Sunday, July 17, 2011

Mengubah USB Menjadi Windows Portable

Salam sob, hari ini bertepatan dengan Nisfu Sya'ban nih, puasa donk tentunya. Pertama-tama, kalo bisa saya mau protes ke penemu netbook, kenapa? Karena 'kekhilafan' fatal penemu netbook adalah tidak adanya Optical Drive di netbook. Haha, kidding, namanya juga netbook, diperuntukan bagi yang berkehidupan 'mobile' alias suka jalan-jalan. Yang membikin pusing adalah, ada kalanya OS di netbook bisa juga error. Mau recovery Optical Drive nya gak ada. Mau install ulang Optical Drive nya gak ada. Masa harus beli lagi Optical Drive external, kan tak efisien, kenapa tidak dari dulu saja beli notebook(yang ada Optical Drive(CD/DVD) nya).

Tapi kali ini saya tidak membahas cara menginstall ulang Windows pake USB. Yang saya bahas disini adalah bagaimana mengubah USB sobat agar bisa digunakan untuk WinPE/BartPE. WinPE/BartPE itu sebut saja sebagai Windows Portable. Artinya windows yang bisa di bawa kemana-mana. Contohnya, yang saya gunakan adalah BartPE nya Avast!. Biasanya menggunakan WinPE/BartPE ini menggunakan CD/DVD. Oke langsung ke poin, ada software yang bisa membantu sobat untuk membuat USB agar bisa digunakan untuk menampung WinPE/BartPE.

Nama software tersebut ialah WinpEloveUSB, nama yang tidak gaul banget, hehe. Caranya cukup mudah, ikuti saja petunjuk yang ada disoftware tersebut, bahasa Indonesia koq, pasti sobat bisa.

Sebelum menggunakan software ini, ada satu hal yang sobat perhatikan. Yaitu, membuat USB sobat menjadi bootable dulu, caranya lihat disini.

Monggo, silahkan dicicipi disini :


Atau


Wassalam
Do with your own risk!


Share:
Previous
Prev Post «
Disqus
Blogger
Choose comment platform

1 comment

Berkomentarlah dengan bijak. Sobat juga bisa menambahkan emoticon, klik ->

Langganan Artikel Gratis
Masukan alamat email:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Join now?