saya juga lelet, saya tidak bisa dapat aplikasi preserve Windows 10. Hmmmm, sempat bingung juga, cek di Windows Store juga tidak ada notifikasi upgrade. Akhirnya pencerahan datang, ada satu tool dari Microsoft yang bisa juga digunakan untuk meng-upgrade Windows, namanya Media Creation Tool. Tanpa basa-basi saya langsung download itu tool, dan hajar upgrade. Ups, kesalahan terjadi, begitu saya tekan upgrade, boro-bro proses berjalan, malahan berulang kali muncul pesan "Something happened!".

Buju buset sob, apa lagi ini? Setelah saya cek lagi, eh ternyata tool itu tidak bisa digunakan menggunakan System Locale Indonesia, jadi saya mesti ganti ke United States. Setelah diganti, akhirnya proses upgrade bisa berjalan, yeeee! Ingat sob, proses memerlukan koneksi Internet stabil, karna akan mendownload file sebesar 2,5GB-an.




Sekitar 40 menit menunggu, akhirnya proses pemasangan update berjalan huh! (sempat heran sekitar 15 menit stuck di Please wait, haha).


Menunggu lagi sob, 30 menitan, tergantung banyak nya settingan dan aplikasi yang sobat pasang di versi Windows sebelumnya.


Setelah proses inisialisasi berhasil, taraaaaa, welcome to Windows 10 desktop. Aplikasi sobat yang sudah terpasang masih aman kok sob, paling aplikasi yang tidak kompatibel saja yang ngadat. Saat pertama kali masuk desktop, hal yang pertama saya lakukan adalah aktivasi, tinggal konek internet, tekan tombol Activation sob, done.


Hmmm, tampak jauh berbeda dengan Windows 8.1 ya sob. Sepertinya Microsoft tidak mau mengulangi kesalahan dua kali, hehe. Kesimpulan singkat saya sih waktu pertama coba Windows 10 adalah ini Windows 7 yang diberi tema Windows 8 mungkin sob, haha.

Tampilan This PC Windows 10. Dengan icon yang lebih fresh, I like it! hehe.
Start menu gaya baru. gabungan start menu klasik dan metro.
Tampilan Settings bin Control Panel dan menu Taskbar nya baru sob.
Microsoft Edge, sang penerus the legend Internet Explorer.
Windows Store nya bergaya baru pula. Begitu pun dengan Metro Apss yang lain.
Task View, saingan dengan OS X El Capitan nih yeee! ;-)
Notification center nya juga baru. Sama ada Cortana. Berhubung System Locale saya Indonesia, jadi Cortana belum bisa diaktfikan.
Lebih matching sama Microsot Office 2013 ya.

Nah, sekiranya itu "curhat" singkat saya tentang upgrade dari Windows 8.1 ke Windows 10. Bagi sobat yang mau upgrade juga, saya doakan semoga sukses, hehe. Sekian dulu dari saya, akhir kata, wassalam.


Share:

Merasa terbantu? Donate:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik 👉

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Merasa terbantu oleh blog ini?

Sobat bisa memberikan donasi via PayPal, klik tombol di bawah ini. Terima kasih.

Popular Posts