Saturday, October 27, 2012

Mengatasi Masalah "Out Of Space" Di Android

Kemarin saya tidak sengaja merusak salah satu aplikasi Android saya, yaitu tiba-tiba Launcher saya menjadi eror dan minta re-install. Akan tetapi, setelah saya mencoba untuk menginstall nya lagi, selalu gagal. HH sudah saya restart berulang kali sampe terkuras baterei, tetap saja muncul error yang berbunyi "Out of Space -- Unable to install bla bla, delete some bla bla". Padahal nih, ruang memori saya masih bejibun.

Saya sempat bingung dibuatnya, masa harus nge-flash lagi. Setelah searching di mbah Gugel dan forum-forum, akhirnya saya bisa juga mengatasinya, tentunya juga dengan perjuangan coba tutor ini itu. Karena itu saya dapat mengambil kesimpulan, berikut adalah kiat-kiat yang saya lakukan bila menemui error seperti diatas:

1. Restart dulu
Sebelum sobat re-install suatu aplikasi, ada baiknya sobat restart dulu HHnya, sapa tau si-HH sedang pusing...^_^

2. Clear cache
Bersihkan cache sobat secara rutin, karena akan memakan ruang memori, dan juga bikin sedikit eror menurut saya sob.

3. Terpaksa Uninstall
Sayang sekali sob, setelah dua cara diatas gagal, saya harus uninstall dulu aplikasinya. Untung lah sebelumnya saya backup dulu pengaturannya.

4. Bersihkan Patch
Apakah sobat kenal dengan "Lucky Patcher"? Ya, sobat buka dulu itu aplikasi, trus pilih troubleshooting, lalu pilih "removes fixed and backups". Ini akan menghapus semua patch yang dilakukan Lucky Patcher. Lho, nanti aplikasi bajakan saya minta verifikasi lagi donk? Tenang sob, setelah berhasil install aplikasi yang bermasalah, sobat bisa install lagi patch nya.

5. SD Maid
Jika semua cara diatas tetap gagal, ini senjata terakhir, HH sobat sudah harus keadaan "rooted", install aplikasi SD Maid. Buka aplikasi SD Maid, pilih tab Corpsfinder, lalu bersihkan. Pilih lagi tab Clean System, bersihkan juga. Kalo sudah, coba deh sobat install aplikasi yang error tadi, insya Allah bisa lagi.

Sekian dulu ya sob. Do with your own risk!
Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

9 comments

gan, kalo gabisa instal SD Maid-nya gimana?

Balas

gan, kalo gabisa instal SD-Maid-nya gimana?

Balas

gan, kalo gabisa instal sd-maidnya gimana?

Balas

Gabisa karena out of space gan...

Balas

Coba hapus yang ga penting dan yg ga ada hubungannya dgn aplikasi yg terinstall di /sdcard/Android/data/
juga cek juga di /data/data/

Balas

tetep ga bisa gan padahal udah pake sd maid :(

Balas

Yang lucky patcher tu yang bisa hilang apa aja ?
"Support Patch for In App and LVL Emulation" bisa hilang gk ???
Tolong jawab pertanyaan ini. Lewat email saya bunchai16082014@yahoo.com.
Tolong ya.. lagi sangat butuh nii...

Balas

Kalo ente patch pake "Lucky Patcher", hapus dulu semua patch nya. Kalo bisa install app nya lagi, patch ulang....

Balas

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?